Kawah Sileri - BolehTanya.com BolehTanya.com663 × 382Search by image Kawah Sileri ...

Kawah Sileri – BolehTanya.com BolehTanya.com663 × 382Search by image Kawah Sileri …

Pada hari Minggu, 2 Juli 2017, saat pengunjung sedang padat-padatnya mengisi libur Idul Fitri, kawah Sileri di kompleks Dieng Plateau tiba-tiba meletus. Tujuh belas pengunjung dilaporkan terluka. Pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengatakan, letusan freatik sulit diprediksi.

Meski begitu, PVMBG mengatakan sudah sejak April memberi peringatan kepada pengelola tempat wisata ini agar membentuk zona aman dalam radius 100 meter dari kawah Sileri.

Postcomended   Rumah Para Pengemplang Pajak Mobil Mewah, Bakal Didatangi

Dikabarkan, semburan yang berisi lahar dingin dan lumpur itu mengenai orang-orang yang berada di sekitar lokasi.

Menurut Kepala PVMBG, Kasbani, letusan di Kawah Sileri pada Minggu itu bukan yang pertama kali terjadi. PVMBG misalnya mencatat adanya letusan freatik pada 3 dan 24 April di kawah tersebut. Karenanya pihaknya merekomendasikan radius aman 100 meter dari kawah sejak April 2017.

Postcomended   Garuda Tambah Frekwensi Penerbangan Denpasar-Melbourne

Kasbani menambahkan, potensi bencana di Dataran Tinggi Dieng tak hanya berupa letusan freatik atau embusan asap panas, tapi juga adanya kandungan gas beracun CO2 di sejumlah kawah.

Apakah itu letusan freatik? Kepala Bidang Mitigasi Gerakan Tanah Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Agus Budianto, menjelaskan, letusan freatik terjadi karena adanya pertemuan antara panas magma dan air.

Postcomended   Aplikasi Ini Akan Memaksa Anak Membaca Pesan dari Ortunya