Internasional

K-pop, Depresi, Kim Jonghyun, dan Briket Batubara untuk Bunuh Diri

cdn2.tstatic.net/wartakota/foto/bank/images/jonghy... wartakota.tribunnews.com700 × 393Search by image

cdn2.tstatic.net/wartakota/foto/bank/images/jonghy… wartakota.tribunnews.com700 × 393Search by image

Sebuah catatan yang mengungkapkan perjuangannya dengan depresi dan kehidupannya di mata publik, dilaporkan telah ditulis oleh salah satu bintang boyband Korea Selatan (Korsel) paling populer, sebelum dicurigai bunuh diri pada Senin (18/12/2017). Belakangan diketahui, penyebab kematian superstar Korsel ini akibat menghirup asap briket batubara; cara bunuh diri yang tidak baru di Korsel. Untuk diketahui, pada 2013 Jonghyun pernah dipaksa mendukung LGBT.

“Depresi yang perlahan menggerogoti saya akhirnya memakan saya,” tulis penyanyi Kim Jong-hyun, (27) dalam sebuah pesan kepada saudara perempuannya, Nine, yang juga anggota kelompok pop Dear Cloud.

Jonghyun adalah penyanyi utama dari lima anggota boyband terkenal di dunia asal Korsel, SHINee. Dia ditemukan meninggal di sebuah hotel kondominium di ibu kota Korsel, Seoul, tak lama setelah mengirim pesan teks “perpisahan terakhir”-nya kepada Nine.

Menurut Associated Press, Jonghyun kemudian dinyatakan meninggal di sebuah rumah sakit terdekat, setelah sebelumnya polisi bergegas ke tempat kejadian karena mendapat telepon darurat dari Nine yang menyebutkan dia telah menerima serangkaian teks yang mengganggu dari Jonghyun.

Setelah berkonsultasi dengan keluarganya, Nine mengeposkan catatan tersebut ke akun Instagram-nya pada Selasa. Dia mengatakan bahwa Jonghyun telah menginstruksikannya untuk memublikasikannya jika dia “menghilang dari dunia”.

Jong Hyun SHINee Bunuh Diri Karena Depresi | dunia | DW | 19.12.2017 dw700 × 394Search by image K-Pop, Diplomasi Budaya ala Korsel

Jong Hyun SHINee Bunuh Diri Karena Depresi | dunia | DW | 19.12.2017 dw700 × 394Search by image K-Pop, Diplomasi Budaya ala Korsel

Ini mengacu pada pertarungannya atas tekanan yang menghancurkan kehidupan selebriti, dengan mengatakan bahwa “saya telah dipatahkan dari dalam” dan “kehidupan ketenaran tidak pernah diperuntukkan bagi saya.”

Postcomended   Puan Maharani Kunjungi Pyongyang, Ada Apa?

Sang superstar, yang juga penyanyi solo dan penulis lagu yang sukses ini, terus mempertanyakan pilihan hidupnya. “Mungkin saya tidak seharusnya dikenal dunia; Saya telah belajar, apa yang (membuat hidup saya) sulit? Bagaimana bisa saya memilih itu?” tulisnya.

Kantor berita Yonhap melaporkan, pihak berwenang menemukan briket batubara yang terbakar, yang menghasilkan karbon monoksida, di penggorengan di kamar hotel Jonghyun. Briket batubara adalah bahan yang di Korsel dikenal sebagai penghangat ruangan, yang asapnya berbahaya jika dibakar di ruang tertutup.

Namun bunuh diri menggunakan karbonmonoksida di Korsel bukan hal baru. Dilansir situs Tempo, penelitian yang dimuat Journal of Korean Medical Science menunjukkan tingginya penggunaan briket batubara untuk bunuh diri di Korsel.

Dikabarkan Bunuh Diri, Inikah Penyebab Jonghyun SHINee Depresi ... Wow Keren410 × 270Search by image Kafe 'Terbukti' Jual Minuman Keras, Ayu Ting Ting Mabuk Karena Depresi Ditolak Raffi?

Dikabarkan Bunuh Diri, Inikah Penyebab Jonghyun SHINee Depresi … Wow Keren410 × 270Search by image Kafe ‘Terbukti’ Jual Minuman Keras, Ayu Ting Ting Mabuk Karena Depresi Ditolak Raffi?

Kasus bunuh diri aktor Ahn Jae Hwan pada 2008 menggunakan briket batubara, disebut menjadi awal populernya penggunaan bahan ini sebagai agen bunuh diri. Pada 2011, bunuh diri menggunakan briket batubara di Korsel mencapai lebih dari 1200 kasus.

Postcomended   Pyongyang Anggap Cuitan Trump Sebagai Deklarasi Perang

Populernya bahan ini karena cara mati dengan menghirup karbonmonoksida batubara dianggap mudah. Padahal ahli mengatakan, menghirup asap batubara sama seperti mengalami sensasi tercekik yang menyiksa sebelum mati.

Kematian mendadak bintang muda ini menyoroti industri K-pop multimiliar, di mana seniman digodok dengan sempurna di akademi lagu dan tari yang melelahkan sejak usia muda, dan harus memenuhi standar perilaku dan penampilan fisik yang tinggi.

“Banyak talenta direkrut sebagai remaja, dan mungkin tidak cukup dewasa secara emosional untuk menangani disiplin dan pengawasan ketat,” sebut Variety. Majalah hiburan Amerika Serikat ini menambahkan, beberapa bakat muda Korsel telah melakukan bunuh diri sejak tren K-pop mulai meledak akhir 1990-an.

Tidak diketahui apa penyebab depresi Jong-hyun. Tapi seperti semua bintang K-pop, dia menghadapi penghakiman instan media sosial. Pada 2013, dia dilaporkan dikepung oleh aktivis konservatif untuk mendukung hak-hak lesbianisme, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) secara publik.

SHINee memulai debutnya di scene musik K-Pop pada 2008 dengan album pertama “The SHINee World”. Semua album Korea mereka kecuali debut mereka, telah memuncaki tangga lagu setelah dirilis di negara asalnya. Jonghyun sendiri meluncurkan karir solo yang sukses sebagai penyanyi dan penulis lagu pada 2015. (***/telegraph/rollingstones/tempo)

Postcomended   Delapan Tahun Beroperasi, Medsos Ini Akhirnya Rontok Juga #SURUHGOOGLEAJA

 

#korea #korean #bts #exo #peace #meditation #seoul #spiritual #smtown #faith #spirituality #kpopf4f #hope #exol #goodvibes #kpopl4l #bangtanboys #happiness #jimin #namaste #jungkook #freedom #god #hippie #religion #unity #suga #soul #wisdom #jin #jhope #exok #consciousness #joy #exom #islam #got7 #universe #rapmonster #v #한국 #energy #snsd #truth #yoga #taehyung #zen #sehun #bangtan #enlightenment #pray #chanyeol #bigbang #compassion #meditate #yg #kai #shinee #baekhyun #calm #방탄소년단 #southkorea #서울 #kdrama #韓国 #ig_korea #asia #여행 #china #풍경 #사진 #seoul_korea #asian #koreanstyle

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top