Led Zeppelin's 'Stairway To Heaven': The Story Of The Iconic Rock ... NME.com900 × 600Search by image Led Zeppelin's 'Stairway To Heaven': The Story Of The Iconic Rock Epic - NME

Led Zeppelin’s ‘Stairway To Heaven’: The Story Of The Iconic Rock … NME.com900 × 600Search by image Led Zeppelin’s ‘Stairway To Heaven’: The Story Of The Iconic Rock Epic – NME

Apa lagu yang paling sering diputar di radio dalam sejarah? Jawabannya bukan “Despacito” atau “Flashlight”, melainkan “Stairway to Heaven”, lagu yang ngetop pertama kali di tahun 1970-an. Namun ketika pada 2014 grup band penciptanya, Led Zeppelin, berniat merilis ulang lagu-lagunya termasuk “Stairway to Heaven”, grup band asal Inggris ini digugat grup band Spirit.

Led Zeppelin dianggap menjiplak lagu Spirit yang berjudul “Taurus” pada bagian musik pembukanya. Namun Led Zeppelin berhasil merontokkan gugatan itu pada sidang 23 Mei 2016. Kemudian pada Maret 2017, kuasa hukum Spirit, Francis Malofiy, mengajukan banding. Maka, akan ada sidang-sidang lagi untuk Jimmy Page (72), dan Robert Plant (67).

Dilansir Businessweek, hingga 2008 saja  “Stairway to Heaven” sudah menghasilkan uang sebesar 562 juta dollar AS atau hampir Rp 6,5 triliun.

Pengarang “Taurus”, Randy “California” Wolfe, sebenarnya telah mengajukan klaim secara terbuka pada 1997. “Mereka (Led Zeppelin) menghasilkan jutaan dolar dari lagu itu dan tak pernah berterima kasih atau menawarkan sedikit uang untuk kami. Ini sangat menyesakkan bagi saya,” kata Randy saat itu, seperti dikutip majalah Listener.

Postcomended   Jimny Terbaru Segera Mengaspal di Indonesia

Namun baru pada 2014, setelah lagu tersebut berusia 43 tahun, Spirit berani menggugat ke pengadilan.

Kurangnya sumber daya dikutip sebagai salah satu alasan mengapa Spirit tidak mengajukan gugatan sejak dulu. Seorang teman dari ibu Randy Wolfe mengatakan, “Tidak ada yang punya uang (di band Spirit), dan mereka pikir undang-undang hak cipta telah dilakukan. Akan sangat baik jika Randy mendapat kredit (atas lagu itu).”

Jika diperhatikan, petikan gitar pembuka pada “Stairway to Heaven” memang mirip, jika tak mau disebut sekadar terinspirasi, oleh lagu instrumental “Taurus” yang diciptakan tahun 1968.

Dugaan semakin kuat karena pada saat band Spirit sibuk konser untuk debut album pertamanya pada 1968-1969 dengan “Taurus” selalu dimainkan di dalamnya, Led Zeppelin adalan band pembuka sepanjang konser mereka di Amerika Serikat (AS).

Pada saat Led Zeppelin tengah mempersiapkan rilis ulang album asli mereka, termasuk di dalamnya “Stairway to Heaven” pada 2014, kuasa hukum Randy California, Francis Malofiy, mengajukan gugatan hukum dan permintaan untuk menunda rilis album Led Zeppelin IV.

Postcomended   Pilih Sawit atau Orangutan?

“Ide di belakang gugatan ini adalah untuk memastikan nama Randy California dicantumkan dalam kredit penciptaan ‘Stairway to Heaven’,” ujar kuasa Malofiy, selain juga kompensasi finansial.

Namun pengadilan tampaknya berpihak pada grup band gaek ini, setelah juri menolak klaim bahwa petikan gitar pembuka “Stairway to Heaven” diambil dari “Taurus”. Juri menganggap terdapat perbedaan substansial antara lagu ciptaan Jimmy Page tersebut dengan lagu “Taurus”.

Pengacara industri musik, William Hochberg, mengatakan, kemenangan Led Zeppelin bisa membuat musisi dan kuasa hukum berpikir dua kali sebelum menuju pengadilan.

Menariknya, Page yang menulis “Stairway to Heaven” bersama vokalis Led Zeppelin, Robert Plant, menyatakan tidak pernah mendengar lagu “Taurus” hingga beberapa tahun belakangan ini.

Atas kekalahannya pada sidang 2016 itu, Malofy menyatakan bahwa juri tidak menemukan kedua lagu tersebut “secara substansial serupa” karena mereka tidak diizinkan mendengar versi “Taurus. Karena itu dia mengajukan banding.

Pihak kuasa hukum Spirit pada gugatan pertamanya pernah menyatakan, jika gugatan Spirit berhasil, royalti masa lalu yang telah diterima dari “Stairway to Heaven”- diperkirakan lebih dari USD550 juta – tidak akan diganggu gugat.

Postcomended   Taylor Swift dan The Beatles pun Menyerah kepada Spotify

Namun pihak label dan komposer lagu “Taurus” berhak mendapat bagian dari keuntungan royalti di masa depan.

Sejak dirilis Desember 1971, “Stairway to Heaven” masih menjadi pilihan utama untuk diputar setiap stasiun radio di seluruh dunia. Pada perayaan ulang tahun ke-20 “Stairway to Heaven” tahun 1991, sumber radio AS mengumumkan lagu tersebut telah mengudara sampai sekitar 2.874.000 kali di seluruh stasiun radio seluruh dunia.

Pada tahun 2.000, tercatat lagu ini telah diputar di radio hingga tiga juta kali. .***(ra)

 

Share the knowledge