Internasional

Komputer Pendeteksi Tumor Ini Super Kecil, Bandingkan dengan Sebutir Beras

(sumber foto: Engadget)

Para ilmuwan “tidak membiarkan” komputer terkecil milik IBM tidak tertandingi. Akademisi Amerika Serikat (AS) telah menciptakan “komputer” yang nyaris tidak bisa dilihat secara kasat mata. Jika dibandingkan dengan sebutir beras, ukurannya bisa 100 kalinya. Dilaporkan laman Engadget, komputer pengukur suhu ciptaan Universitas Michigan ini ukurannya hanya 0,04 milimeter kubik, atau sekitar sepersepuluh ukuran mantan perekam milik IBM.

Ini sangat kecil sehingga satu butir beras tampak sangat besar jika dibandingkan. Komputer ini juga sangat sensitif sehingga LED transmisinya dapat memicu arus di sirkuitnya.

Keterbatasan ukuran memaksa para peneliti untuk kreatif mengurangi efek cahaya. Mereka beralih dari dioda ke kapasitor yang dialihkan, dan harus melawan peningkatan relatif kebisingan listrik yang berasal dari perangkat yang beroperasi, yang menggunakan begitu sedikit daya.

Postcomended   Melahap Siput Kebun yang Terinfeksi Cacing, Pemuda Ini Lumpuh lalu Meninggal

Hasilnya adalah sensor yang dapat mengukur terjadinya perubahan di daerah yang sangat kecil, seperti di sekelompok sel di tubuh Anda. Para ilmuwan telah menduga bahwa suhu tumor, misalnya, sedikit lebih panas daripada jaringan yang sehat, tetapi sulit memverifikasinya sampai sekarang.

Perangkat super kecil ini bisa memverifikasi klaim tersebut dan, jika terbukti benar, dapat mengukur efektivitas perawatan kanker. Tim juga membayangkan ini akan membantu mendiagnosis glaukoma dari dalam mata, memantau proses biokimia, dan bahkan mempelajari siput-siput kecil.

Ukurannya yang kecil memaksa Universitas untuk menjelaskan komputer apakah ini sebenarnya. Komputer ini memiliki prosesor penuh (berdasarkan desain ARM Cortex-M0 +), tetapi bisa kehilangan semua data ketika kehilangan daya, sama seperti perangkat milik IBM.***

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top