Setya Novanto dan Nazaruddin di “sel asli” Lapas Sukamiskin (sumber foto: Instagram @matanajwa)

Kesederhanaan sel Setya Novanto dan M.Nazaruddin, awalnya cukup mengesankan. Saat rombongan Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham melakukan sidak ke Lapas Sukamiskin usai heboh operasi tangkap tangan KPK, mereka mengunjungi sel kedua terpidana korupsi tersebut, dan mendapati sel mereka tampak “normal”. Namun keberadaan parfum wanita di salah satu sel, menerbitkan kecurigaan. Anggota DPR menyebut, Dirjen Pemasyarakatan sudah dibohongi jajarannya.

Lagi-lagi dibohongi jajarannya. Sedang mencoba mengungkap keberadaan sel-sel mewah para terpidana korupsi di Lapas Sukamiskin; yang tak bakal ada tanpa kongkalikong dengan orang dalam lapas, jajaran Kemenkumham kembali diakali mereka. Apakah ada aliran dana sogokan lagi dari para napi korupsi itu kepada pegawai lapas?

Sel dua dari beberapa narapidana yang diinspeksi Kemenkumham diduga, bahkan diyakini, sebagai sel palsu, alias bukan sel napi yang bersangkutan. Kecurigaan hinggap di sel Setya Novanto, koruptor kasus e-KTP, dan M Nazaruddin, koruptor kasus wisma atelt Palembang. Sementara sel Luthfi Hasan Ishaaq, OC Kaligis, dan M. Sanusi, jelas-jelas tidak sesuai standar resmi lapas.

Kecurigaan semula diungkap Najwa Shihab dalam akun Instagram @matanajwa. Namun kemudian kecurigaan itu diaminkan oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasona Laoly. Najwa Shihab Bersama timnya, diketahui ikut di dalam rombongan sidak Ditjen Pemasyarakatan (Pas) Kemenkumham, yang disebut dilakukan sehari setelah OTT oleh KPK.

Kejanggalan-kejanggalan

Dalam akun @matanajwa, di bawah postingan dua foto Novanto dan Nazaruddin yang sedang berada di sel sederhana itu, Kamis (26/7/2018) Najwa Shihab menulis:

Postcomended   Pernah Bebaskan 4 Tersangka Koruptor, Hakim Kusno Bakal Pimpin Praperadilan Setya Novanto

“Sejak awal saya dan tim @matanajwa sudah curiga bahwa sesungguhnya itu bukanlah sel asli Setya Novanto. Saat sidak, SN mengaku sejak awal menempati sel no 29 di Blok Timur dan selama 3 bulan tidak berpindah-pindah sel.

Tapi ada beberapa kejanggalan:
1. Di papan besar daftar nama dan sel penghuni di ruang kamtib Lapas Sukamiskin, sticker nama SETYA NOVANTO terkesan baru ditempel dan berbeda.
2. Isi sel SN mulai dari barang2 pribadi, baju, perlengkapan mandi, makanan, tdk sesuai dgn profil SN. Misalnya ada body mist Victoria Secret Pure Seduction, Gatsby dan Pucelle splash cologne.
3. Tidak terlihat tumpukan baju atau barang yg mengindikasikan sel itu sudah dihuni selama 3 bulan. Terkesan “terlalu rapih” dgn tujuan ingin menonjolkan “kesederhanaan”
4. Ketika petugas membuka sel SN, saya mendapat kesan Papa sudah sangat “siap” menyambut kami. Duduk di kursi dgn pakaian rapi sembari membawa buku “Kosa Kata Alquran”.

Kecurigaan2 itu kemudian kami telusuri lebih jauh. Saya mendapatkan informasi awal, kamar asli SN berada di Blok Timur atas di dekat kamar Bung Karno. Saat sidak sel no 2 dan 3 memang tidak tercantum nama penghuni. Pengakuan mantan penghuni Lapas Sukamiskin menyebut sel no 3 berukuran 2 kali lipat sel lain.

Sel itu dulu sempat dihuni oleh mantan Walikota Palembang alm Romi Herton, yg kemudian dipindah ke Lapas Gunung Sindur karena terbukti plesiran. Saya kemudian mendapatkan informasi tambahan dari orang dalam, bahwa SN benar menghuni sel no 3 Blok Timur Atas. Kerap kali diketahui mobil datang membawa perlengkapan barang-barang mewah untuk mengisi sel itu.

Postcomended   Anggita Diguyur Berbagai Materi oleh Patrialis Akbar

Sel Nazaruddin yg disidak malam itu juga sel palsu. Informasi orang dalam yang kami kumpulkan, sel asli Nazaruddin adalah sel yg dulu sempat dihuni mantan Gubernur Bengkulu Agusrin Najamudin. Sel no 41 di Blok Timur Atas dengan 2 kali lipat dari sel rata-rata.”

“Tadi malam saat LIVE Mata Najwa, saya bertanya ke Menteri Yasonna Laoly atas beragam kejanggalan yg ada. Di sela-sela break, Menkumham menelpon jajarannya dan mengkonfirmasi bahwa kecurigaan tim Mata Najwa dan informasi yg kami kumpulkan benar adanya. Sel Setya Novanto dan Nazaruddin yg disidak petugas malam itu adalah SEL PALSU.”

Menurut satu sumber, Novanto sama saja dengan koruptor kakap lainnya, yakni menempati sel mewah yang ukurannya dua kali sel pada umumnya. Bahkan sumber itu mengatakan, Novanto menganggap sel-nya masih kurang luas dan berencana diperluas. Namun apa daya, KPK keburu mengobrak-abrik segala modus tersebut.

Sri Puguh Dibohongi Bawahannya

Menanggapi isu sel palsu tersebut, Komisi III DPR menyebut Dirjen Pas dengan terang-terangan telah dibohongi jajarannya. Anggota Komisi III DPR F-PPP Arsul Sani, Rabu (25/7/2018), mengatakan, “Bayangkan, jajaran tersebut berani membohongi atasannya sendiri…,” ujar Asrul.

Postcomended   Vellfire Jemput Anak Perempuan Setnov Usai Diperiksa KPK Hampir 9 Jam

Sementara itu Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, meminta agar Kemenkumham menindaklanjuti secara serius. Jangan sampai ada kesan di masyarakat upaya perbaikan tidak serius.

Sorotan ke lapas Sukamiskin dimulai sejak KPK melakukan OTT terhadap Kalapas Sukamiskin, Wahid Husen (WH) terkait dugaan jual beli fasilitas mewah di lapas, Sabtu dini hari (20/7/2018). Dalam OTT itu, ada enam yang dicokok KPK termasuk Fahmi Darmawansyah dan istrinya, artis Inneke Koesherawati. Istri WH, Dian Anggraini, supir WH Hendry Saputra, dan seorang napi kasus pidana umum/tahanan pendamping bernama Andri.(***/detik/okezone)

 

 

 

Share the knowledge