Lebaran tidak hanya menjadi ajang mudik dan silaturahmi. Lebaran juga jadi ajang liburan. Bahkan Lebaran merupakan saat panen bagi destinasi wisata.

Contohnya destinasi wisata di Bandung. Pengunjung selalu membludak disetiap destinasi wisata Bandung setiap tahunnya. Apa lagi banyak memiliki destinasi wisata yang ramah keluarga. Ini membuat #PesonaMudik2018 makin seru untuk disambangi bersama keluarga.

“Bandung itu keren. Selalu menjadi destinasi favorit wisatawan. Apalagi cuaca Bandung yang sejuk membuat wisatawan selalu ingin kembali lagi. Landscape alamnya juga sangat menakjubkan. Dan yang pasti destinasinya super lengkap. Ini yang membuat #PesonaDestinasiLebaran2018 di Bandung makin keren,” ujar Menpar Arief Yahya, Kamis (31/5).

Dan berikut #Top10DestinasiLebaran2018 di Bandung yang bisa Anda kunjungi pada libur Lebaran tahun ini bersama keluarga.

1. Kebun Binatang Bandung

Dahulunya, Kebun Binatang Bandung dinamakan Bandung Zoological Park dan dipelopori oleh Hoogland, merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang menjadi tujuan utama pengunjung menjelang libur panjang atau libur akhir pekan.

Tidak hanya pada saat liburan, karena fasilitas wisata edukasinya, kebun ini sering menjadi pusat rekreasi bagi para pelajar untuk mengenal lebih dalam flora dan fauna Indonesia.

Kebun Binatang Bandung ini telah berdiri dari tahun 1930 dengan luas 13,6 hektar yang menampung lebih dari 213 jenis fauna, dimana 79 di antaranya merupakan satwa yang dilindungi dan 134 merupakan satwa tidak dilindungi.

Letak kebun binatang ini berdekatan dengan kampus ITB (Institut Teknologi Bandung) dan Sungai Cikapundung.

Banyak sekali objek wisata di dalam kebun binatang yang satu ini. Misalnya, objek wisata air dimana Anda dapat menaiki sepeda air atau bebek kayu di kolam yang mana terdapat sebuah daratan yang letaknya di tengah kolam dan Anda dapat menyaksikan monyet berkeliaran dan bermain.

Selain itu, Anda dan anak Anda dapat menunggangi hewan seperti gajah, unta dan kuda.

Di dalam Kebun Binatang Bandung juga terdapat fasilitas outboundseperti flying fox dan taman bermain anak-anak. Anda pun dapat berpiknik di area yang telah disediakan sembari menikmati pepohonan yang rindang dan pemandangan danau.

2. Lereng Anteng

Terletak di kawasan puncak Ciumbuleuit, Lereng Anteng merupakan salah satu lokasi yang tepat bagi pencinta kuliner, alam serta sosial media.

Di sini, Anda dapat melihat ikon kota Bandung terutama ketika cuaca cerah, yaitu Jembatan Pasupati dan Masjid Raya Jawa Barat. Selain itu, di arah Selatan, Anda dapat melihat kemegahan Gunung Waringin, Gunung Malabar dan Gunung Patuha.

Selain pemandangannya yang langsung menghadap hamparan gunung-gunung yang hijau, Lereng Anteng juga menyediakan kuliner khas Sunda serta kopi nusantara yang pastinya akan memanjakan lidah dan mata Anda.

Dengan mengambil konsepterasering, Lereng Anteng menyediakan saung-saung dengan atap plastik transparan dan juga di dalam saung disediakan bantal-bantal dan alas sehingga Anda lebih nyaman.

Tentunya menu makanan yang disediakan oleh salah satu tempat yang dijuluki sebagai ‘panoramic coffee place’ ini cukup beragam. Kebanyakan menu yang ditawarkan adalah makanan khas tradisional Sunda serta camilan ringan dengan minuman hangat untuk menemani waktu bersantai Anda.

Postcomended   Food Tour Mangga Besar/Tangkiwood Town

3. Tafso Barn

Tempat hits di Bandung yang tak boleh kamu lewatkan adalah Tafso Barn. Lokasinya berada di Jalan Baru Laksana No 75, Pagerwangi, Lembang. Di sini, kamu bisa menemukan lapangan golf mini, tempat duduk bergaya sangkar burung, ayunan vintage, serta tenda-tenda mini yang nyaman untuk bersantai.

Sebagai kafe di perbukitan, Tafso Barn menawarkan beragam menu yang bisa kamu coba. Mulai dari masakan khas Indonesia, Jepang, hingga western bisa kamu nikmati di sini. Harga setiap makanan dan minuman pun cukup terjangkau, yakni sekitar Rp5.000 – Rp60.000.

