Internasional

Kirtland Dikeluarkan dari “Ruang Gawat Darurat” Hewan Terancam Punah Sejak ’67

Share the knowledge

Ditetapkan sebagai hewan terancam punah sejak 1967, jumlah burung penyanyi Kirtland dinyatakan pulih dan dikeluarkan dari daftar merah. (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=WSpxy1NCC5Q)

Ditetapkan sebagai hewan terancam punah sejak 1967, jumlah burung penyanyi Kirtland dinyatakan pulih dan dikeluarkan dari daftar merah. (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=WSpxy1NCC5Q)

Kabar antiklimaks yang membahagiakan datang dari burung penyanyi Kirtland. Burung ini akan dikeluarkan dari daftar spesies yang dilindungi setelah ditetapkan sebagai terancam punah selama lebih dari setengah abad, Pemerintah Federal AS mengumumkan Selasa (8/10/2019).

Layanan Ikan dan Kehidupan Liar AS mengkreditkan kerja tim di antara banyak agensi dan kelompok nirlaba dengan keberlangsungan burung penyanyi (warbler) ini, yang telah menjadi korban tuntutan dan persaingan atas “habitat pilih-pilihnya sendiri” dari burung predator brown-headed cowbird.

Meski dikeluarkan dari hewan yang dilindungi, langkah-langkah yang sama yang mengatasi ancaman-ancaman itu akan dibutuhkan di masa depan untuk mencegah kemunduran kembali jumlah burung penyanyi kecil berperut kuning ini, kata para pejabat.

“Kami telah beralih dari membawa spesies ini keluar dari ruang gawat darurat ke menyediakannya stabilitas jangka panjang,” kata Dan Kennedy, koordinator spesies terancam punah Departemen Sumber Daya Alam Michigan, Amerika Serikat (AS). “Tugasnya sekarang adalah memastikan bahwa spesies ini terus memiliki populasi yang sehat.”

Pejabat mengumumkan keputusan itu pada konferensi pers di East Lansing, Michigan. Keputusan ini mulai berlaku 8 November 2019, mengikuti daftar 30 hari di Federal Register.

Ahli biologi menggambarkan burung-burung perang Kirtland sebagai salah satu burung yang secara geografis paling terbatas di benua AS. Mereka bersarang di tanah di bawah pinus muda jack di Michigan utara, bagian dari Wisconsin dan provinsi Ontario Kanada. Jika pohon menjadi terlalu tua atau besar, mereka tidak lagi merasa cocok; membuatnya dijuluki burung yang picky; pilih-pilih.

Postcomended   Disebut Puji Penembakan di Christchurch, Seorang Pria Serang Masjid di Oslo

Kebakaran hutan secara historis melanda wilayah ini setiap beberapa dekade, membakar pinus jack yang tumbuh terlalu besar dan membuka kerucut terbuka yang menghasilkan pohon baru; dan ini membantu melestarikan Kirtland. Tetapi penindasan oleh kebakaran belakangan ini yang merusak, telah mengganggu siklus itu, dan wilayah yang “ramah-burung-penyanyi” menjadi sangat kecil.

Untuk memperbesar kembali habitat Kirtland, lembaga mengembangkan sistem penebangan pohon pinus yang tumbuh terlalu besar dan menanam kembali yang baru untuk meniru apa yang sebelumnya dilakukan alami oleh alam.

Terdaftar sebagai terancam punah pada 1967, populasi Kirtland mencapai rekor terendah dengan hanya tersisa 167 pasang. Tapi gelombang akhirnya berbalik. Jumlah Warbler naik terus di tahun 1990-an dan telah di atas target pemulihan 1.000 pasang selama 17 tahun. Sensus terakhir menempatkan mereka di sekitar 2.300 pasangan.

Postcomended   Guatemala Ikuti Jejak AS Bakal Pindahkan Kedubesnya ke Yerusalem

“Sementara para ilmuwan telah menyaksikan penurunan besar-besaran yang menyebabkan 3 miliar lebih sedikit burung di seluruh negeri, perlindungan Endangered Species Act telah menghasilkan peningkatan lebih dari 10 kali lipat pada warbler Kirtland,” kata Noah Greenwald, direktur spesies langka untuk Pusat Keanekaragaman Biologi.  “Pemulihan warbler Kirtland adalah sinyal yang jelas bahwa Endangered Species Act bekerja.”

Mengendalikan “Si Penyelundup”

Cowbird diketahui memiliki pola hidup “curang” dengan bertelur di sarang burung penyanyi lainnya, termasuk warbler. Ketika anak cowbird menetas, mereka yang berpostur lebih kuat mengalahkan anak-anak asli warbler yang akhirnya mati kelaparan karena orang tua mereka tidak sadar memberi makan para penyelundup.

Layanan Ikan dan Kehidupan Liar menempatkan perangkap di zona warbler dengan umpan atau makanan. Setelah ditangkap, para cowbirds ditidurkan. Tim pakar negara bagian dan federal, peneliti universitas, dan kelompok sukarelawan akan terus memantau para warbler setidaknya selama 12 tahun.

Tetapi kelangsungan hidup jangka panjang mereka akan bergantung pada kelanjutan pengelolaan habitat dan pengendalian Cowbirds, yang didanai oleh pemerintah, pendukung swasta dan pembayaran oleh perusahaan kayu yang menebang pinus jack; jeni pohon yang berguna untuk membuat bubur kertas dan kertas.

Para ilmuwan juga akan mengawasi Bahama, tempat para warbler menghabiskan musim dingin. Meskipun Badai Dorian menghancurkan bagian-bagian Bahama, namun tidak ada kerusakan besar pada daerah yang paling populer dengan burung-burung itu, kata Hicks.

Postcomended   Cina Surplus, Tarif Tak Bikin Selera Orang Amerika Berkurang pada Produk Cina

Keberadaan warbler Kirtland telah meningkatkan pariwisata di lima pedesaan di Michigan utara yang memiliki jumlah habitat Kirtland terbesar; menarik pengamat burung dari seluruh dunia.

“Mereka adalah tokoh utama dalam kisah sukses,” kata Abby Ertel dari kelompok nirlaba Huron Pines, anggota tim yang akan mengawasi upaya pelestarian warbler di masa depan. “Jika mereka baik-baik saja, itu juga berarti hutan sehat, airnya sehat, makhluknya juga sehat, begitu juga kita.”***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top