Internasional

Kawanan Jutaan Kepik Tertangkap Radar dalam Bentuk Gumpalan

Share the knowledge

Ladybugs (gambar ilustrasi dari: https://www.youtube.com/watch?v=aAbLskXc_Jk)

Ladybugs (gambar ilustrasi dari: https://www.youtube.com/watch?v=aAbLskXc_Jk)

Kawanan jutaan kepik yang terbang ke langit di California Selatan, AS, minggu ini, untuk berburu kutu daun, tertangkap di layar radar dalam bentuk  gumpalan besar. Kawanan serangga ini membentang sejauh 80 mil (130 km x 130 km).

Ahli meteorologi Layanan Cuaca Nasional (NWS) Adam Roser, menyebutkan, gumpalan kepik tersebut berpusat di sekitar kota Hesperia, lebih dari 70 mil (110 km) timur Los Angeles, laman Reuters melaporkan.

Setelah seorang pengamat cuaca di kota Wrightwood mengonfirmasi bahwa mereka adalah kawanan ladybug, kantor NWS San Diego, Selasa (7/6/2019), mengirim video klip gambar radar ke Twitter, menunjukkan massa yang bergelombang.

Sebanyak lebih dari 1.000 melakukan cuit-ulang alias retweet, dan menghasilkan komentar seperti “lebih baik daripada belalang” dan “dapatkan kutu daun itu!”

Menanggapi cuit-ulang warganet terkait gumpalan ladybug ini, Roser terkesan. “Saya pikir itu cukup keren, bagaimana kita bisa membuat semua orang yang berbeda-beda menjadi tertarik pada sains,” kata Roser.

Kumbang kecil itu, yang juga disebut kumbang kepik, dianggap menguntungkan bagi tukang kebun karena mereka menyukai kutu daun, tungau laba-laba, dan kutu busuk.

Postcomended   22 Oktober dalam Sejarah: Salah Memprediksi Gempa Bumi, Enam Ilmuwan Dipenjara

Kepik-kepik itu sangat kecil sehingga seseorang yang berdiri di bawah gerombolan hanya akan melihat titik-titik di langit atau dari kejauhan sama sekali tidak ada, kata Ring Cardé, seorang profesor entomologi di University of California, Riverside.

Apa yang menyebabkan gerombolan kepik ini terbentuk? Satu penjelasan yang mungkin adalah bahwa populasi besar kepik telah tersebar di tanah di daerah pegunungan, dan kenaikan suhu memicu migrasi massal mereka, kata Cardé. “Ini sedikit lebih lambat daripada yang saya harapkan,” kata Cardé.

Ketika mereka terbang ke atas, kepik-kepik bergantung pada angin untuk membawa mereka ke lembah-lembah di mana mereka mungkin menemukan banyak kutu daun untuk dimakan, kata Cardé. Saat serangga menyebar, yang tidak beruntung akan berakhir di gurun dan mati.

Postcomended   Puan Maharani Sangkal Tuduhan Setya Novanto Ikut Terima Saweran Korupsi e-KTP

Gerakan akhir musim semi para kepik ini mengikuti hibernasi musim dingin di pegunungan California ketika mereka berkumpul dalam kelompok yang sangat tebal sehingga mereka dapat diambil dengan sekop, kata Cardé. Serangga ini mencoba untuk tetap hidup di bawah lapisan salju.

Tingkat kelembaban dan curah hujan yang tinggi tahun ini mungkin membantu sejumlah besar kepik bertahan hidup selama musim dingin, kata Cardé.

Radar Layanan Cuaca Nasional secara rutin menangkap burung, kelelawar, dan serangga di bagian lain negara ini.
Misalnya, kelelawar sering terbang keluar dari gua di sekitar Austin, Texas, dan muncul di radar, sementara di Iowa, lalat muncul dari waktu ke waktu, kata Jessica Schultz, wakil direktur Pusat Operasi Radar NWS di Norman, Oklahoma.***

Postcomended   Penelitian: Youtube Berperan Meyakinkan Sejumlah Orang bahwa Bumi Datar

 


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top