Dewi Sartika Bekasi Berubah Jadi Dewi Persik di Google Maps Tempo.co620 × 350Search by image Jalan Dewi Sartika Bekasi Berubah Jadi Dewi Persik di Google Maps

Dewi Sartika Bekasi Berubah Jadi Dewi Persik di Google Maps Tempo.co620 × 350Search by image Jalan Dewi Sartika Bekasi Berubah Jadi Dewi Persik di Google Maps

Beginilah jadinya kalau mencari alamat dengan hanya mengandalkan aplikasi internet yang informasinya bisa disumbang siapa saja. Seorang pengendara ojek online, pada Minggu (6/8/2017), kebingungan ketika mencari alamat Jalan Dewi Sartika, Bekasi. Diketik “Dewi Sartika”, yang muncul malah “Dewi Persik”.

Pihak pemerintah kota (pemkot) Bekasi yang mengetahui informasi itu pun geger. Mereka segera melayangkan surat protes kepada perusahaan penyedia aplikasi Google Maps, yakni Google Inc.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Bekasi, Titi Masrifahati, mengatakan –sampai berita ini dilansir– pihak Google belum memberikan respon resmi.

 

“Saya tidak tahu motif perubahan nama tersebut,” kata Titi. Menurut Titi, perubahan nama jalan tidak bisa diterima begitu saja, meski secara tidak sengaja. Alasannya, nama jalan tersebut menggunakan nama pahlawan nasional dan menyangkut integeritas kota.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana, tak kalah panik. Pihaknya kata dia, akan melakukan koordinasi dengan intansi terkait, serta pakar informasi teknologi. “Setelah koordinasi akan kami tentukan langkah selanjutnya,” kata Yayan.

Postcomended   Apa Kabar Para Perokok Pasif?

Berdasarkan pengamatan Tempo, hingga Senin, 7 Agustus 2017 pukul 14.30, nama jalan pada Google Maps itu jika diketik Dewi Sartika, yang muncul malah Dewi Persik.

Kepada detikINET, Senin (7/8/2017), perwakilan Google Indonesia mengakui kemungkinan adanya kesalahan tersebut. Menurut Google, Google Maps (Maps) sangat mengandalkan penggunanya, siapapun itu, untuk berkontribusi dalam berbagai informasi yang ada di Maps. Kelebihan cara ini, Maps jadi bisa mempunyai informasi yang sangat lengkap.

Postcomended   Harta Korupsi Djoko Susilo yang Belum Disita Rp 51 Miliar

Namun ada saja pengguna yang memanfaatkan cara ini untuk berbuat usil, meskipun sebenarnya aplikasi ini mensyaratkan adanya verifikasi pengguna lain untuk bisa disetujui. “Kami menyadari adanya kemungkinan untuk munculnya inakurasi dari sumber-sumber ini,” kata Google.

Perubahan nama jalan di Maps, sudah seringkali terjadi. Tribunnews mengutip dari Dagelan.co, di beberapa daerah di Indonesia sempat ditemukan nama jalan yang tertera di Maps terasa absurd. Misalnya saja di kawasan Kiaracondong, Bandung, ada nama Jalan Yang Lurus Dan Benar. Di Depok sempat tertera nama Jalan In Aja Dulu. Di beberapa daerah lainnya tertera nama Jalan Macet, atau Jalan Rusak dan Berlubang.

Google tentu saja memberikan aplikasi untuk memperbaiki atau melapirkan kesalahan tersebut, baik untuk pengguna komputer desktop atau laptop, android, maupun iOS. Caranya:

  1. Buka Google Maps. Pastikan Anda login.
  2. Di kiri atas, klik Menu MenuberikutnyaKirim masukan berikutnya Edit peta.
  3. Ikuti petunjuk.
  4. Klik Kirim
Postcomended   Harga Tanah di Calon Ibukota Masih 40-350 Ribu

Untuk informasi lebih jelas, bisa lihat di link ini: https://support.google.com/maps/answer/3094088?co=GENIE.Platform%3DDesktop&hl=id.***(ra)