Ekonomi

Kecaman Donald Trump Mengirim Saham Amazon Terjun Bebas

Paling Tajir di Dunia, Bos Amazon Setia Pakai Mobil Murah - Tekno ... Tekno - Liputan6.com Anak Usaha Amazon

Paling Tajir di Dunia, Bos Amazon Setia Pakai Mobil Murah – Tekno … Tekno – Liputan6.com Anak Usaha Amazon

Donald Trump mengecam Amazon atas praktik bisnisnya. Melalui Twitter, Trump mengatakan, “tidak seperti yang lain, mereka (Amazon) membayar sedikit alias tidak ada pajak kepada pemerintah negara bagian dan lokal”. Menurut Presiden Amerika Serikat (AS) ini, dia mengangkat isu ini jauh sebelum pemilihan presiden pada 2016. Ini bukan pertama kalinya Trump secara terbuka menyerang Amazon di Twitter.

“Raksasa ritel web itu membuat ribuan pengecer keluar dari bisnis,” kata Trump. Pernyataan ini diungkapkan sehari setelah laporan yang telah dia diskusikan menggunakan undang-undang anti-trust untuk mengendalikan sang boss Amazon, Jeff Bezos. Kritik Trump ini mengirim harga saham Amazon jatuh dan menghapus 30 miliar dolar AS dari nilainya.

Berikut ini cuitan Trump selengkapnya di akun Twitter-nya: “Saya telah menyatakan keprihatinan saya kepada Amazon jauh sebelum pemilihan. Tidak seperti yang lain, mereka membayar sedikit atau tidak ada pajak kepada pemerintah negara bagian & lokal, menggunakan Sistem Pos kami sebagai Delivery Boy (menyebabkan kerugian besar bagi AS), dan membuat ribuan pengecer keluar dari bisnis! ”

Ditanya tentang laporan Trump yang sedang mempertimbangkan akan menjepit Amazon, pada Rabu (28/3/2018), juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders, mengatakan, “Tidak ada kebijakan khusus di atas meja saat ini, tetapi presiden sedang mencoba menciptakan level bermain untuk semua bisnis.”

Kritik pedas Trump kepada Amazon melalui Twitter, bukan untuk pertama kalinya. Agustus 2017, dia menuduh Amazon melakukan “kerusakan besar” untuk pengecer kecil. Kritik ini ketika itu juga mendorong penurunan 1,2 persen dalam nilai sahamnya. Trump mengatakan, “Amazon melakukan kerusakan besar pada pengecer yang membayar pajak. Kota-kota dan negara bagian di seluruh AS sedang disakiti – banyak pekerjaan hilang!”

Jeff Bezos, CEO Amazon, saat ini merupakan salah seorang yang terkaya di dunia. Januari lalu, kekayaan Bezoz disebutkan mencapai Rp 1.512 triliun, jauh melampaui kekayaan boss Microsoft, Bill Gates. Tahun lalu, Bezos dan Gates pernah dilaporkan “kejar-kejaran” sebagai manusia terkaya di dunia.(***/independent)

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top