Wapres JK Usul Anggota DPR Pakai Kursi Anti Ngantuk Karya ... Kabar24 - Bisnis Indonesia600 × 400Search by image Wapres JK Usul Anggota DPR Pakai Kursi Anti Ngantuk Karya Mahasiswa Brawijaya

Wapres JK Usul Anggota DPR Pakai Kursi Anti Ngantuk Karya … Kabar24 – Bisnis Indonesia600 × 400Search by image Wapres JK Usul Anggota DPR Pakai Kursi Anti Ngantuk Karya Mahasiswa Brawijaya

Terinspirasi karena tingginya tingkat kecelakaan di jalan raya akibat mengantuk, Wakil Presiden Jusuf Kalla malah merekomendasikan alas duduk anti-kantuk ciptaan mahasiswa Universitas Brawijaya untuk anggota DPR. Bukan sekadar menyindir, Kalla serius akan mengusulkan kepada Ketua DPR untuk menyediakan alas kursi tersebut.

“Nanti saya minta ke Ketua DPR agar DPR menyediakan tempat duduk anti-ngantuk,” katanya, ketika menjadi pembicara kunci pada “Seminar Nasional Hilirisasi Teknologi dan Start-Up Bisnis” di Universitas Brawijaya, Malang, Senin (4/12/2017). Pernyataan Wapres tersebut disambut tepuk tangan peserta seminar.

Postcomended   Sang Pimpinan Rumah Rakyat Akhirnya Diboyong KPK ke Tahanan

Kalla menyatakan itu karena mengaku sering melihat foto atau video yang memperlihatkan anggota DPR yang tertidur saat sidang, dilansir Antara.

Ihwal anggota DPR tertidur saat sidang selalu menjadi isu sentral. Saat mereka bersidang hingga dini hari, publik bertanya-tanya, bagaimana mereka memutuskan hal penting bagi masyarakat jika kurang tidur.

The National Sleep Research Project mencatat, meledaknya pesawat ulang alik Challenger tahun 1986 yang menewaskan ketujuh astronotnya dipicu kesalahan teknis gara-gara sang mekanik kurang tidur.

Postcomended   Para Guru Besar dan Tokoh Lintas Agama Nyatakan Dukung KPK

Kursi anti-kantuk, yang oleh ketiga mahasiswa tersebut diberi nama Alakantuk, terinspirasi oleh tingginya tingkat kecelakaan di Indonesia yang disebabkan mengantuk. Ketiga mahasiswa dari jurusan Teknik Mesin Universitas Brawijaya itu adalah Wahyu Tasry Naufal, Asri Anjasari, dan Prayoga Bintang Primawan.

Mereka merancang alas kursi ini sehingga mampu meningkatkan detak jantung manusia melalui getaran. Prinsip kerja Alakantuk mengambil ide sensor detak jantung yang terpasang di pergelangan tangan.

Ketika detak jantung terbaca di bawah angka normal, maka alas duduk akan bergetar sehingga dapat memicu detak jantung kembali meningkat. Di dalam alas duduk terdapat komponen elektronik penggetar yang terhubung ke gelang sensor detak jantung.

Postcomended   Awas, Mendengkur adalah Indikasi Tersumbatnya Jalan Napas

Prayoga menjelaskan, ketika alas duduk bergetar, detak jantung akan meningkat, aliran darah juga meningkat sehingga membuat pengendara tetap berkonsentrasi dalam berkendara. Prayoga juga menyarankan alat ini untuk mahasiswa yang sedang kuliah.(***/antara/kompas)

 

Share the knowledge