www.instagram.com/dry_helendrianto

www.instagram.com/dry_helendrianto

Bagi kalian yang sering berkunjung ke coffee shop  untuk ngopi santai pasti sudah familiar dengan caffe latte, minuman campuran antara espresso dan susu ini menjadi pilihan utama ketika seseorang berkunjung ke sebuah kedai kopi.  Namun apakah kita perhatikan penyajian latte tersebut? Biasanya latte disajikan dengan goresan indah di permukaan minuman bisa berbenntuk bunga, hewan atau yang lainnya, itulah yang disebut sebagai latte art.

Latte art adalah seni membuat gambar-gambar cantik di permukaan minuman.  Seni ini memadukan antara seni dan meracik minuman.  Para barista membuat latte art dari esspresso sebagai media gambar dan susu sebagai alat pembuat gambarnya.  Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai latte art, terlebih dahulu kita akan membahas mengenai caffelatte yang sudah familiar di telinga kita.

Latte adalah minuman yang berasal dari italia diciptakan sekitar tahun 1950 oleh lino meiorin, pemilik sebuah cafe dan barista pertama di italia.  Banyak pengunjung cafe tersebut tidak menyukai cappucino yang rasanya terlalu tajam sehingga mereka ingin menambahkan lebih banyak susu panas agar rasa kopi mereka lebih ringan.  Awalnya latte disajikan dalam mangkuk, gelas bir dan terakhir di sajikan dalam cangkir.  Karena di sajikan dalam cangkir ini mulai ada terobosan membuat karya seni diatas foam akibat campuran espresso dan susu.  Tidak hanya sebagai karya seni, latte art juga memiki sifat khusus latte yang halus dan lembut saat berbaur dengan kopi.

Postcomended   Menko Luhut Lepas KRI Dewaruci dan KRI Bima Suci Ekspedisi Sail Sabang 2017

Menurut helendrianto, seorang lattespecialist dan pemenang latte artthrowdown starbucks indonesia tahun 2016 menyebutkan bahwa membuat latte art merupakan sebuah passion dari setiap barista karena jika seorang barista memiliki passion di dalam latte art mereka akan menggali kembali kemampuan mereka dalam membuat latte art.  Kemudia presisi antara seni dan konsistensi menjadi hal yang penting dalam membuat seni kopi ini.  untuk menjadi seorang yang memiliki passion di dalam latte art juga harus banyak mengetahui pattern (pola) atau gambar-gambar yang cantik di dalam membuat latte art.

Pattern menjadi hal  terpenting dalam latte art, banyak sekali masterpiece kopi telah banyak membuat pattern ini sebagai acuan para barista untuk membuat sebuah latte art.  Perlu diketahui patternadalah bentuk-bentuk dasar atau gambar yang biasa di buat dalam latte art bentuk-bentuk itu biasanya bisa menyerupai hewan, tumbuhan bahkan manusia.  Berikut adalah patternpattern dasar yang biasanya dibuat oleh para barista.

Postcomended   Miss Cosmopolitan World 2017 Promosikan Wonderful Indonesia di Putrajaya

LOVE PATTERN

Ini addalah bentuk latte art yang paling standar disajikan.  Artberbentuk hati ini biasanya menjadi standar dasar para barista dalam menyajikan sebuah caffe latte.

TULIP PATTERN

Seperti namanya tulip pattern ini berbentuk seperti bunga tulip.  Teknik ini biasanya dilakukan mendorong foam diatas espresso berkal-kali dan terakhir menarik foam dari depan kebelakang.  Seorang barista yang sudah mahir dalam membuat latte art dapat membuat layer dari tulip pattern ini sebanyak mungkin karena keindahan dari pattern ini adalah layer yang di buat.

ROSETTA PATTERN

Rosetta pattern adalah benttuk dari sebuah bunga, susu dituangkan kedalam kopi dengan menggoyangkan terus sehingga membentuk pola meliuk diatas kopi dibuat sebanyak mungkin layer dan terakhir dengan menarik susu panas sehingga membuat garis di tengah,  teknik rosetta pattern ini merupakan teknik dasar untuk membuat pattern yang lain sama halnya dengan bentuk hati yang menjadi dasar untuk membuat teknik lainnya.rosettapattern biasanya dilakukan oleh senior yang sudah menguasai teknik dasar lattart seperti love patterndan tulippattern.

SWAN PATTERN.

Postcomended   Judika, Sheila On7, New Trio Macan dan Wali Bakal Panaskan PRSU 2018

Seperti judulnya, swan pattern ini sangat menyerupai angsa yang sedang turun ke atas air.  Dalam membuat tenik ini barista memadukan antara teknik rosetta pattern dan love pattern. Untuk membuat teknik ini sangat lah sulit harus memiliki konsentrasi dan presisi mengenai bentuk yang sesuai.

Share the knowledge