Internasional

Kesal pada Israel, Aktor John Cusack Dikecam Setelah Me-retweet Gambar Anti Semit

Share the knowledge

John Cussack (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=3fmVR4OaT7E)

John Cusack. Untuk melihat gambar yang diduga anti-semit yang dicuit-ulang oleh Cusack, scroll-down! (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=3fmVR4OaT7E)

Bintang “2012”, John Cusack, meminta maaf karena berbagi gambar yang dianggap anti-Semit di akun Twitter-nya, Senin (17/6/2019), setelah dia awalnya membela cuitannya tersebut. Aktor 52 tahun ini lalu kembali turun ke Twitter untuk menjelaskan mengapa dia me-retweet gambar itu. 

Gambar kartun tersebut menunjukkan tangan raksasa bercap Bintang Daud terlihat menekan sekelompok orang, dengan kutipan di sampingnya: “Untuk mempelajari siapa yang menguasai Anda, cari tahu siapa yang tidak boleh Anda kritik.”

Meskipun kutipan tersebut dikaitkan dengan Voltaire, seorang filsuf dari Abad Pencerahan 1700-an, namun frasa tersebut sebenarnya didasarkan pada tulisan dari nasionalis kulit putih dan neo-Nazi, Kevin Alfred Strom. Tweet-nya telah dihapus.

Postcomended   Ikea Bakal Pecat Ribuan Karyawan, namun Berharap Tumbuh Ribuan Lainnya

Dilansir USA Today, tangkapan layar menunjukkan bahwa Cusack awalnya mencoba menyalahkan “bot” (robot kecerdasan buatan) pada gambar yang dia retweet, meskipun mempertahankan postingannya dalam beberapa tweet kutipan. Semua tweet itu juga telah dihapus.

“Bot menangkapku,” dalih Cusack dalam tweet yang telah dihapus sejak itu. “Saya pikir saya me-retweet (gambar tentang) dukungan keadilan pro-Palestina –dari posting sebelumnya– ini saya pikir datang dari sumber yang berbeda  –yang seharusnya tidak di-retweet.”

Cusack kemudian menjelaskan bahwa dia menganggap bot sama dengan akun alt-kanan. “Bot adalah akun alt kanan –hal yang sama– bukan orang, tetapi agenda terorganisasi,” cuitnya, seraya mengatakan bahwa berbagi gambar tersebut adalah kesalahan. “Salahku (adalah) pada me-retweet,” kata Cusack.

Postcomended   Adolf Hitler Tak Kemana-mana, Tidak Juga Ngumpet di Sisi Gelap Bulan

“Saya keliru me-retweet akun alt-kanan yang saya pikir setuju dengan pemboman mengerikan sebuah rumah sakit di Palestina,” katanya dalam serangkaian tweet.

Cusack menambahkan, “Sudah jelas bahwa meskipun itu adalah bendera Israel & bahkan jika Anda tidak memiliki tulang anti-semit di tubuh Anda, itu masih kartun anti-semitik. Karena itu menyebarkan stereotip anti-Yahudi dalam serangannya terhadap Israel, bahkan jika kritik-kritik  tentang kekerasan (yang dilakukan) negara tersebut adalah sah”.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top