Keluarga

Ketika Membacakan Buku untuk Anak Dapat Memancing Efek Suara #suruhgoogleaja

Share the knowledge

Google

Google

Google mengumumkan kemitraan dengan Disney dan Random House yang dapat membantu menghidupkan buku cerita anak-anak. Sejak Selasa (30/10/2018), fitur Google Home dapat diseting  memutarkan musik yang dapat menciptakan suasana (ambient) serta efek suara, yang disesuaikan dengan buku “Little Golden Book” yang Anda bacakan untuk anak-anak.

Saat peluncurannya, fitur Google Home ini baru dilengkapi dengan cerita-cerita yang kompatibel mulai “Moana”, “Toy Story 3”, “Coco”, “Jack Jack Attack”, “Peter Pan”, “Cinderella”, “Alice in Wonderland”, “The Three Little Pigs”, ”Mickey Mouse and His Spaceship”, serta “Mickey’s Christmas Carol”.  Kisah-kisah itulah yang sejauh ini ada di “Little Golden Book”.

Bagaimana cara menghidupkannnya? Laman Engadget menyebutkan, yang harus Anda lakukan adalah mengatakan “Hey Google, let’s read along to Disney” (Hai Google, mari kita membaca bersama Disney), dan mulailah membaca dengan keras.

Postcomended   Kota Sepi di Jepang Ini Terapkan "Banyak Anak Banyak Rezeki"

Setelah fitur itu dimulai, speaker cerdas Google akan mendengarkan orang tua atau anak yang membaca buku yang kompatibel tersebut dengan keras, lalu Google Home akan menambahkan efek suara, atau mengubah musik, serta mencocokkannya dengan alur cerita.

Teknologi ini juga mempunyai kemampuan mendeteksi ketika Anda berhenti membaca atau melompat ke depan. Dalam kasus tersebut, suara musik atau ambient akan menyesuaikan agar sesuai dengan lokasi Anda di dalam cerita. Dalam kasus tersebut, suara musik ambient akan menyesuaikan agar sesuai dengan lokasi Anda di dalam cerita.

Dikutip dari The Variety, akhir tahun ini perusahaan berencana menambahkan fungsionalitas itu ke judul buku tambahan. Buku cerita yang kompatibel tersebut akan ditempatkan di samping Google Home Mini di bagian buku dari banyak pengecer besar, termasuk Walmart dan Target. Google dan Disney juga bekerja sama bulan lalu di beberapa game berbasis Google Home.

Postcomended   Ketika Orangtua Menganggap Anak-anaknya Hanya Berkhayal

Namun diungkapkan bahwa tes singkat yang digelar minggu ini mengungkapkan bahwa fitur baru mungkin tidak selalu berfungsi sebagaimana mestinya. Artinya, sebagian besar dongeng klasik tidak memiliki banyak momen efek-suara.

Untuk dapat mengoperasikan teknologi ini, harus dilengkapi speaker cerdas Google yang dapat dibeli dengan harga —jika melihat satu sumber– 49 dollar AS (sekitar Rp 735.000/kurs Rp 15.000). Sedangkan “Little Golden Book” di situs Ebay dijual seharga 11,99 dollar AS (atau sekitar Rp 180.000/kurs Rp 15.000). Belum diketahui, apakah buku cerita ini dapat diperoleh di Indonesia selain melalui pembelian online.***

 


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top