Kustomfest 2017 Usung Tema 'No Boundaries' - Tribun Jogja Tribun Jogja - Tribunnews.com700 × 393Search by image Kustomfest 2017 Usung Tema 'No Boundaries'

Kustomfest 2017 Usung Tema ‘No Boundaries’ – Tribun Jogja Tribun Jogja – Tribunnews.com700 × 393Search by image Kustomfest 2017 Usung Tema ‘No Boundaries’

JOGJA – Event tahunan kompetisi motor kustom dan pameran kustom terbesar di Indonesia, Kustomfest, makin diminati pecinta kustom. Ribuan pengunjung memadati gelaran di Jogja Expo Center (JEC) 7-8 Oktober 2017 yang didukung Wonderful Indonesia ini. Tidak hanya dari sejumlah kota di Indonesia, beberapa pengunjung datang dari mancanegara.

Salah satu yang menjadi daya tarik pengunjung mancanegara itu adalah karya berjudul Naga Lima. Motor kustom dari Psycho Engine, Purwokerto ini adalah juara The Best Participant di Yokohama Annual Custom Hotrod Show 11th Yokohama, Desember 2016 di Jepang. Perancang Naga Lima adalah M Yusuf Adib Mustofa (engineer), Adan Fajar Maruciel (designer) dan Irfan Hanief (web & marketing).

Menurut Adan Fajar, stan Nagalima sudah “ditengok” para tamu dari negara-negara di Asia Tenggara, Australia, Selandia Baru, Amerika dan Jerman. “Mereka penasaran dengan motor yang memiliki mesin enam katup ini,” cerita Adan di sela-sela menjaga stan bernomor B 49.

Kustomfest atau Indonesian Kustom Kulture Festival ini telah menjadi salah satu barometer pergerakan kustom kulture di Indonesia. Tahun ini telah memasuki tahun keenam. Tema yang diangkat adalah “No Boundaries.”

Kustomfest Indonesia Cars & Bikes - YouTube YouTube480 × 360Search by image Kustomfest Indonesia Cars & Bikes

Kustomfest Indonesia Cars & Bikes – YouTube YouTube480 × 360Search by image Kustomfest Indonesia Cars & Bikes

“Yang dimaksud dengan No Boundaries adalah tanpa batas. Jadi kami ingin menampilkan karya-karya kustom yang tanpa batas. Kami cari karya yang out of the box. Misal biasanya mesin mobil buat bikin mobil, kini mesin mobil buat motor,” ungkap Direktur Kustomfest, Lulut Wahyudi.

Postcomended   Raisa Gelar Acara Siraman, @xraisa6690 : "Sweet Moment with Ayah"

Kustomfest 2017 ini mengangkat karya-karya kustom anak bangsa sehingga mereka bisa dikenal dunia. Kemudian karya-karya tersebut terdokumentasikan dengan baik. “Kami ingin Indonesia tidak hanya dikenal sebagai negara kepulauan tetapi juga dikenal dengan karya-karya anak bangsanya yang out of the box. Jadi mari kita bicara dengan karya!,” tutur pria yang juga Builder dan Founder dari Retro Classic Cycle tersebut.

Pesona Naga Lima menjadi bukti dari karya out of the box dalam event Kustomfest ini. Kendati tidak boleh ikut kompetisi di ajang ini, Naga Lima yang dipajang di stan pembuatnya menjadi daya tarik tersendiri.

Kustomfest adalah sebuah event kompetisi motor kustom dan pameran kustom terbesar di Indonesia. Kemudian ada kolaborasi pertunjukan dari berbagai jenis karya kustom Indonesia antara lain : Motor Kustom, Mobil Hot Rod, Sepeda, Seni dan Budaya, Entertainment , Vendor Booth dan sebagainya . Kustomfest juga memuat beragam kompetisi dan festival kustom dalam satu rangkaian event.

Postcomended   Kota Lama Semarang Geber Festival Kuliner Tiap Minggu

Bahkan ada kolaborasi Kustomfest dengan Art Jog. Hasilnya? Para seniman Art Jog mengelaborasi dunia kustom dengan karya yang out of the box pula. Ada karya Tank Robot yang dibuat dari karton. Kendati dari karton, tank ini seperti terbuat dari besi yang telah berkarat.

Kustomfest sudah menjadi calendar of events yang selalu digelar di setiap minggu pertama bulan Oktober di Jogjakarta-Indonesia, kota yang terkenal dengan kekayaan budaya dan peninggalan sejarah. Dan Kustomfest selalu mengundang dan melibatkan seluruh komunitas motor kustom Indonesia dan pelaku industri kustom internasional dan menampilkan karya kustom terbaik sebagai refleksi kekayaan budaya bangsa Indonesia.

Dalam gelaran tahun 2017 ini, Kustomfest memberikan penghargaan Life Achievement kepada Almarhum Kristupa Saragih. Fotografer ini dinilai memiliki jasa yang sangat besar dalam perjalanan Kustomfest. Penghargaan diterima oleh Ayah Kristupa.

KUSTOMFEST 2016 – Jadwal Event, Info Pameran, Acara & Promo Terbaru Jadwal Event775 × 1199Search by image KUSTOMFEST 2016

KUSTOMFEST 2016 – Jadwal Event, Info Pameran, Acara & Promo Terbaru Jadwal Event775 × 1199Search by image KUSTOMFEST 2016

Kustomfest juga menghadirikan Kaichiroh Kurosu. Nama yang sangat beken di industri motor roda dua. Nama Kurosu di belantara kustom Jepang tak perlu dipertanyakan lagi. Kurosu memberikan coaching clinic mengenai kustom motor Honda. Hasil dari pelatihan itu pun dipajang di area pameran ini.

Postcomended   Pemilik First Travel yang Ditangkap Pernah Mencengangkan Panggung New York Fashion Week

Maka, menonton Kustomfest 2017 ini, kita akan melihat karya dan budaya kustom kultur yang benar-benar menembus batas. Kita menyaksikan “lebarannya” para custom builder.

Yang membedakan acara Kustom Bike Show tahun ini dengan tahun sebelumnya adalah adanya dua Special Class yaitu Harley-Davidson Club Style, kelas khusus untuk motor Harley-Davidson yang sudah dikustom dengan aliran Club Style didukung oleh dealer Anak Elang Harley-Davidson. Kemudian ada juga kelas khusus Honda Scrambler, yang ditujukan untuk motor-motor Honda yang sudah dikustom dengan aliran Scrambler didukung oleh PT Astra Honda Motor. (*)