Jimny Akan Segera Kembali Mengaspal di Indonesia AutonetMagz860 × 474Search by image Suzuki Jimny Akan Segera Kembali Mengaspal di Indonesia

Jimny Akan Segera Kembali Mengaspal di Indonesia AutonetMagz860 × 474Search by image Suzuki Jimny Akan Segera Kembali Mengaspal di Indonesia

Generasi muda 1980-1990-an pasti mengenal sekali nama Suzuki Jimny. Setelah sekian lama tak memperbaharui tampilannya, pabrikan mobil Jepang ini akhirnya berencana memasarkan juga desain terbarunya di sini. Namun Jimny seperti sempat ragu masuk pasar Indonesia. Apalagi mobil ini masih dipasarkan secara completely built up alias harus diimpor langsung dari Jepang.

Belakangan ada kabar bahwa meskipun pihak Suzuki masih menutup rapat ihwal spesifikasi teknisnya, namun Jimny generasi teranyar akan segera dipasarkan di Indonesia.

Jimny terbaru ini seperti dilansir globalsuzuki.com, dibekali mesin M13A berkapasitas 1,300cc VVT, 4 silinder dengan rasio kompresi 9,5. Dia juga akan hadir dengan pilihsn tiga sistem penggerak: 2WD, 4WD, dan 4WD L. Saat melintas area off road Jimny masih cukup nyaman karena suspesi 3-link axle with coil spring di bagian depan maupun belakang kendaraan.

Postcomended   Begini Nasib Mantan Mata-mata Rusia yang Diracun

Mengapa Suzuki seperti berlama-lama tidak memasarkan Jimny terbaru ini,  padahal di Jepang sendiri sudah diproduksi sejak beberapa tahun silam.

Marketing Director PT SIS Donny Saputra mengatakan agen pemegang merek Suzuki di Indonesia ingin fokus pada unit yang mendongkrak penjualan. Sementar segmentasi Jimny sangat khusus, tidak menjangkau banyak konsumen.

Sebagai mobil mini SUV, Jimny terbilang tangguh. Pada awal kemunculannya, sekalipun berkapasitas mesin kecil, namun sanggup menempuh medan berat yang bahkan mobil dengan kapasitas mesin lebih besar saja kesusahan.

Suzuki Jimny pertama kali hadir di Indonesia pada 1979 melalui model LJ80 dengan varian LJ-80, LJ80V, dan LJ80Q Canvas. Setelah itu, diikuti dengan Jimny generasi kedua yakni SJ410 yang hadir dengan beragam varian WD.

Postcomended   Pamer Barang Mewah di Instagram, TKW di Singapura Ketahuan Mencuri

Meskipun tipe SUV, namun Jimny nyaman juga digunakan sebagai mobil perkotaan. Pasalnya, bodinya kompak sehingga lincah bermanuver di ruang sempit. Konsumsi bahan bakarnya juga irit. Tak jarang yang sampai mencopot sistem 4×4 yang kala itu tertanam pada Jimny.

Namun Jimny juga digemari para pecinta offroad karena kepraktisannya, mudah dimodifikasi dan punya fitur 4×4 yang mumpuni. Setidaknya, untuk pehobi berdana pas-pasan, Suzuki Jimny jadi primadona

Suzuki Jimny makin berjaya di era 90an, utamanya Jimny seri SJ410 dan SJ413 yang dikenal dengan nama ‘Sierra’. Suzuki kemudian mengembangkan produk Jimny yang lain semisal Katana dan Caribian dan yang terakhir pada tahun 1998 .***(ra)

Postcomended   Tika Mulya, orang Indonesia yang jadi hijab stylist Lindsay Lohan

Share the knowledge