Politik Dua Kaki, Menjadi Sebab Qatar Dimusuhi | Tagar News Tagar News753 × 439Search by image Konflik Qatar

Politik Dua Kaki, Menjadi Sebab Qatar Dimusuhi | Tagar News Tagar News753 × 439Search by image Konflik Qatar

Bukan negara terkaya di dunia namanya kalau menyerah begitu saja karena diboikot negara-negara jirannya. Diboikot pasokan susu sapi oleh Arab Saudi, Qatar malah datangkan ribuan sapi dari Budapest, Hongaria. Rejeki Hongaria tidak akan tertukar.

Sapi-sapi holstein itu menumpang pesawat kargo Qatar Airways, Selasa (11/7/17), yang merupakan kloter pertama dari 60 kloter yang akan membawa lebih dari 4.000 sapi. Jumlah ini diperkirakan akan memenuhi sepertiga kebutuhan susu Qatar.

Impor sapi-sapi ini disebut tidak semata-mata karena ditutupnya jalur pasokan makanan oleh Arab Saudi cs, melainkan untuk misi sektor ekonomi yang lebih besar terkait mulai menipisnya kandungan minyak Qatar.

Postcomended   Insinyur Australia Via Google Earth Klaim Temukan Bangkai MH370 Penuh Lubang Peluru

Sapi-sapi itu diimpor oleh Kepala Power International Holding, Mountaz Al Khayyat, seorang pengusa Doha yang bidang utama bisnisnya adalah konstruksi. Dia melihat peluang bisnis baru.

Sebelumnya, Qatar mengimpor sebagian besar produk makanan, termasuk susu, dari Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. Namun sejak Arab Saudi menutup satu-satunya jalur pasokan ke Qatar, berbagai pasokan produk makanan dari negeri-negeri jiran Qatar itu terhenti.

Untunglah Turki dan Iran tak membiarkan sekutunya itu kelaparan dengan mengirim buah, sayuran, dan produk susu ke Doha. (https://www.voaindonesia.com/a/qatar-atasi-boikot-susu-/3942233.html).

Akibat pemboikotan itu, warga di Doha memenuhi supermatket untuk menimbun bahan pangan. Maklum, negeri gersang ini 80% pasokan bahan pangannya hasil impor. Warga sempat menimbun susu produk terakhir asal Arab Saudi, Almarai. Namun belakangan mereka menyesal.

Postcomended   SINERGI KUAT GUNA MELINDUNGI HAK PEREMPUAN

Sekarang mereka dikabarkan lebih memilih susu asal Turki meskipun rasanya aneh. Sedangkan susu Almarai yang tersisa di swalayan tampak memasang tanda diskon.

Dalam sebuah wawancara di saluran berita Al Arabiya milik Arab Saudi, seorang analis politik mengatakan Qatar akan menyerah karena warga sulit menyesuaikan diri dengan makanan Turki dan Iran.

Pada Senin, 5 Juni 2017 pagi, Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab, dan Mesir, menyatakan memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar. Alasannya, Qatar dianggap mendanai ekstremisme. Namun Qatar selalu membantah tuduhan tersebut.

Ke-4 negara Arab itu mengusir diplomat Qatar dari dan menyatakan bakal menghentikan hubungan darat, laut dan udara dengan Qatar.

Sementara itu Qatar tetap konsisten dengan keputusan untuk tidak melakukan tindakan pembalasan terhadap negara-negara Arab. 

Share the knowledge