Lifestyle

Jepang Menarik Lagi Valsartan dari Pasaran

Share the knowledge

 

(gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=PMCDXDMWcuY)

(gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=PMCDXDMWcuY)

Anak perusahaan Jepang Pfizer Inc sedang menarik kembali obat untuk tekanan darah tinggi yang ditemukan mengandung zat karsinogenik dalam bahan aktif valsartan, kata produsen obat itu, Jumat (8/2/2019). Di Indonesia, peringatan penarikan obat ini telah dilakukan Juli tahun lalu.

Dalam sebuah pernyataan, Pfizer Japan Inc menyebutkan, subjek penarikan adalah terhadap lebih dari 763.000 tablet obat Amvalo, yang diproduksi dari April hingga Juli 2019 di Mylan Laboratories Limited di India. Menurut mereka, sejauh ini tidak ada laporan gangguan kesehatan.

“Kami akan sepenuhnya memperhatikan manufaktur dan kontrol kualitas kami untuk mencegah terulang,” kata Presiden Pfizer Jepang, Akihisa Harada.

Postcomended   Mati Dini Gara-gara Sakit Hati Bakal lebih Banyak daripada Sakit Jantung

Mylan NV mengatakan pada November 2019, akan mengingat sejumlah valsartan, obat tekanan darah yang beredar  di Amerika Serikat (AS) setelah pada obat-obatan ini ditemukan senyawa penyebab kanker (karsinogen).

Tahun lalu, Departemen Kesehatan Jepang meminta perusahaan farmasi untuk memeriksa apakah ada obat mereka yang menggunakan valsartan yang mengandung senyawa karsinogenik.

Di Indonesia, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI, telah menarik obat antihipertensi  dan gagal jantung yang mengandung bahan aktif valsartan ini.

Dalam keterangan di laman resminya, BPOM RI menyebutkan telah meminta industri farmasi terkait untuk melakukan penghentian produksi dan distribusi obat yang mengandung bahan baku valsartan, dalam hal ini adalah yang diproduksi Zhejiang Huahai Pharmaceuticals, di Linhai, Cina.

Postcomended   Butuh Tenaga Kerja, Jepang yang "Menua" Longgarkan Aturan Imigrasi

Menurut keterangan resmi tersebut, produk Valsartan yang tidak menggunakan bahan baku dari produsen di CIna tersebut, masih dapat dikonsumsi masyarakat.

Valsartan adalah yang harus dikonsumsi dengan resep dokter. Obat keras ini digunakan untuk pasien dengan tekanan darah tinggi, baik dikonsumsi tunggal maupun kombinasi dengan obat antihipertensi lainnya. Indikasinya adalah untuk mengurangi risiko komplikasi stroke dan serangan jantung. Selain itu juga digunakan pada penderita gagal jantung atau yang baru mengalami serangan jantung.

Valsartan tergolong obat angiotensin reseptor blockers (ARBs), yang bekerja dengan cara menenangkan pembuluh darah sehingga darah mengalir lebih mudah.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top