Jaguar dan Land Rover (Prolific North)

Masalah pelik membayangi Inggris akibat Brexit. Raksasa mobil Jaguar Land Rover (JLR) telah memperingatkan bahwa pihaknya membutuhkan kepastian yang lebih besar dari Brexit jika ingin JLR terus berinvestasi di Inggris, serta melindungi pemasok, pelanggan, dan 40.000 pekerjaan yang berbasis Inggris.Peringatan dari produsen mobil terbesar Inggris ini menyusul pernyataan serupa dari BMW dan Airbus, yang datang menjelang pertemuan penting Kabinet, Jumat (6/7/2018), untuk menyelesaikan White Paper tentang Brexit.

Sekretaris Bisnis, Greg Clark, mengatakan, pemerintah bertekad memastikan JLR tetap sebagai “kisah sukses Inggris yang hebat”, dapat terus “makmur dan berinvestasi di Inggris”.

Dr Ralf Speth, kepala eksekutif JLR mengatakan bahwa hati dan jiwa perusahaan berada di Inggris. Namun kata Speth, pihaknya dan mitra mereka dalam rantai pasokan, menghadapi masa depan yang tidak dapat diprediksi jika negosiasi Brexit tidak dapat mempertahankan perdagangan bebas serta akses tak terbatas ke pasar tunggal, dan membiarkan terjadinya gesekan dengan Uni Eropa.

Postcomended   Daniel Zhang, Wajah Baru Alibaba

“Kami sangat membutuhkan kepastian yang lebih besar untuk terus berinvestasi di Inggris dan menjaga para pemasok, pelanggan, dan 40.000 karyawan berbasis di Inggris. Kesepakatan Brexit yang buruk akan mengorbankan Jaguar Land Rover lebih dari 1,2 miliar laba setiap tahun,” terang Speth.

Akibatnya, kata Speth, pihaknya harus menyesuaikan secara drastis profil pengeluaran perusahaan. JLR sebut Speth, telah menghabiskan sekitar £ 50 miliar di Inggris dalam lima tahun terakhir, dengan rencana untuk investasi lebih lanjut £ 80 miliar lebih dalam lima tahun berikutnya. “Ini akan berada dalam bahaya jika kita dihadapkan pada hasil (Brexit) yang salah.

Speth menjelaskan, selama lebih dari 250 tahun, sejak era Adam Smith, Inggris telah memperjuangkan pasar bebas dan membuat kasus untuk perdagangan bebas. Jika industri otomotif Inggris tetap kompetitif secara global dan melindungi 300.000 pekerjaan di JLR serta rantai pasokannya, JLR harus mempertahankan tarif dan akses bebas bea cukai untuk perdagangan dan bakat tanpa mengubah peraturan UE saat ini.

Postcomended   Apple Bakal Rilis Laptop Murah

Lebih dari 40.000 pekerja dipekerjakan oleh JLR di Inggris, dengan lebih dari 260.000 pekerjaan di rantai pasokan Inggris. Pada 2017 perusahaan menjual 621.000 mobil, dengan 80% dari mereka pergi ke 130 negara.

Satu dari tiga mobil yang diekspor dari Inggris adalah Jaguar atau Land Rover.
Daratan Eropa adalah salah satu pasar terbesar JLR, dengan 20% mobil dijual di sana.

Pada tahun keuangan saat ini JLR bermaksud menginvestasikan 4,5 miliar poundsterling, dengan lebih dari separuh masuk ke pengembangan model dan teknologi kendaraan baru.
Kontribusi pajak JLR untuk Inggris melebihi 2 miliar poundsterling per tahun.

Clark di akun Twitter-nya bercuit: “JLR adalah kisah sukses Inggris yang hebat. Kami bertekad untuk memastikan bahwa itu dapat terus berkembang dan berinvestasi di Inggris.”(***/theindependent)

Share the knowledge