Samsung builds Apple's new iPhone processor. Again. - SamMobile SamMobile535 × 300Search by image Partners on the inside, enemies on the outside, that seems to be the motto for Apple and Samsung.

Samsung builds Apple’s new iPhone processor. Again. – SamMobile SamMobile535 × 300Search by image Partners on the inside, enemies on the outside, that seems to be the motto for Apple and Samsung.

Apple tak bisa memungkiri, tanpa Samsung mereka nyaris tidak bisa apa-apa. Jika produk-produk mulai iPhone, iPad, hingga laptop MacBook bahkan dulu iPod, dipereteli, cap Samsung berserakan di sana. Apple boleh saja memenangkan perseteruan ihwal tuduhan Samsung (Galaxy) menjiplak desain iPhone, namun iPhone toh sangat ketergantungan pada jeroan bikinan Samsung. Sebut saja mulai display OLED, flash NAND, dan chip DRAM. Apalagi iPhone adalah mesin duit Apple saat ini. Namun bagaimanapun, Apple tidak betah dengan kenyataan ini.

Laporan teranyar The Wall Street Journal menyebutkan, dari setiap iPhone X yang terjual, Samsung (divisi manufaktur) mendapatkan untung 110 dolar.

Postcomended   Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) III 2017

Dilansir The Verge pada 6 September 2017, The Wall Street Journal bahkan mengestimasi keuntungan Samsung dari iPhone X  bisa mencapai 4 miliar dolar AS, lebih banyak daripada keuntungan yang dihasilkan Galaxy S8. Angka ini menyumbang 35 persen keuntungan bagi perusahaan holding Samsung.

Samsung Display membuat layar OLED untuk smartphone terbaik di dunia, seperti yang dibuktikan baru-baru ini oleh Galaxy S8 dan Note 8. Jadi, tak heran jika Apple menaruh ketergantungan besar pada perusahaan ini dalam memasok display untuk rangkaian iPhone kelas atasnya. Seperti diketahui, Apple telah menggembar-gemborkan beralih ke teknologi OLED untuk smartphone andalannya.

Postcomended   Toko Tani Indonesia Centre

Menurut analis perusahaan sekuritas KGI, Ming-Chi Kuo, posisi Samsung sebagai satu-satunya pemasok display untuk iPhone 8 (atau apa pun akhirnya disebut) telah menempatkan perusahaan dalam posisi yang kuat, demikian Apple Insider melaporkan catatan Kuo kepada para investor bursa saham.

Under the Hood : Inside the Apple iPhone | EE Times EE Times1587 × 1017Search by image Under the Hood : Inside the Apple iPhone

Under the Hood : Inside the Apple iPhone | EE Times EE Times1587 × 1017Search by image Under the Hood : Inside the Apple iPhone

Tidak ada perusahaan lain yang mampu memproduksi display OLED berukuran ponsel dengan skala dan konsistensi yang sama seperti Samsung. Dengan bezels slimmed di semua sisi, layar iPhone 8 (atau iPhone 8 plus dan iPhone X) akan menjadi inti ponsel yang sebenarnya, sehingga Apple tidak mampu melakukan penyimpangan besar dalam kualitas.

Postcomended   Bobot Badan Bocah Obesitas asal Karawang Turun dari 192 Menjadi 149

Ketergantungan ini memungkinkan Samsung mengendalikan harga display yang dibeli Apple, dan Apple tentubakan meneruskan beban biaya ini kepada konsumen iPhone-nya.

Samsung-Driven A5 Processor Sits Pretty Inside Apple iPhone 4S DeviceMAG600 × 450Search by image

Samsung-Driven A5 Processor Sits Pretty Inside Apple iPhone 4S DeviceMAG600 × 450Search by image

Kuo mengatakan, untuk meningkatkan daya tawar terhadap Samsung, Apple sangat membutuhkan produsen OLED lainnya. Alternatif yang memungkinkah adalah dari perusahaan elektronik Korea lainnya, LG.

Korea Economic Daily melaporkan pada Juli 2017, Apple memompa lebih dari 2 miliar dolar AS ke LG Display untuk mengamankan panel OLED untuk iPhone yang akan datang. Google juga telah berinvestasi di bisnis display LG, dan Pixel 2 XL dikabarkan akan diproduksi oleh LG Mobile dan menggunakan layar bersumber LG.***

 

Share the knowledge