(sumber foto: VOA)

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, boleh tetap terlihat menawan di media di saat Presiden AS, Donald Trump, tampak kusut saat mengganjar sekutu dekatnya ini dengan kebijakan tarif. Namun pembalasan Trudeau terhadap negeri jirannya ini datang juga. Warga negeri Paman Sam kini tak bisa lagi menikmati harga sama untuk saus tomat impor dari Kanada.Dilansir ABC News, Kanada mulai memberlakukan tarif pada Minggu (1/7/2018) sebesar 12,6 miliar dolar AS (setara Rp 168 triliun) untuk barang-barang AS sebagai pembalasan atas pajak baru administrasi Trump terhadap baja dan aluminium yang diimpor oleh Amerika Serikat (AS) dari Kanada.

Beberapa produk AS, sebagian besar baja dan besi, menghadapi tarif 25 persen; hukuman AS yang sama yang menampar impor baja pada akhir Mei 2018. Impor AS lainnya dari Kanada seperti saus tomat, pizza, hingga deterjen pencuci piring, akan dikenakan tarif 10 persen di perbatasan Kanada, sama dengan pajak AS pada aluminium yang diimpor.

Trump telah membuat marah Kanada dan sekutu AS lainnya dengan menyatakan impor baja dan aluminium sebagai ancaman terhadap keamanan nasional AS dan karena itu menjadi target yang sah untuk dikenakan tarif oleh AS. Kanada adalah mitra dagang terbesar kedua AS dalam hal barang, setelah Cina.

Postcomended   Bintang "Walk of Fame" Donald Trump, Raib Dicungkil

Berbicara pada Minggu (1/7/2018) di Leamington, Ontario, Trudeau berterima kasih kepada Kanada karena telah bersatu melawan sanksi Trump. Dia mendesak Kanada menyesuaikan pilihannnya dalam mempertimbangkan apakah akan membeli produk-produk AS atau tidak.

Memilih Mengumumkan di “Ibukota Tomat”
Pemilihan Leamington, yang dikenal sebagai ibukota tomat Kanada, bukanlah kebetulan. Kota ini adalah rumah bagi pabrik pengolahan makanan yang memasok pasta tomat dan produk lainnya ke French’s, pesaing utama Kraft Heinz. Heinz meninggalkan Kanada dan menjual pabrik Leamington pada 2014, setelah 105 tahun beroperasi di Kanada.

Tarif baru Kanada ini, yang mulai berlaku Minggu pukul 00:01, mencapai daftar panjang barang-barang konsumsi AS, termasuk saus tomat dan produk Kraft Heinz lainnya.

Postcomended   Moskow Tuding AS Mengalami "Histeria Anti-Rusia"

Sebagai bagian dari pendekatan pertama AS, Trump telah berulang kali menyerang kebijakan perdagangan tetangga utara-nya ini, dengan mengutip tarif tiga digit Kanada pada produk susu, yang hanya menyumbang sekitar 0,1 persen dari perdagangan AS-Kanada. AS pada kenyataannya tahun lalu menikmati surplus perdagangan keseluruhan sebesar 2,8 miliar dolar AS (sekitar Rp 40 triliun) dengan Kanada.

Trump juga telah mencoba menekan Kanada dan juga Meksiko agar menyetujui menulis ulang Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara 24 tahun untuk mengalihkan lebih banyak produksi dan investasi mobil ke AS.

Akan tetapi upaya itu terhenti, dan Trump mengatakan Minggu bahwa dia tidak mengharapkan kesepakatan yang dapat dia dukung sampai setelah pemilihan paruh waktu AS pada bulan November.(***/abcnews)

Share the knowledge