Susi Pudjiastuti

Larangan penggunaan botol plastik di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kini sudah memasuki bulan kelima. Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, menetapkan aturan ini sejak akhir Februari atau awal Maret 2018. Bagi yang melanggar, Susi menerapkan hukuman denda Rp 500.000.Langkah ini dilakukan Susi sebagai upaya menjaga lingkungan dari sampah plastik. Bulan-bulan terakhir ini, isu sampah plastik termasuk yang mengotori laut dan pantai, santer diberitakan.

Pemilik akun Facebook bernama Rich Horner, misalnya, memposting pengalamannya pada 8 Maret 2018, saat menyelam di laut Nusa Penida, Bali. Wisatawan asal Inggris ini menemukan banyak sampah plastik melayang-layang di Manta Point, satu area laut di Nusa Penida yang sering didatangi ikan pari manta.

Dilansir Detikcom, Susi pada saat acara Simposium Hiu dan Pari ke-2 di Indonesia Maret lalu memperketat aturan dengan akan mengenakan denda bagi yang melanggar ketentuan ini.

Postcomended   Soal Buang Sampah, Orang Indonesia Harus Disadisi

“Kita mengawali di Kementerian Kelautan sudah tidak boleh ada botol Aqua. That’s good today. Kita denda Rp 500 ribu kalau bawa botol Aqua,” kata Susi, dikutip dari Detikcom.

Susi mengajak semua PNS di KKP untuk ikut mengawasi aturan ini. Susi bahkan akan memberikan hadiah bagi pegawai yang melaporkan suatu kecurangan. “Cuma saya tidak tahu sistem pengawasannya bagaimana. Harusnya ada pelaporan, yang melaporkan dapat 20%,” ujar dia. “Kalau tidak ada law enforcement nggak jalan,” tambahnya.

Aturan ini kata Susi juga sudah diterapkan di Susi Air; maskapai pesawat berbadan kecil miliknya. “Sama, saya di Susi Air tidak boleh botol Aqua. Harus pakai botol yang bisa dipakai terus-menerus,” jelas Susi.

Postcomended   Ilmuwan Ungkap Teori Baru Misteri Segitiga Bermuda

Berdasarkan data Jambeck (2015), Indonesia berada di peringkat kedua dunia penghasil sampah plastik ke laut yang mencapai sebesar 187,2 juta ton setelah Cina yang mencapai 262,9 juta ton. Sementara itu dilansir World Atlas, Indonesia tercatat masuk lima besar negara pengguna botol plastik terbanyak, termasuk Cina dan Filipina.(***/detikcom/tribunnews/merdeka)

Share the knowledge