Ekonomi

Ketika Trump Menekan Cina menggunakan iPhone dengan Komponen Terbesar Asal Cina #SURUHGOOGLEAJA

Trump's iPhone only has Twitter installed - Business Insider Business Insider donald trump phone

Trump’s iPhone only has Twitter installed – Business Insider Business Insider donald trump phone

Presiden AS Donald Trump sering mencuit dari iPhone-nya tentang menekan Cina untuk mengatasi surplus perdagangan dengan Amerika Serikat (AS) senilai 375 miliar dolar AS. Tetapi jika melihat lebih dekat pada smartphone Apple, terungkap bagaimana terjadi ketidakseimbangan perdagangan yang besar dalam isu perang dagang AS-Cina, dimana Trump diharapkan memberlakukan tarif impor Cina minggu ini dengan salah satu alasannya karena produk elektronik impor AS terbesar berasal dari Cina.

Dalam tulisan Adam Jourdan yang dilansir Japan Today, disebutkan, IPhone Apple Inc, bagaimanapun merupakan gambaran bagaimana ketidakseimbangan itu sebagian besar disebabkan impor produk bermerek Amerika, namun pemasok global untuk suku cadang disatukan di Cina lalu dikirim ke seluruh dunia.
IHS Markit, perusahaan penyedia jasa informasi dan analisis yang berbasis di london, Inggris, memperkirakan bahwa biaya total komponen iPhoneX sebesar 370,25 dolar AS. Dari jumlah itu, 110 dolar dikirim ke Samsung Electronics di Korea Selatan untuk memasok display. Lainnya, 44,45 dolar AS, pergi ke Toshiba Corp Jepang dan SK Hynix Korea Selatan untuk chip memori.
Pemasok lain dari Taiwan, AS sendiri, dan Eropa, juga mengambil porsi mereka. Sementara itu perakitannya yang dilakukan oleh produsen kontrak di Cina seperti Foxconn, hanya mewakili sekitar 3-6 persen dari biaya produksi.
Namun statistik perdagangan AS saat ini, bagaimanapun, menghitung sebagian besar biaya produksi dalam angka ekspor Cina, yang telah mendorong badan-badan global seperti Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) untuk mempertimbangkan perhitungan alternatif termasuk di mana nilai ditambahkan.
Dampaknya pada data ekspor untuk iPhone saja bisa menjadi besar.

Data dari peneliti Counterpoint dan IHS Markit menunjukkan, Apple mengirim 61 juta iPhone ke AS tahun lalu, dengan setiap unitnya menghabiskan rata-rata 258 dolar untuk membuat setiap iPhone 7 dan 7 Plus.

Buruh Pabrik Komponen iPhone Digaji Rendah dan Lembur Tanpa Upah ... Kompas Tekno Salah satu pekerja di pabrik penyuplai komponen Apple di China.(The Verge)

Buruh Pabrik Komponen iPhone Digaji Rendah dan Lembur Tanpa Upah … Kompas Tekno Salah satu pekerja di pabrik penyuplai komponen Apple di China.(The Verge)

Dengan menggunakan perhitungan kasar, bisa berarti seri iPhone 7 menambahkan 15,7 miliar dolar untuk defisit perdagangan AS dengan Cina tahun lalu, atau sekitar 4,4 persen dari nilai total. Itu termasuk sekitar 22 persen dari 70 miliar dolar AS dalam impor ponsel dan barang-barang rumah tangga yang berasal dari Cina.

Postcomended   Perempuan Australia Dibui Setelah Meraup Uang Ratusan Juta dari Pura-pura Mengidap Kanker
“Dengan iPhone, di mana Cina hanyalah perakit akhir, sebagian besar nilai (yang disumbangkan oleh Cina) hanyalah tenaga kerja daripada komponen itu sendiri,” kata John Wu, seorang analis ekonomi lembaga “think tank” yang berbasis di AS, Yayasan Teknologi dan Inovasi.
Louis Kuijs, kepala penelitian ekonomi Asia di Oxford Economics, mencatat bahwa perusahaan AS yang menggunakan rantai pasokan global untuk memproduksi produknya di Cina, akan terjebak dalam baku tembak perang dagang.

“Itu adalah alasan penting mengapa gesekan perdagangan AS-Cina akan menyebabkan ‘kerusakan kolateral’ terutama di negara Asia lainnya,” katanya, menambahkan bahwa dalam nilai tambah, defisit perdagangan AS dengan Cina hanya 239 miliar dolar pada tahun lalu. Terkait hal ini, Apple disebut telah menanggapi kekhawatiran Trump dengan janji untuk membawa beberapa pemasok ke negeri sendiri.***

#iphone #apple #samsung #iphone6 #smartphone #phone #iphone6s #mobile #ipad #android #macbook #ios #iphone5 #iphone7 #iphone6plus #case #htc #applewatch #iphone4 #iphone5s #asus #iphone6splus #xiaomi #oppo #lenovo #galaxy #google #samsunggalaxy #samsungcase #iphoneonly

Prihatin Kondisi Buruh Pabrik Apple Tiongkok | Membedah Semua Teknologi bedahtekno.com

Prihatin Kondisi Buruh Pabrik Apple Tiongkok | Membedah Semua Teknologi bedahtekno.com

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top