Sergei Skripal - story of the man at centre of spy story - Top Ten ... Top Ten Media Sergei Skripal – story of the man at centre of spy story

Sergei Skripal – story of the man at centre of spy story – Top Ten … Top Ten Media Sergei Skripal – story of the man at centre of spy story

Hubungan Rusia dengan negara-negara Eropa dan Amerika Serikat (AS) serta sekutu-sekutunya memanas, ketika mantan mata-mata Rusia, Sergei Skripal, dan putrinya, Yulia Skripal, ditemukan roboh di bangku taman di Salisbury, Inggris, pada 4 Maret silam. Konsentrasi tinggi agen saraf ditemukan di pintu depan rumah mereka. Hingga kini, keduanya masih dalam kondisi kritis.

Polisi mengatakan, seperti dilaporkan BBC, penyelidikan akan fokus pada alamat rumah mereka di Christie Miller Road, seraya menyatakan risiko bagi penduduk setempat rendah. Jejak agen saraf telah ditemukan di beberapa lokasi lain di kota, tetapi mereka pada konsentrasi yang lebih rendah.

Koresponden keamanan, Gordon Corera, mengatakan, konsentrasi tertinggi ditemukan pada pegangan pintu rumah Skripal, dan bisa diaplikasikan melalui “substansi gloopy yang bisa dioleskan pada pegangan pintu itu”.

Dia menambahkan itu akan menjelaskan mengapa agen saraf mungkin ditemukan di mobil Skripal – yang telah disita polisi – atau restoran di mana mereka makan yang telah ditutup oleh detektif.

 

Sekitar 250 petugas anti terorisme terus bekerja dalam kasus ini, memeriksa 5.000 jam rekaman CCTV dan 1.350 item yang telah disita. Wakil Asisten Komisaris Dean Haydon mengatakan, kemungkinan polisi akan bekerja di TKP berminggu bahkan berbulan-bulan ke depan.

Perdana Menteri Inggris, Theresa May, mengatakan, bahan kimia yang digunakan dalam serangan itu adalah bagian dari sekelompok agen saraf yang dikembangkan oleh Rusia yang dikenal sebagai Novichok.”Tidak ada kesimpulan alternatif selain bahwa negara Rusia bersalah,” ujar May. 

Atas kejadian ini, pemerintah Inggris  telah mengusir 23 diplomat Rusia dari Inggris. Selain itu, setidaknya 26 negara, termasuk sekutu AS dan Eropa, mengusir lebih dari 130 diplomat Rusia.

Pemerintah Rusia telah membantah keterlibatan dalam serangan itu dan telah bersumpah akan membalas serangan “provokatif” tersebut.  Dalam tanggapan balasannya, Rusia telah mengusir 23 diplomat Inggris dari Moskow.

Menteri Luar Negeri Inggris, Boris Johnson, mengatakan, serangan agen saraf telah mengkristalkan “gelombang global jijik” terhadap Rusia. “Belum pernah ada pengusiran kolektif para diplomat Rusia pada skala yang telah kita lihat selama beberapa hari terakhir ini.”

Siapa Sergei Skripal? Kolonel Skripal adalah pensiunan perwira militer Rusia yang dinyatakan bersalah karena menyerahkan identitas agen intelijen Rusia yang bekerja di Eropa di Secret Intelligence Service, MI6.

Dia dipenjarakan selama 13 tahun oleh Rusia pada 2006. Pada Juli 2010, dia adalah salah satu dari empat tahanan yang dibebaskan oleh Moskow dengan ditukar dengan 10 mata-mata Rusia yang ditangkap oleh biro investigasi federal AS (FBI). Dia kemudian diterbangkan ke Inggris. Istri dan anak laki-laki Skripal dilaporkan telah meninggal.(***/bbc)

Share the knowledge