Lifestyle

Lama Tidur yang Baik untuk Jantung Menurut Penelitian

galeri.uludagsozluk.com

(sumber foto: galeri.uludagsozluk.com)

Tak ada yang meragukan pentingnya tidur untuk kesehatan tubuh. Namun satu studi kembali menegaskannya, bahkan menyebutnya sebagai unsur paling penting bagi kesejahteraan jiwa dan raga manusia. Namun studi kali ini lebih difokuskan pada lamanya tidur untuk kesejahteraan jantung.

Tiidur malam yang buruk dapat merusak suasana hati Anda keesokan harinya, juga menghancurkan latihan Anda di hari berikutnya, meningkatkan risiko demensia, menghambat kemampuan mempertahankan ingatan dan belajar keterampilan baru, bahkan menyebabkan kegemukan.

Anda akan berpikir bahwa karena sangat bermanfaat bagi Anda, tidur sebanyak mungkin adalah hal yang baik, tetapi semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak tidur sama buruknya dengan kurang tidur.

Menurut sebuah penelitian baru yang dipresentasikan Minggu (26/8/2018) di European Society of Cardiology Congress dan dilaporkan kembali oleh laman Best Life, panjang tidur malam yang ideal untuk kesehatan jantung adalah 6-8 jam.

Postcomended   Ngeri! Satu Ton Sabu Diselundupkan dari Cina ke Anyer

Dr Epameinondas Fountas dari Pusat Bedah Jantung Onassis di Athena dan rekan-rekannya menggunakan meta-analisis dari 11 penelitian prospektif terbaru terhadap lebih dari satu juta orang dewasa (1.000.541 orang) yang tidak memiliki penyakit jantung untuk menentukan dampak tidur pada sistem kardiovaskular.

Para peneliti membandingkan orang yang tidur kurang dari enam jam sehari, lebih dari delapan jam sehari, dan 6-8 jam sehari. Hasilnya, mereka menemukan bahwa kelompok yang kurang tidur memiliki risiko 11 persen lebih besar terkena penyakit kardiovaskular.

Hal yang mungkin mengejutkan adalah bahwa mereka yang tidur terlalu banyak memiliki risiko yang lebih besar, 33 persen, yang menguatkan penelitian baru-baru ini yang mengatakan bahwa tidur lebih dari 8 jam per malam dapat merusak kesehatan Anda.

“Temuan kami menunjukkan bahwa terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur dapat berdampak buruk bagi jantung. Lebih banyak penelitian diperlukan untuk menjelaskan dengan tepat mengapa, tetapi kita tahu bahwa tidur memengaruhi proses biologis seperti metabolisme glukosa, tekanan darah, dan peradangan; yang semuanya berdampak pada penyakit kardiovaskular,” kata Fountas.

Postcomended   Membedah Arti Panel Lipid Anda: Mepereteli Makna Angka-angka Kolesterol (1)

“Tidur malam pendek yang aneh, atau sekadar berbaring saja tidak akan merugikan kesehatan, tetapi bukti mengumpulkan bahwa tidur malam yang lama atau tidur berlebihan harus dihindari,” tambahnya.

Menurut Fountas, ada banyak cara untuk membiasakan mendapatkan tidur  6-8 jam per malam, misalnya dengan pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, menghindari alkohol, dan kafein sebelum tidur, makan dengan sehat, dan aktif secara fisik.

“Kesimpulannya adalah, salah satu yang bisa kita semua dapatkan adalah tidur dengan benar, yang merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat.”***

Postcomended   Indonesia Nomor Wahid Gunakan Fitur "Stories" di Instagram

 

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top