#PesonaIndonesia

Lima Besar Bandara Terbaik Dunia Diduduki Asia

Putus Asa, Perempuan Ini Tinggal di Bandara Changi Selama 8 Tahun ... Global - Liputan6.com Bandara Changi Airport Singapore

Putus Asa, Perempuan Ini Tinggal di Bandara Changi Selama 8 Tahun … Global – Liputan6.com Bandara Changi Airport Singapore

Asia memimpin dunia dalam urusan kepuasan penumpang pesawat. Mereka meraup hadiah utama dalam penghargaan tahunan yang bergengsi: Skytrax World Airport Awards. Sayangnya Indonesia tak masuk di dalamnya. 

Dilansir CNN, bandara Changi mempertahankan posisinya di nomor wahid untuk tahun keenam perolehan penghargaan ini tanpa pernah disodok bandara lain. Fasilitas berkilauan di negara kota itu menangkis persaingan ketat bandara Hamad International di Doha dan Bandara Internasional Hong Kong.

“Untuk terpilih sebagai Bandara Terbaik Dunia untuk tahun keenam berturut-turut adalah pencapaian luar biasa untuk Bandara Changi, dan penghargaan ini sekali lagi menunjukkan popularitas bandara dengan pelancong udara internasional,” Edward Plaisted, CEO Skytrax yang berbasis di Inggris, mengatakan dalam sebuah pernyataan .

Penghargaan tahunan, yang diadakan di Stockholm, Rabu pekan lalu (21/3/2018) ini, didasarkan pada jutaan survei penumpang bandara dan telah dijuluki “Oscar-nya industri penerbangan.”

Bandara Changi, yang merayakan telah melayani 60 juta penumpang dari hampir 100 negara di seluruh dunia pada 2017, memiliki jadwal 5.000 kedatangan dan keberangkatan dalam seminggu, menghubungkan pelanggan ke lebih dari 200 tujuan.

Fasilitas yang ditawarkan termasuk dua bioskop 24 jam yang memutar film blockbuster terbaru gratis, kolam renang di puncak gedung, dan taman bunga matahari yang menampilkan beberapa varietas bunga matahari yang tumbuh di bandara di tempat pembibitan. Secara total, bagi Cgangi ini adalah kali kesembilan menerima gelar “bandara terbaik” di penghargaan tahunan dalam dua dekade terakhir.

Meskipun tidak ada entri baru di antara 10 besar bandara terbaik itu, namun ada yang naik dan turun di Antara kesepuluhnya. Bandara Internasional Incheon, Seoul, Korea Selatan, naik satu tempat ke No.2. Sementara pemegang tempat kedua tahun lalu, Tokyo International Airport (Haneda), turun ke No.3. Namun ini mempertahankan cengkeraman Asia di slot teratas.

Bandara Internasional Hamad Doha naik ke tempat kelima setelah masuk di No.6 tahun 2017. Sedangkan Bandara Munich, Jerman, turun dari posisi keempat atau keenam.

Ada beberapa kejutan di 100 besar, namun Bandara Roma Fiumicino, Italia, mengalami lompatan besar, yakni bergerak dari posisi ke-158 ​​ke-85. Sementara Bandara Internasional Bahrain, harus jatuh dari peringkat ke-57 menjadi ke 73. Vancouver adalah bandara No.1 di Amerika Utara, namun untuk ukuran dunia turun satu peringkat ke urutan ke-14.

Bandara Internasional Denver, yang berada di posisi teratas di Amerika Serikat (AS), di dunia hanya menduduki posisi ke-29.

Hongkong international airport SlideShare ATC (Air Traffic Control) ...

Hongkong international airport SlideShare ATC (Air Traffic Control) …

Skytrax juga memilih bandara dengan kategori lebih spesifik seperti makanan, fasilitas belanja, dan kebersihan. Bandara Internasional Tokyo memenangkan voting sebagai “bandara terbersih di dunia,” sementara Bandara Internasional Incheon dianugerahi untuk staf bandaranya.

Bandara Internasional Hong Kong terpilih sebagai “bandara transit terbaik di dunia” dan “bandara terbaik untuk bersantap”. Nagoya, Jepang, mencuri gelar untuk “bandara regional terbaik di dunia”. Untuk daftar selengkapnya, bisa mrngunjungi situs World Airports Awards.***

Skytrax World Airport Awards 2018

1. Bandara Changi Singapura

2. Bandara Internasional Incheon (Seoul, Korea Selatan)

3. Bandara Internasional Tokyo (Haneda)

4. Bandara Internasional Hong Kong

5. Bandara Internasional Hamad (Doha, Qatar)

6. Bandara Munich (Jerman)

7. Chubu Centrair Nagoya (Jepang)

8. Bandara London Heathrow

9. Bandara Zurich (Swiss)

10. Bandara Frankfurt (Jerman)

Selamat Datang di Swiss, Selamat Tinggal Belanda ..... oleh ... Kompasiana.com Zurich Airport

Selamat Datang di Swiss, Selamat Tinggal Belanda ….. oleh … Kompasiana.com Zurich Airport

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top