Messenger world championships go to the rookies in Guatemala ... VeloNews.com640 × 427Search by image 2010 Cycle Messenger World Championships

Messenger world championships go to the rookies in Guatemala … VeloNews.com640 × 427Search by image 2010 Cycle Messenger World Championships

Para kurir sepeda terbaik dan tercerdas dari seluruh dunia, akan berlaga di kejuaraan dunia kurir sepeda, Cycle Messenger World Championship (CMWC) 2017. Siapa sangka, di tengah hiruk pikuk ojek online, di Indonesia juga berkembang komunitas kurir sepeda ala film “Premium Rush” ini. Dan mereka siap berkompetisi di ajang tersebut yang akan digelar10-14 Agustus 2017 di Montreal, Kanada.

Indonesia akan menjadi salah satu dari tiga negara yang mewakili Asia dalam ajang ini. Dua lainnya adalah Taiwan dan Jepang. Mereka menjadi bagian dari 300 peserta dari 27 negara yang mengikuti CMWC 2017.

CMWC adalah kompetisi tahunan kurir sepeda paling bergengsi di dunia. Di ajang ini, fisik dan mental para peserta akan diuji. CMWC tahun ini bakal terasa istimewa karena bertepatan dengan ulang tahun perak mereka sejak didirikan di Berlin 1993.

Tim kurir sepeda Indonesia diwakili oleh Westbike Messenger Service (WMS) yang merupakan pemimpin gerakan sekaligus pionir kurir sepeda di Indonesia dan Asia Tenggara. WMS terdiri dari Hamzah Muttaqien, Reza Adhiatma, Hendi Rachmat, dan Duenno Ludissa.

Postcomended   RIP Yahoo: Yahoo Bakal Ganti Nama

Hendi mengatakan, meskipun masih junior dalam kancah kurir sepeda internasional, mereka menargetkan masuk final. “Kami telah banyak belajar dari rekan-rekan mancanegara,” ujar pendiri WMS ini.

WMS akan mendapatkan dukungan dari MLDSPOT (inspiring lifestyle channel reference) yang akan melakukan live update kegiatan di Montreal melalui akun Instagram @mldspot, serta Youtube MLDSPOT TV.

Gerakan kurir sepeda, diam-diam ternyata menyebar cepat di Indonesia. Dalam empat tahun, tercatat sudah 23 kota yang memiliki komunitas kurir sepeda. Pelakunya anak-anak muda pesepeda yang ingin berbuat sesuatu untuk lingkungan.

Agar menjadi sebuah gerakan nasional, mereka bergabung dalam wadah Indonesia Bike Messenger Association (IBMA). “Misi kami adalah menjadikan kurir sepeda sebagai sebuah profesi yang diterima masyarakat, berguna bagi bangsa, ramah lingkungan, dan memberikan penghasilan layak”, ucap Ketua Umum IBMA, Duenno Ludissa.

Di Kanada nanti, WMS mengaku akan melakukan pembicaraan agar Jakarta menjadi tuan rumah CMWC 2019.Dari Neraca.co.id, fenomena kurir sepeda berawal dari tingginya kebutuhan mengantar dokumen atau barang yang ukurannya tidak terlalu besar di distrik bisnis Kota New York, Amerika Serikat.

Postcomended   Ketik "Dewi Sartika" di Google Maps, yang Muncul Malah "Dewi Persik"

Kota dengan kemacetan layaknya Jakarta ini membutuhkan kurir yang sigap menembus padatnya New York. Awalnya para kurir atau dikenal dengan istilah messenger ini, memilih berjalan kaki, naik bus, atau subway.

Satu waktu, beberapa imigran asal Jamaika yang memiliki latar belakang atlit track bike di negara asalnya, terpikir menggunakan sepeda fixed gear alias fixie. Fixie adalah sepeda yang umum digunakan di velodrom (track bike). Disebut fixed gear karena gear belakangnya fixed; tidak dinamis.

Artinya, bila digowes ke belakang, sepedanya akan berjalan mundur. Inilah letak keunikan fixie: tanpa rem, memiliki ban tipis sehingga ringan ketika digenjot, stang dibuat tegak lurus, minimalis dalam desain, single speed, dan remnya menggunakan kekuatan kaki.

Walaupun tidak semua kurir menggunakan sepeda fixie, namun kurir yang menggunakan fixie memiliki status sosial lebih tinggi di mata sesama kurir.

Postcomended   Ombudsman Bilang Meikarta Langgar UU, CEO Lippo: Meikarta Terobosan yang Perlu Didukung

Konsultan bisnis Groedu Business Consultant & Trainer, Frans M. Royan menilai, ada ceruk kecil untuk usaha jasa kurir sepeda di Indonesia, bahkan berpotensi menjadi perusahaan publik. Perusahaan dapat menggerakan bisnisnya dengan merangkul komunitas kurir sepeda yang peduli dengan visi misi: ingin sehat, mengurangi polusi, dan bermanfaat untuk orang lain.

“Saya yakin jasa kurir ini bisa berkembang jika visi misi untuk mengurangi polusi-nya kuat,” ujar Frans.***(ra)