Sembari menyantap pesanan, kamu bisa menikmati pemandangan maupun berfoto di berbagai spot menarik. Jadi, jangan lupa untuk membawa kamera jika tak ingin kehilangan momen di sini. Untuk mengunjunginya, kamu bisa datang ke Tafso Barn pukul 08:00 – 22:00 setiap harinya.

4. Paris Van Java

Konsep yang diangkat Paris Van Java ini memang cukup unik. Karena menawarkan kebun binatang mini yang terletak di atap sebuahmall. Siapa yang dapat menyangka bahwa di lantai atas sebuah mall,Anda dapat menemukan berbagai jenis binatang.

Dengan dekorasi kebun yang asri, suasana serta hawa yang teduh, Anda tentu tidak akan menyadari bahwa Anda berada di atap sebuah gedung pusat perbelanjaan yang paling terkenal di Bandung.

Terdapat 2 kebun binatang mini di bagian rooftop mall ini, yang pertama adalah Bird Park, sebuah taman burung yang dihiasi dengan tanaman mini dan habitat buatan bagi burung-burung.

Yang kedua adalah Lactasari Mini Farm, sebuah taman buatan yang dijadikan sebagai tempat peternakan berbagai hewan. Untuk mengeksplorasi tempat ini, Anda akan ditemani dengan seorang pembimbing (tour guide).

5. Dago Dream Park

Jika liburan bersama keluarga, Dago Dream Park adalah salah satu destinasi wisata yang tak boleh kamu lewatkan. Tempat wisata hits yang berada di Jalan Dago Giri KM 2,2 ini menawarkan beragam wahana menarik, seperti Choo Choo Train, Kampung Dayang Sumbi, panahan, dan masih banyak lagi.

Salah satu wahana utama yang menjadi daya tarik Dago Dream Park adalah Aladdin Carpet. Di sini, kamu akan dibuat seolah terbang dengan karpet Aladdin. Namun tenang saja, permadani tersebut tidak benar-benar melayang, melainkan berjalan di atas lintasan kabel. Selama menaiki wahana ini, kamu juga akan dilengkapi alat pengaman demi keselamatan.

Tak hanya itu, Dago Dream Park juga menyediakan beragam fasilitas yang bisa kamu gunakan. Mulai dari area kemah, penginapan, hingga Bandung Tour on Bus (Bandros) yang akan memudahkan kegiatan wisata kamu selama di sini. Jadi, jangan lewatkan paket wisata komplet di Dago Dream Park ya!

Postcomended   Indonesia Setuju Serahkan Yacht Terkait Korupsi 1MDB ke Malaysia

6. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo yang terletak di Jalan Padasuka No 118 ini merupakan sebuah tempat yang sering disebut sebagai ‘one stop workshop kebudayaan’.

Tempat ini dibangun pada tahun 1966 oleh Mang Udjo atau yang memiliki nama asli dengan istrinya, Uum Sumiati dengan tujuan untuk melestarikan seni budaya tradisional Sunda dan bentuk bakti beliau terhadap komunitas.

Di sini, Anda dapat menikmati pertunjukan alat musik tradisional seperti angklung, degung dan suling yang ditampilkan setiap harinya mulai dari pukul 15.30 sampai dengan pukul 17.30.

Selain permainan angklung, Anda pun dapat menonton tarian tradisional adat khas Sunda, seperti Tari Jaipong, tari topeng, pertunjukan Kuda Lumping dan pertunjukan wayang golek.

Tentunya interaksi dengan penonton sangat dijaga di sini, dimana setiap akhir pertunjukan, penonton akan diajak untuk turut menari dan bermain alat musik bersama. Tidak heran, para pendidik sering membawa anak muridnya untuk belajar mengenai budaya ini.

Tidak hanya penduduk lokal, bahkan wisatawan asing pun tertarik untuk datang mengunjungi tempat ini.

Selain melihat pertunjukan, Anda pun dapat memainkan angklung Anda sendiri atau membeli alat musik tradisional yang terbuat dari bambu ini. Di sini, Anda juga dapat mempelajari cara membuat angklung karena workshoppembuatan angklung di sini terbuka untuk umum.

7. Trans Studio Bandung

Tempat wisata yang satu ini merupakan salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Bandung.

Walaupun Trans Studio Bandung baru dibuka pada tahun 2011, tempat ini selalu ramai pengunjung karena tempat ini menawarkan wahana permainanindoor terbesar di Indonesia bahkan di dunia. Di dalam TSB, terdapat 20 wahana permainan yang dibagi dalam 3 tema, Studio Central (bernuansa Broadway), Lost City (bernuansa Alam) dan Magic Corner (bernuansa mistis).

