Artis Hollywood Natalie Portman Tolak Hadir Acara Penghargaan Israel ... portal islam Artis Hollywood Natalie Portman Tolak Hadir Acara Penghargaan Israel dan Hadiah $ 1 Juta

Artis Hollywood Natalie Portman Tolak Hadir Acara Penghargaan Israel … portal islam Artis Hollywood Natalie Portman Tolak Hadir Acara Penghargaan Israel dan Hadiah $ 1 Juta

Begitu pentingnya aktris Natalie Portman bagi penyelenggara “Hadiah Genesis”, sehingga panitia mengumumkan membatalkan acara pemberian “Nobel Yahudi” tersebut, segera setelah Portman menolak datang ke acara tersebut untuk menerima penghargaan. 

Penyelenggaranya, Yayasan Penghargaan Genesis, Kamis (19/4/2018), seperti dilaporkan media Israel Haaretz, mengaku sangat sedih atas keputusan aktris Israel-Amerika ini. Portman sepertinya kecewa berat saat Benyamin Netanyahu terpilih lagi menjadi Perdana Menteri Israel pada 2015. Waktu itu, aktris kelahiran Yerusalem yang bangga memiliki akar Israel ini, mengaku “sangat, sangat marah”.
Dilansir Haaretz, yayasan itu mengatakan, perwakilan Portman telah menyampaikan bahwa “kejadian-kejadian baru-baru ini di Israel sangat menyusahkan hatinya dan ini menyebabkan dia tidak merasa nyaman berpartisipasi dalam acara-acara publik di Israel.” Hollywood Reporter sebelumnya melaporkan, sebuah organisasi yang menghormati aktris tersebut mengeluarkan pernyataan bahwa Portman memutuskan untuk tidak menerima hadiah tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, Yayasan Hadiah Genesis membatalkan upacara pemberian hadiah ini karena organisasinya takut keputusan Portman itu akan menyebabkan inisiatif filantropis mereka dipolitisasi. Padahal menurut pihak yayasan, mereka telah bekerja keras selama lima tahun terakhir untuk menghindari stigma tersebut. “Kami sangat sedih bahwa dia telah memutuskan untuk tidak menghadiri acara Hadiah Genesis di Yerusalem karena alasan politik.”

Postcomended   ONE DAY TOUR VILLA KHAYANGAN-CURUG CIHERANG BOGOR

“Nona Portman adalah aktris yang sangat berprestasi, aktivis sosial yang berkomitmen, dan manusia yang luar biasa. Staf Yayasan senang mengenalnya selama enam bulan terakhir, mengagumi kemanusiaannya, dan menghormati haknya untuk secara terbuka tidak setuju dengan kebijakan pemerintah Israel,” sebut pernyataan dari Yayasan Hadiah Genesis, dikutip The Hollywood Reporter.

Portman tidak menyebutkan peristiwa mana yang menyebabkan ketidaknyamanannya. Namun baru-baru ini PBB dan Uni Eropa menyerukan penyelidikan penggunaan amunisi langsung oleh militer Israel menyusul bentrokan di sepanjang perbatasan dengan Gaza yang menyebabkan puluhan orang Palestina tewas dan ratusan lainnya luka-luka.

Portman diumumkan sebagai penerima hadiah ini pada November 2017, bersama actor India Anish Kapoor, pemain biola Itzhak Perlman, mantan Walikota New York Michael Bloomberg, dan aktor-sutradara Michael Douglas. Mereka berhak atas hadiah sebesar 1 juta dolar AS (sekitar Rp 1,3 miliar).

Portman bahkan telah menolak peluang memeroleh 2 juta dolar AS karena, seperti disampaikan pihak yayasan pada Desember, hadiah uang Portman menjadi dua kali lipat (2 juta dolar AS) karena mendapat tambahan sumbangan dari filantropis Israel, Morris Kahn. Yayasan itu tidak menyebutkan apakah Portman masih akan menerima hadiah uang itu sehubungan dengan penolakannya.

Postcomended   Ericsson Curi Start Perkenalkan Teknologi 5G

Hadiah Genesis diberikan kepada individu-individu terkemuka yang menginspirasi orang lain melalui dedikasi mereka kepada komunitas Yahudi dan nilai-nilai Yahudi. Didirikan oleh Mikhail Fridman dan pengusaha kaya Rusia-Yahudi lainnya, dan beroperasi dalam kemitraan dengan Kantor Perdana Menteri Israel dan Agen Yahudi untuk Israel.

Pada 2009, Portman bergabung dengan bintang-bintang Hollywood lainnya untuk memprotes seruan boikot terhadap Festival Film Internasional Toronto yang mementaskan acara bertema Tel Aviv. Portman juga menyutradarai dan membintangi sebuah film adaptasi novel berbahasa Ibrani karya Amos Oz, berjudul “Kisah Cinta dan Kegelapan”. Dalam sebuah pernyataan setelah pengumuman Hadiah Genesis pada November itu, Portman mengatakan dia bangga dengan akar Israel dan warisan Yahudi-nya.

Namun pada 2015, setelah Benjamin Netanyahu terpilih lagi menjadi Perdana Menteri Israel, dia mengatakan “sangat, sangat marah dan kecewa”. “Saya menemukan komentar rasisnya mengerikan,” katanya kepada The Hollywood Reporter.

Pada Desember 2017, penyanyi Lorde membatalkan konser yang direncanakan digelar di ibukota Israel, Tel Aviv, di tengah protes para seniman untuk memboikot pertunjukan di negara tersebut. Sebelumnya, grup band Radiohead yang akan melakukan konser di kota tersebut pada 19 Juli 2017, menghadapi kritik.

Thom Yorke dari Radiohead dalam sebuah wawancara dengan The Rolling Stone mengaku telah berbicara kepada para demonstran, sebulan sebelum pertunjukan, dengan mengatakan, “Ada banyak sekali orang yang tidak setuju dengan gerakan (Boikot, Divestasi dan Sanksi/BDS), termasuk kami. Saya tidak setuju dengan larangan terhadap seni budaya sama sekali.”

Postcomended   Donald Trump Serang Rencana Harley Davidson Pindahkan Pabrik ke Thailand

BDS adalah gerakan yang memprotes negara Yahudi atas perlakuannya terhadap Palestina dan Tepi Barat. Mereka melobi untuk menekan seniman atau tokoh terkemuka yang berencana mengunjungi Israel.

Saat 26 nominator Oscar diberi hadiah paket tur Israel sebagai bagian dari isi “swag bag” (semacam goodie bag, namun menggunakan tas bermerek) hadiah Academy Awards 2017, BDS mengeluarkan pernyataan yang mendesak bintang-bintang untuk tidak mengambil tawaran itu. Hasilnya, tak satu pun dari para kandidat itu bepergian ke Israel.

Share the knowledge