Ekonomi

Jepang Sodok Singapura dari Posisi Wahid “World Most Powerful Passport” 2018

sumber gambar: http://poslovnenovine.ba/2018/05/29/japanski-pasos-najpozeljniji-na-svijetu-bih-na-47-mjestu/japan-pasos/

sumber gambar: http://poslovnenovine.ba/2018/05/29/japanski-pasos-najpozeljniji-na-svijetu-bih-na-47-mjestu/japan-pasos/

Jepang telah menjatuhkan Singapura dari posisi teratas daftar paspor paling kuat dunia. Pemeringkatan yang dilakukan Henley & Partners ini –suatu perusahaan perencanaan dan kewarganegaraan– adalah dengan memperhitungkan dari berapa banyak negara yang dapat dikunjungi tanpa mengajukan permohonan visa. Indonesia ada di mana?

Warga Jepang dapat melakukan perjalanan ke-190 dari kemungkinan 218 negara. Ini terjadi setelah baru-baru ini Jepang memperoleh akses bebas visa ke Myanmar. Jumlah ini memecahkan rekor Singapura yang “hanya” dapat mengunjungi 189 negara dan warga Inggris 186.

Jepang dan Singapura sebelumnya berada di posisi sama, ke 189 negara, setelah pengecualian visa dari Uzbekistan. Posisi ketiga diduduki Jerman. Sementara itu posisi terbawah masih dipegang Iran dan Afghanistan dengan hanya 30 tujuan yang dapat diakses secara  bebas visa oleh warganya.

Postcomended   Batam International Culture Carnival Memikat Wisman Crossborder

Sementara itu Inggris dan Amerika Serikat (AS), yang pada 2015 pernah memuncaki daftar, kini hanya memiliki akses bebas visa ke 186 negara. Namun keduanya berhasil mendapatkan akses ke yurisdiksi baru sejak awal tahun ini.

“Tampaknya semakin tidak mungkin AS dan Inggris akan mendapatkan kembali tempat nomor satu yang mereka pegang bersama pada 2015,” kata laporan itu. Pada 2016, Inggris dilompati Swedia, disusul Denmark, Finlandia, Italia dan Spanyol pada 2017. Namun  sekarang duduk di 11 bersama Norwegia, Austria, Luksemburg, AS, Belanda dan Portugal.

Sedangkan perjalanan bebas visa di antara negara-negara Asia telah melambung hingga 40 perjanjian berkat visa-waiver (pengabaian-visa) yang ditandatangani oleh pemerintah-pemerintah mereka pada 2018.

Uni Emirat Arab di posisi ke-21, adalah pendaki tercepat, naik 38 tempat sejak 2008 setelah mendapatkan lebih banyak pengecualian visa bagi warganya pada 2018 daripada negara lain di dunia.

Postcomended   SAATNYA PEMUDA INDONESIA PAHAMI KERAGAMAN NUSANTARA

Afghanistan dan Irak menopang meja. Pemegang paspor mereka hanya dapat masuk ke 30 negara tanpa visa, tepat di belakang Suriah dan Somalia, yang masing-masing hanya memiliki 32 negara. Secara keseluruhan, 143 negara melihat kekuatan paspor mereka meningkat selama tahun 2017, sementara tujuh negara melihat akses bebas visa mereka berkurang.

Bagaimana dengan Indonesia? Menurut data Maret 2018, Indonesia ada di peringkat (sekitar) ke-62 dunia dengan 70 negara yang bisa dikunjungi tanpa visa, meningkat 13 negara disbanding tahun 2016. Indonesia sendiri bebas dikunjungi tanpa visa untuk 169 negara.***

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top