Fidget Spinner or Fidget Cube (1-, 2-, or 3-Pack) | Groupon Groupon700 × 420Search by image Fidget Spinner or Fidget Cube (1-, 2-, or 3-Pack)

Fidget Spinner or Fidget Cube (1-, 2-, or 3-Pack) | Groupon Groupon700 × 420Search by image Fidget Spinner or Fidget Cube (1-, 2-, or 3-Pack)

Dalam satu postingan Facebook pada akun pemadam kebakaran Dacatur Township Fire Department, Indiana, Amerika Serikat (AS), disebutkan seorang anak perempuan duduk di jok belakang mobil bersama dengan orang tuanya.

Ia asyik memainkan fidget spinner hingga tiba-tiba salah satu bantalan logamnya patah dan masuk ke dalam mulutnya. Agar benda tersebut keluar, punggungnya ditepuk-tepuk.

Alih-alih termuntahkan, bantalan logam ini justru makin masuk hingga ia pun langsung dilarikan ke rumah sakit. Dari foto x-ray tampak benda tersebut sudah ada dalam perutnya. Berkat kecekatan tenaga medis, logam tersebut bisa dikeluarkan. Peristiwa ini bukan yang pertama. Belum lagi banyak pihak menyatakan alih-alih dapat membuat anak fokus dan konsentrasi, justru sebaliknya.

Postcomended   Batal Konser di Indonesia, Bieber Lelah atau Religius?

Karena itu, satu kelompok pemerhati konsumen mengingatkan para orang tua untuk berpikir dua kali jika akan membelikan fidget spinner. World Against Toy Causing Harm (WATCH), satu lembaga perlindungan konsumen Amerika Serikat (AS), pada 21 Juni 2017 mengatakan “fidget spinner” adalah mainan yang berbahaya.

Mainan yang sudah dilarang di banyak sekolah di AS ini bisa terpisah menjadi pecahan-pecahan kecil yang menimbulkan bahaya tersedak.

WATCH mengatakan baru-baru ini beberapa anak di Texas dan Oregon telah dilarikan ke rumah sakit karena tersedak potongan “fidget spinner”.

Fidget spinner lebih dulu populer di AS. Mainan ini bahkan masuk dalam 10 jenis mainan paling laris di Amazon.com pada bulan Mei 2017.

Apa itu Fidget Spinner

“Fidget”’ dalam bahasa Indonesia berarti gelisah atau cemas, sedangkan ‘spinner’ berarti pemutar. Secara umum, alat kecil seukuran jari ini dimainkan untuk mengusir rasa bosan atau cemas.

Postcomended   Kawah Sileri Sudah Renggut Ratusan Nyawa

Mainan ini telah ada sejak lama, namun baru mulai terkenal tahun ini di Indonesia.

Dilansir CBS News, fidget spinner terbuat dari plastik, memiliki tiga cabang berlubang. Pengguna bisa memutarnya hanya dengan menggunakan jari, dan memegang bagian tengahnya.

Live Science menulis, banyak fidget spinner dipasarkan dengan tujuan membantu para penderita kecemasan berlebihan, autisme dan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).

Bahkan, salah satu penjual fidget spinner di Amazon.com menjanjikan penggunanya bisa memiliki konsentrasi yang lebih tinggi, ditambah mampu memunculkan sifat jenius yang tersembunyi di dalam diri.

Namun banyak ilmuwan tidak setuju, di antaranya Mark Rappaport, psikolog dari University of Central Florida. “Menggunakan fidger spinner lebih berfungsi sebagai pengalihan daripada memberikan manfaat bagi penderita ADHD,” ujar Rappaport.

Postcomended   Lagu Paling Sering Diputar di Radio ini Dituduh Menjiplak