Duque berkelana ke bawah air Antartika bersuhu 1°C dan menyelam tiga kali dengan melompat dari gunung es setinggi 20 meter (credit: twitter Orlando Duque)

Melemparkan dirinya keluar dari helikopter, melompat dari air terjun, dan meluncur di samping gedung-gedung ikonik, dilakukan Orlando Duque seperti menjentikkan jari saja. “Spektakuler” bagi penyelam nomor wahid asal Kolombia ini, bukan kata asing. Di mana saja aksi spektanya itu terekam?

Redbullcontentpool, memilih 10 penyelaman terbaik dari pemenang medali emas Kejuaraan Dunia Aquatics 2013 di Barcelona ini, di seluruh dunia.

1. Penyelaman hiu, La Rochelle, Prancis, 2013
Untuk mengibarkan seri Red Bull Cliff Diving 2013 di La Rochelle, Duque mengambil pendekatan baru mempersiapkan urat sarafnya dengan berenang bersama hiu di akuarium lokal. Dia menjelaskan, “Dibutuhkan keberanian untuk dekat dengan hewan besar seperti itu tetapi saya merasa nyaman berada di sekitar hiu. Dalam olahraga kami, sangat penting untuk menjaga rasa takut dan berkonsentrasi pada tujuan seperti yang dilakukan hiu ketika berburu mangsa. Tidak ada yang lain di saat-saat seperti ini.”

2. Penyelaman Patung Liberty, New York, Amerika Serikat (AS), 2013
Dituntut sebagai symbol dari lompatan kebebasan, Patung Liberty bertindak sebagai latar belakang sempurna, ketika pria Amerika Selatan ini melemparkan diri 23 meter ke belakang dari helikopter. “Sangat menyenangkan mendapatkan sambutan hangat di Amerika Serikat dan tidak lebih baik daripada menyelam di depan sesuatu yang ikonik seperti Patung Liberty. Ini melampaui apa yang pernah saya bayangkan.”

Postcomended   Microsoft Resmi Pamit pada Windows Phone

3. Penyelaman malam, Sounion, Yunani, 2013
Poseidon adalah dewa laut Yunani sehingga kuil Yunani dalam namanya adalah platform yang pas untuk bakat Duque. Situs ini memiliki sejarah menyelam ketika Aegeus, Raja Athena, melompat ke kematiannya dari tempat di Cape Sounion. Untungnya, usaha Duque jauh lebih baik!

4. Penyelaman Amazon, Brasil dan Peru, 2014
Sebagai bagian dari film dokumentasi 24-menit, Duque melakukan perjalanan ke Amazon. Ini bisa dibilang sebagai momen yang paling “eye-catching” menyelam dari pohon setinggi 38-meter yang telah berdiri lebih dari 100 tahun, di perbatasan Brasil dan Peru. Dari pengalaman ini, dia berkata: “Bepergian ke Amazon adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Ini adalah pengalaman yang akan tinggal di hati saya selamanya. Saya selalu ingin melompat dari platform alam dan itu tidak bisa lebih baik daripada menyelam dari pohon raksasa yang terletak di salah satu cagar alam paling penting di dunia.”

5. Penyelaman Gua Biru, Vis, Kroasia, 2015
Terinspirasi oleh persaingan di Mostar terdekat, Duque mengunjungi Kroasia untuk menyelam di sejumlah lokasi termasuk di Gua Biru yang spektakuler yang dengannya dia mendapat izin khusus untuk menyelesaikan menyelam 12 meter. Tidak cukup tinggi seperti yang biasa dia lakukan, dia berkata, “Ini bukan selalu soal ketinggian. Terkadang cukup ruang saja sudah luar biasa, kecantikan sempurna dan keyakinan dalam keajaiban hidup.”

6. Penyelaman Victoria Falls, Zambia dan Zimbabwe, 2015
Untuk pertama kalinya di Afrika, dia mengambil tantangan menyelam dari Air Terjun Victoria dalam sebuah usaha yang sangat berbahaya. Melompat dari gedung sepuluh lantai yang setara setelah mendaki tangga, ia melompat 30 meter ke perairan yang dipenuhi buaya. Untungnya dia muncul tanpa cedera.

Postcomended   Waspada! Letusan Eksplosif Gunung Kilauea Hawai

7. Penyelaman Eclipse, Oregon, AS, 2017
Duque menandai gerhana matahari pertama di Amerika Serikat (AS) setelah 38 tahun dengan upaya lain yang menarik perhatian ke dalam air. Setelah usahanya di Oregon, dia berkata, “Ini adalah salah satu penyelaman paling gila yang telah saya lakukan sepanjang hidup saya. Kami tahu itu (siang) akan menjadi gelap tetapi tidak gelap. Memiliki satu capaian di selam, membuat keadaan jauh lebih menarik.”

8. Penyelaman air terjun, Strbacki buk, Bosnia & Herzegovina, 2017
Lima belas tahun sejak pertama kali menjelajahi Bosnia dan Herzegovina, Duque kembali tahun lalu dengan Rhiannan Iffland di tempat yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO di Strbacki. Duque, yang merupakan bagian dari folklore menyelam di wilayah itu, mengatakan, “Segera setelah Anda masuk, orang-orang tahu siapa Anda. Mereka tahu kami dengan nama, mereka tahu apa yang kami lakukan. Mereka benar-benar bersemangat, mereka selalu menyambut kami dengan tangan terbuka. Anda merasa seperti pulang ke rumah.”

9. Penyelaman helikopter angkatan laut, San Andres, Kolombia, 2017
Duque memanggil rekan senegaranya di Angkatan Laut Kolombia untuk membantu petualangannya kali ini. Berangkat dari kapal perang Kolombia dengan helikopter, ia terbang di atas Pulau San Andres dan melakukan penyelaman mundur yang menakjubkan dari helikopter ke air di bawahnya. “Untuk dapat kembali ke Kolombia setelah bertahun-tahun… didukung oleh Angkatan Laut, dan menyelam di negara asal saya, adalah sesuatu yang sangat menginspirasi. Proyek seperti ini memotivasi saya untuk terus menyelam.”

Postcomended   Hamza bin Laden: Warga Saudi, Ayo Gulingkan Kerajaan Saud!

10. Penyelaman gunung es, Antartika, 2018
Duque melakukan perjalanan 10.000 km melalui udara, laut dan darat untuk mencapai salah satu bagian paling dingin dan paling misterius di planet ini. Mengenakan setelan neoprene tebal 7mm, Duque berkelana ke bawah air bersuhu 1°C dan menyelam tiga kali dari gunung es setinggi 20 meter. “Lansekapnya megah,” katanya.(***/redbullcontentpool)

Share the knowledge