Buy me a coffeeBuy me a coffee
Ekonomi

Kurangi Ketergantungan pada Cina, Pentagon Bakal Garap “Mineral Tanah Jarang” dengan Australia

Share the knowledge

Tanah jarang adalah sekelompok 17 mineral yang bahannya ditemukan pada jet tempur, tank, dan barang elektronik berteknologi tinggi. (Gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=xqoQfN9DgNs)

Tanah jarang adalah sekelompok 17 mineral yang bahannya ditemukan pada jet tempur, tank, dan barang elektronik berteknologi tinggi. (Gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=xqoQfN9DgNs)

Pentagon sedang dalam pembicaraan dengan Australia untuk menjadi tuan rumah fasilitas yang akan memproses mineral tanah jarang (rare  earth minerals), suatu upaya mengurangi ketergantungan pada Cina untuk bahan khusus yang digunakan dalam peralatan militer.

Hal tersebut diungkapkan seorang pejabat senior Amerika Serikat (AS). Dorongan itu datang ketika Cina mengancam bakal mengekang ekspor tanah jarang ke AS. Tanah jarang adalah sekelompok 17 mineral yang bahannya ditemukan pada jet tempur, tank, dan barang elektronik berteknologi tinggi.

Cina adalah pengolah dan produsen mineral terbesar di dunia. Tidak ada pengganti yang diketahui. “Kami prihatin tentang kerapuhan dalam rantai pasokan dan terutama di mana musuh mengendalikan pasokan,” Ellen Lord, sekretaris pertahanan Pentagon untuk akuisisi dan dukungan, mengatakan kepada wartawan di sebuah acara di Washington, Senin (26/8/2019), dilansir Reuters.

Lord mengatakan, Pentagon (Departemen Pertahanan AS) mencari beberapa opsi untuk bermitra di fasilitas pemrosesan tanah jarang, seraya menambahkan bahwa salah satu opsi potensial tertinggi adalah bekerja sama dengan Australia. Kedutaan Besar Australia untuk AS di Washington tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Postcomended   28 Oktober dalam Sejarah: Pejabat Kolonial Belanda Sempat Meremehkan Sumpah Pemuda

Pembaruan Pentagon datang setelah AS mengatakan awal tahun ini bahwa akan melihat Australia dan Kanada untuk mengembangkan cadangan tanah jarang di seluruh dunia untuk mengurangi ketergantungan global pada Cina.

AS juga telah mengadakan pembicaraan dengan proyek-proyek tanah jarang di seluruh Afrika. Lord mengatakan dia telah mengadakan beberapa pembicaraan dengan pejabat Australia tahun ini tentang apakah pabrik seperti itu dapat memasok kebutuhan Pentagon.

Postcomended   24 November dalam Sejarah: Freddie Mercury Meninggal Sehari Setelah Mengumumkan Mengidap AIDS

Presiden AS, Donald Trump, bulan lalu memerintahkan Pentagon untuk menemukan cara yang lebih baik untuk mendapatkan sejumlah magnet yang terbuat dari tanah jarang, memperingatkan bahwa pertahanan negara akan menderita tanpa cadangan yang memadai.

Lynas Corp (LYC.AX) Australia adalah penambang dan prosesor tanah jarang terbesar di dunia di luar Cina. Tidak segera jelas apakah Pentagon akan bermitra dengan Lynas atau entitas Australia lainnya.***

Postcomended   AS Jatuhkan Sanksi Baru; Menuduh Negara Ini Berupaya Menipu PBB

 


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply


Buy me a coffeeBuy me a coffee
Buy me a coffeeBuy me a coffee
To Top