Tentunya, Trans Corp yang juga menaungi stasiun Trans 7 dan Trans TV ini menyesuaikan permainan yang ada di setiap kawasan dengan program televisi yang ada di kedua stasiun tersebut.

Salah satu wahana yang paling terkenal di dalam TSB adalahYamaha Racing Coaster, sebuahroller coaster tercepat di dunia yang memiliki manuver gerakan mundur.

Roller coaster seperti ini hanya ada 3 di dunia, 2 di negara Amerika dan 1 di Trans Studio Bandung. Akselerasi kecepatan di sini mencapai 120 kilometer per jam yang dicapai dalam 3,5 detik.

Selain itu, juga terdapat Giant Swing, ayunan putar raksasa yang pertama ada di Indonesia.

Di sini, seluruh permainan disesuaikan dengan tinggi dan usia serta riwayat kesehatan, ada pula beberapa wahana di mana anak-anak harus didampingi oleh orang tua. Jika Anda ingin mencari tempat penginapan yang dekat dengan TSB, Anda dapat menginap di Trans Studio Hotel.

Di dalam kawasan tersebut pun terdapat pusat perbelanjaan Trans Studio Mall yang menyediakan berbagai ritel lokal maupun internasional.

8. Kawah Putih Ciwidey

Postcomended   Dua Lusin Negara Telah Usir 150 Diplomat Rusia, Rusia Siap Membalas

sudah menjadi objek wisata wajib yang harus dikunjungi ketika berada di Bandung. Termasuk ketika lebaran. Sangat banyak keluarga dan wisatawan muda dengan teman-temannya yang datang ke sana.

Jangan heran jika kawah putih akan sangat ramai saat libur lebaran. Namun walaupun ramai, kawah putih tetaplah menjadi lokasi yang layak untuk dikunjungi. Keindahan alam yang disajikan di sana tidak akan membuat kamu dan keluarga kecewa, kok.

Apalagi hawa khas pegunungan akan selalu membuat hati dan pikiran menjadi lebih dingin. Cocok untuk kamu dan keluarga setelah bermaaf-maafan.

9. Farmhouse Lembang

Ingin berwisata alam di Bandung Utara? Anda dan keluarga juga bisa mampir ke Farmhouse Lembang. Di sana ada taman bunga dengan berbagai macam bunga warna warni. Ada juga gembok cinta seperti di Korea.

Yang menarik dari tempat yang sudah populer sejak 2015 ini adalah adanya sebuah bangunan kurcaci yang mirip dengan rumah yang ada di film The Hobbit.

Sembari menikmati pemandangan dan hawa yang sejuk, Anda dan keluarga bisa berfoto-foto dan mengabadikan momen bahagia saat lebaran di Farmhouse Lembang.

10. Situ Patenggang

satu ini memiliki nuansa natual yang sangat keren. Berada di kawasan Ciwidey, Bandung Selatan, danau ini juga menjadi sebuah destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi ketika lebaran di Bandung.

Pepohonan dan rerumputan hijau yang mengisi tepian danau akan menjadikan mata menjadi lebih dingin. Suhu yang sejuk juga menjadi daya tarik tersendiri dari tempat ini.

Anda dan keluarga tidak usah heran jika danau ini akan sangat ramai dikunjungi wisatawan saat libur lebaran, karena memang nuansa yang menyegarkan dari Situ Patenggang ini diminati oleh banyak orang.

 

#dejournal, #adventure, #PesonaIndonesia, #Berita, #CariHotel, #CintaFilmIndonesia, #ComingSoon, #dejournalzoneBalikpapan, #dejournalzoneBerau, #dejournalzoneKalTim, #dejournalzoneKutaiBarat, #dejournalzoneKutaiKartanegara, #dejournalzoneKutaiTimur, #dejournalzoneMahakamUlu, #dejournalzonePaser, #dejournalzonepenajampaserutara, #Depok, #dotmagz, #exploreindonesia, #filmMYTT, #football, #bali, #buletin, #video, #Malaysia, #gonews, #Hotel, #Indonesia #MissUniverse, #INFO, #jakarta, #jogja, #landscape, #Liburan, #lp, #MerekaYangTakTerlihat, #nature, #Penginapan, #PesonaIndonesia, #photo, #photography, #photooftheday, #RentalMobilJogja, #skylarpictures, #travel, #ttot, #Tuit, #TuitIndonesia, #vacation, #visitindonesia, #wisata, #wisataalam, #wisataindonesia, #wisatakuliner, #wonderfulindonesia

Share the knowledge