Ekonomi

Kini Go-Jek Bisa Perantarai Pinjaman untuk Beli Rumah atau Pendidikan #SURUHGOOGLEAJA

Share the knowledge

Sadar bahwa persaingan dengan sesama perusahaan ojek online ketat, Go-Jek justru memimpin keuntungan di jasa sampingan dengan meluncurkan Go-Food, Go-Send, dll. Kini perusahaan jasa transportasi online asli Indonesia ini juga melakukan diversifikasi usaha dengan menggandeng tiga startup financial technology (fintech). Melalui aplikasi ini, ekosistem Go-Jek bisa meminjam untuk membeli rumah, biaya pendidikan, dan usaha kecil.

Dilansir laman Reuters, Go-Jek mengatakan Selasa (4/9/2018) akan bermitra dengan tiga perusahaan peminjaman peer-to-peer (P2P lending) sebagai startup yang ingin memperluas layanan teknologi keuangannya di negara ekonomi terbesar Asia Tenggara ini.

Mitra-mitra yang digandeng Go-Jek dengan pola kemitraan strategis ini adalah Findaya, Dana Cita, dan Aktivaku. Pinjaman P2P adalah suatu bisnis yang mempertemukan para pemberi pinjaman (investor) dengan para pencari pinjaman (borrower), dimana perusahaan akan menawarkan profil si peminjam kepada para pemberi pinjaman.

Go-Jek yang kini telah didukung Google Alphabet Inc dan Tencent Holdings, Cina, sebut Reuters, telah berkembang pesat sejak diluncurkan delapan tahun lalu di Indonesia, sebuah negara dengan populasi lebih dari 250 juta orang.

Postcomended   Anggota Separatis Papua Satu demi Satu Menyerahkan Diri

Go-Jek kini sudah menawarkan berbagai layanan berbasis aplikasi di luar transportasi manusia, seperti pengiriman makanan atau tiket film, karena bersaing dengan aplikasi utama lainnya yang beroperasi di Indonesia, Grab, yang berbasis di Singapura; yang kini telah mengakuisisi usaha sejenis asal Amerika Serikat, Uber.

“Kami percaya bahwa kolaborasi yang kuat antara penyedia layanan keuangan dan perusahaan teknologi dapat menjangkau lebih banyak orang yang mengalami kesulitan dalam mengakses layanan keuangan, seperti masyarakat yang tidak memiliki rekening bank,” kata presiden Go-Jek, Andre Soelistyo dalam sebuah pernyataan.

Pinjaman P2P adalah bisnis berbasis internet di mana pemilik usaha kecil atau individu yang biasanya tanpa akses ke kredit bank dapat mencari pinjaman. Diharapkan aplikasi ini akan  membantu meringankan kekurangan pembiayaan yang diperkirakan mencapai lebih dari 73 miliar dollar AS (lebih dari Rp 1.000 triliun) di Indonesia.

Kemunculan platform pinjaman P2P sejauh ini disambut baik oleh regulator keuangan Indonesia yang melihat mereka menawarkan layanan yang sangat dibutuhkan bagi bisnis dan konsumen yang mengalami kekurangan pendanaan pada saat ekonomi Indonesia tertatih-tatih oleh pinjaman bank yang lamban.

Postcomended   Maskapai Penerbangan Terbaik Dunia 2018 Versi Skytrax: Garuda Ada di...

Hendrikus Passagi, Direktur Pengaturan, Perizinan dan Pengawasan Fintech (financial technology) Otoritas Jasa Keuangan (OJK), seperti dilansir laman Selular.id, menyambut baik kerja sama antara Gojek dengan ketiga fintech ini.

Kinantia, Vice President Findaya, mengatakan, Findaya dan Go-Jek memiliki semangat dan misi sosial yang sama untuk membantu masyarakat mengakses lebih banyak pilihan jasa keuangan secara cepat, mudah, dan bertanggung jawab.

Sementara itu Dana Cita yang fokus pada layanan pembiayaan untuk Pendidikan mengatakan, pihaknya yakin platform mereka dapat memudahkan anggota ekosistem Go-Jek mengakses layanan keuangan terutama yang terkait dengan pembiayaan pendidikan. “Visi kami adalah memperluas akses pendidikan bagi semua pelajar dengan menurunkan kendala keuangan,” kata Susli Lie, Co-Founder Dana Cita, seperti dilaporkan laman Selular.id.

Ricky Gandawijaya, Co-Founder Aktivaku yakin melalui kerja sama dengan platform Aktivaku, anggota ekosistem Gojek bisa mendapatkan layanan pembiayaan yang aman dan transparan.
“Kami bisa memberikan pilihan layanan pembiayaan perumahan bagi anggota ekosistem Gojek yang membutuhkan. Aktivaku juga mendukung pengembangan anggota ekosistem melalui kemudahan akses permodalan bagi usaha kecil dan menengah,” ujarnya.***

Postcomended   Eropa Terancam Kehilangan Konsep Ayah, Ibu, Suami, dan Istri #HariAyahNasional

 


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top