Pertimbangkanlah Hal ini Jika Anda Akan Selfie di Depan Kabah ... Inspira Data800 × 600Search by image Selfie di depan Kabah

Pertimbangkanlah Hal ini Jika Anda Akan Selfie di Depan Kabah … Inspira Data800 × 600Search by image Selfie di depan Kabah

Arab Saudi akan mengetatkan kembali aturan pengambilan foto di dua masjid suci umat Islam: Masjid Nabawi (Madinah) dan Masjidil Haram (Mekah). Jika jemaah bandel, tim keamanan masjid akan bertindak. Jika perlu kamera akan disita. Larangan mengambil foto di dua lokasi tersebut sebenarnya tidak pernah dicabut. Perkembangan teknologi digital; ketika ukuran kamera makin kecil, bahkan sepaket dalam ponsel, menjadikan jemaah mudah curi-curi kesempatan. Di sisi lain, petugas di sana pun tidak tegas.

Pernyataan larangan ini dikeluarkan Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi, melalui nota diplomatik Kementerian Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi, seperti dilaporkan kembali situs Kompas, Kamis (23/11/2017).

Postcomended   Dr Zakir Naik Kehilangan Kewarganegaraan dalam Pelariannya

Larangan ini antara lain dilatarbelakangi fenomena akhir-akhir ini yang menunjukkan jemaah bebas mengambil foto di manapun di kedua tempat suci tersebut.

“Ketika diperingatkan dan dinasehati oleh pihak keamanan masjid bahwa ada larangan, mereka berdalih untuk kenang-kenangan,” ujar Mohammed Saleh bin Taher Benten, Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi dalam siaran persnya.

Peraturan ini dibuat untuk mempertimbangkan kesucian dua masjid tersebut. Selain itu juga demi terciptanya suasana ibadah nyaman bagi orang-orang yang ada di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram.

Seorang blogger situs Kompasiana atas nama Andika menulis (tahun 2012) bahwa di kedua tempat suci tersebut masih banyak dipasang tanda tanda larangan mengambil foto. Petugas polisi pun masih ada yang menegur.

Postcomended   Siap-siap, iPhone 8 OLED Diluncurkan September

“Cuma jika mau, sepertinya sekarang bisa ambil foto dimana mana, asalkan itu tidak menggunakan peralatan khusus untuk  foto foto profesional,” tulis Andika. Andika menduga, banyaknya jemaah yang membawa ponsel kamera atau kamera saku, menyulitkan petugas untuk melarang.

Lagipula kata Andika, petugasnya pun tak berkedip memainkan ponselnya sementara jemaah mengantri untuk salat di Masjid Nabawi.

Pada 2014, situs Arabnews melansir, ulama terkenal Saudi, Sheikh Abdul Razzaq Al-Badr, prihatin atas fenomena tersebut. Dia lantas memperingatkan jemaah agar tidak melakukan selfie saat menunaikan ibadah haji.

Sang ulama kemudian mencuplik satu surat dalam kitab suci Alquran yang menyebutkan bahwa ibadah itu tidak boleh riya dan memamerkan kepada orang lain.***

Postcomended   Pangeran Saudi Gondrong Ini pun Diborgol

Share the knowledge