Korea Utara dan Korea Selatan Bersatu di Asian Games 2018 – VIVA Viva Share. VIVA – Korea Utara dan Korea Selatan ...

Korea Utara dan Korea Selatan Bersatu di Asian Games 2018 – VIVA Viva Share. VIVA – Korea Utara dan Korea Selatan …

Asian Games Tahun 2018 tinggal menunggu beberapa bulan lagi. Namun, pelaksaanannya ternyata ada hubungannya dengan perdamaian Korea Utara dan Korea Selatan beberapa waktu lalu. Perdamaian yang terjadi antara Korea Utara dan Korea Selatan lewat KTT antara Korea beberapa waktu lalu menyisakan kebahagiaan bagi masyarakat di kedua negara maupun dunia tak terkecuali di Indonesia.
Indonesia sendiri rupanya menyambut dengan baik perdamaian tersebut bahkan mendukungnya. Pada Selasa, 1 Mei yang bertepatan dengan hari buruh internasional kemarin Presiden Joko Widodo bertemu dengan dua perwakilan yang berasal dari dua negara tersebut. Konon, perdamaian tersebut menguntungkan Asian Games di Tahun 2018.

Fakta Unik Perdamaian Korea Utara-Selatan yang Menguntungkan Asian Games Tahun 2018
Tepatnya di Istana Merdeka yang bertempat di Jakarta, Presiden Joko Widodo menyempatkan waktu untuk bertemu dengan dua perwakilan dari kedua negara yang baru saja berdamai. Dua perwakilan yang berasal dari semenanjung Korea tersebut adalah Kim Chang Beom yang merupakan Dubes Korea Selatan serta An Kwang Il yang merupakan Dubes Republik Demokrat Korea.
Apa yang menjadi perbincangan orang-orang berpengaruh tersebut? Berikut ini adalah fakta unik usai perdamaian Korea Utara dan Korea Selatan yang disebut menjadi nilai plus bagi pelaksanaan Asian Games Tahun 2018.
Pertemuan diadakan sebagai simbol perekatan hubungan kedua kubu
Acara pertemuan yang melibatkan orang nomor satu di Indonesia dan para Duta besar tersebut tidak lain adalah sebagai tanda perekatan hubungan diantara Korea Selatan dengan Korea Utara. Dalam pertemuan tersebut, orang-orang penting ini juga mengangkat maskot unik untuk gelaran Asian Games Tahun 2018.
Bahkan, tidak tanggung-tanggung dalam pertemuan tersebut Presiden Joko Widodo juga mengharapkan kedua negara yang pernah berseteru ini ikut andil serta mendukung terselenggaranya Asian Games Tahun 2018 yang dilaksanakan di Indonesia. Ia bahkan tidak lupa menyampaikan harapan agar perhelatan akbar Asian Games ini tidak hanya dijadikan sebagai ajang olahraga saja namun juga sebagai perdamaian dan persahabatan.
Kedua Duta Besar memberikan dukungan penuh untuk Asian Games
Menanggapi harapan dari pihak Indonesia, rupanya niatan baik ada pada kedua Dubes yang bertemu dengan Presiden Joko Widodo tersebut. Dua Duat Besar yang berasal dari Korea Utara dan Korea Selatan menyambut baik Asian Games Tahun 2018 dan memberikan dukungan total atas suksesnya penyelenggaraan gelaran olahraga besar tersebut.
Perdamaian kubu yang berseteru tersebut dipercaya lebih kuat lagi dengan adanya perhelatan Asian Games di tahun 2018. Konon, olahraga memberikan nilai plus bahkan bisa dikatakan lebih penting dari yang hanya sekedar menang dan kalah. Olahraga juga bisa menjadi pemersatu negara tersebut. Karena itu, Asian Games mendatang dapat menjadi ajang yang memperkuat negara di kawasan Asia salah satunya Korea.
Terakhir, para pertemuan tersebut, Indonesia rupanya sia berperan dalam proses perdamaian kedua negara dan bahkan sia untuk memfasilitasi pertemuan Donald Trump dengan Kim Jong Un.