Internasional

Kereta Cepat Haramain untuk Pertama Kali Layani Jemaah Haji

Share the knowledge

 

Haramain High Speed Rail, layani jamaah haji mulai tahun ini (gambar dari:https://www.youtube.com/watch?v=nSd5IF4qu-s)

Haramain High Speed Rail, layani jamaah haji mulai tahun ini (gambar dari:https://www.youtube.com/watch?v=nSd5IF4qu-s)

Ada yang beda dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini, yakni dioperasikannya layanan kereta berkecepatan tinggi untuk pertama kalinya bernam Haramain High Speed ​​Rail (HHSR). HHSR akan menghubungkan Mekah dan Madinah.

Menurut situs web kereta api seperti dilansir CNN, ada tiga stasiun yang dilewati sepanjang Mekah dan Madinah, yakni Jeddah, Bandara Internasional King Abdul Aziz, dan Kota Ekonomi Raja Abdullah di Rabigh.
Ibadah haji dimulai Jumat (9/8/2019) dan berlangsung lima hari.

Kereta api ini diluncurkan pada Oktober 2018, setelah musim ibadah haji tahun itu. Namun baru tahun ini HHSR melayani transportasi para peziarah. Tahun lalu. sebanyak 2,37 juta Muslim dari seluruh dunia melakukan perjalanan ke Mekah.

Dikutip Arab News, perjalanan darat antara kota suci Madinah dan Mekah sebelumnya dapat memakan waktu hingga 10 jam selama haji. Dengan HHSR, waktu tempuh dipangkas menjadi hanya sekitar dua jam.

HHSR berjalan dengan kecepatan 300 kilometer per jam dengan menggunakan rel listrik. Teknologi ini dirancang untuk menangani suhu hingga 50 ° C, suhu maksimum Arab Saudi, menurut situs web HHSR.

Postcomended   Di Tengah Boikot Negara-negara Arab, Qatar Hengkang dari OPEC

Ada 35 kereta, masing-masing dengan 13 gerbong dan 417 kursi di dua kelas, bisnis dan ekonomi. Jalur kereta berkecepatan tinggi ini memiliki kapasitas 60 juta penumpang per tahun.

Laman Arab News menyebutkan, HHSR beroperasi selama musim haji untuk mengurangi kemacetan lalu lintas. Proyek ini mencakup sembilan stasiun overground, masing-masing dengan platform sepanjang 300 meter yang dapat diakses melalui rute khusus ke area tunggu di bawah stasiun, yang masing-masing dapat menampung lebih dari 3.000 orang.

Menurut Otoritas Pengembangan Wilayah Mekah, kereta ulang-alik yang dioperasikan di bawah proyek Metro Al-Mashaaer Al-Mugaddassah (MMMP) ini akan mengangkut lebih dari 360.000 jemaah selama musim haji tahun ini. Jalur ini membentang sekitar 20 km, dan kereta tanpa pengemudi berjalan dengan kecepatan 80-120 km per jam (kpj).

Garis Selatan MMMP yang menghubungkan tenggara Arafat dan barat daya Mina melalui Muzdalifah, akan melewati tiga stasiun di Arafat, Muzdalifah, dan Mina. Ini sangat membantu dalam mengurangi kemacetan lalu lintas yang disebabkan oleh ribuan bus dan mobil selama musim puncak. Menurut Arab News, jalur di musim puncak bisa dijejali sekitar 50.000 bus,

Dengan kecepatan 300 kilometer per jam, Kereta bisa melintasi antara Arafat dan Mina dalam 13 menit, dan antara Arafat dan Muzdalifah dalam tujuh menit. Departemen Urusan dan Transportasi Haji mengatakan, dilansir Arab News, mereka berkomitmen menggunakan perencanaan kota terbaik dan teknologi pintar untuk memastikan proses ziarah akan aman dan nyaman.

Postcomended   Alih-alih Mencekik Leher Penyu, Kresek Singkong jadi Cemilan Para Udang

Berbicara selama peluncuran, Rumaih Al-Rumaih, ketua Otoritas Angkutan Umum, mengatakan,”Ini adalah momen yang menandai titik balik nasional bersejarah dalam transportasi modern Kerajaan.”

Peziarah Tak Berdokumen Tidak Dapat Masuk

Pihak berwenang menggunakan perusahaan keamanan khusus untuk mengatur naiknya peziarah ke kereta selama haji. Perusahaan ini melatih orang-orang Saudi dalam layanan keamanan haji, dan merekrut orang-orang Saudi yang berbicara bahasa lain selain bahasa Arab, memberikan mereka pelatihan intensif untuk membantu para peziarah dari seluruh dunia.

“Sangat bersih. Staf yang bekerja di kereta dan di stasiun, ramah dan kooperatif… Standar kebersihan yang tinggi dengan toilet yang sangat bersih,” kata Marghalani. Untuk mencegah kepadatan, area stasiun dibatasi sehingga peziarah yang tidak berdokumen atau tanpa tiket tidak bisa masuk.

Menurut Zafar Hasan, yang baru-baru ini melakukan perjalanan dari Mekah ke Madinah menggunakan HHSR, kepada Arab News mengatakan, dia memesan tiket secara online. “Saya membeli tiket kelas ekonomi untuk bepergian dengan keluarga saya dan melakukan perjalanan yang menyenangkan. Itu sangat sunyi, aman dan cepat. Kereta itu tepat waktu dan perjalanan kami lancer,” kata Hasan.

Postcomended   Bisnis Jet Komersial Bombardier-Kanada Dibeli Tunai Mitsubishi-Jepang

Hasan mengakui bahwa harga tiket cukup tinggi, namun itu sesuai dengan standar keamanan, kecepatan tinggi, dan perjalanan mewahnya. Tiket HHSR dapat dibeli secara online (www.hhr.sa), serta melalui telepon (920004433) atau langsung dari kantor tiket antara pukul 8 pagi hingga 9 malam waktu Arab Saudi.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top