Internasional

Madonna, Leonardo diCaprio hingga Presiden Prancis, Sebar Gambar Keliru Kebakaran Amazon

Share the knowledge

Kebakaran hutan hujan Amazon yang dirilis CC Channel di channel YouTube tertanggal 21 Agustus 2019. Hutan hujan Amazon Brasil telah menyaksikan rekor jumlah kebakaran tahun ini, menurut data badan antariksa terbaru. (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=HvnnJrRBqpc)

Kebakaran hutan hujan Amazon yang dirilis CC Channel di channel YouTube tertanggal 21 Agustus 2019. Hutan hujan Amazon Brasil telah menyaksikan rekor jumlah kebakaran tahun ini, menurut data badan antariksa terbaru. (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=HvnnJrRBqpc)

Menyebarkan info salah dan menyesatkan, ternyata bukan hanya domain warganet kebanyakan. Sejumlah tokoh terkenal pun membagikan informasi dan gambar salah terkait kebakaran di hutan hujan Amazon.

Banyak tokoh terkenal yang berusaha mengecam kebakaran di Amazon, mulai Madonna dan Cristiano Ronaldo hingga Leonardo DiCaprio dan Emmanuel Macron. Namun tanpa disadari oleh mereka, partisipasi itu berakhir dengan menyesatkan jutaan orang di media sosial.

Kantor berita AFP dalam laporannya, Jumat (23/8/2019), menyebutkan, para figur publik tersebut terdeteksi membagikan foto-foto yang alih-alih foto kebakaran Amazon 2019, malah foto suatu wilayah yang usia fotonya telah bertahun-tahun yang lalu, ataupun gambar yang diambil di bagian lain dunia, bukan Amazon.

Angka resmi menunjukkan hampir 73.000 kebakaran hutan tercatat di Brasil dalam delapan bulan pertama tahun ini, jumlah tertinggi untuk setiap tahun sejak 2013. Sebagian besar berada di Amazon.

Misalnya saja Presiden Prancis, Emmanuel Macron. Dalam postingan di Twitter-nya terkait kebakaran Amazon tertanggal 22 Agustus 2019, dia memposting foto hutan yang terbakardisertai tagar #ActForTheAmazon, dan kepsyen: “Rumah kami terbakar. Secara harfiah. Amazon, paru-paru planet kita yang menghasilkan 20 persen oksigen kita terbakar,” kata Macron.

“Ini adalah krisis internasional. Para anggota G7, mari kita bicara dalam dua hari tentang keadaan darurat ini,” kata Macron menjelang pertemuan puncak yang direncanakan akhir pekan ini di Biarritz. Namun foto yang digunakan oleh Macron tidak menunjukkan kebakaran tahun ini.

Pencarian gambar menunjukkan bahwa foto itu diambil oleh jurnalis foto Amerika Serikat (AS), Loren McIntyre, yang dikenal sebagai kontributor foto untuk National Geographic. Meskipun alat pencarian gambar tidak mengungkapkan kapan tepatnya foto itu diambil, McIntyre telah meninggal pada 2003.

Postcomended   Seorang Pemuda dari Kasta Bawah Tewas Bersimbah Darah, Diduga Gara-gara Naik Kuda

Artinya gambar tersebut setidaknya berusia 16 tahun. Untuk mengecek postingan Macron, dapat dilihat (dicopas pada kolom URL) pada link berikut ini: https://perma.cc/D93C-AYL7 .

Presiden Cile, Sebastian Pinera, juga termasuk yang memposting gambar menyesatkan terkait kebakaran Amazon. Gambar yang dipostingnya terdeteksi menggunakan foto jepretan jurnalis Reuters, Nacho Doce, dari 2013. Cek postingannya di sini:  https://perma.cc/6D8D-39L8

Leonardo DiCaprio membagikan dua foto yang terbukti tidak akurat. Yang pertama sama dengan yang dibagikan oleh Macron sementara yang kedua diambil di kota Puerto Maldonado, Peru, pada 2016.
Peru saat ini tidak terkena dampak kebakaran, meskipun pihak berwenang “siaga”. Cek postingan menyesatkan DiCaprio di: https://perma.cc/Z24S-L6PM , dan di sini: https://perma.cc/P2CG-ZHA9 .

Aktor dan rapper, Jaden Smith, putra superstar Will Smith, memposting gambar dramatis di Instagram-nya yang menunjukkan hutan besar terbakar ketika kolom asap besar naik darinya. Tapi foto itu, yang telah mengumpulkan lebih dari 1,5 juta suka, berasal dari tahun 1989. Cek di sini: https://perma.cc/CZD3-6PZZ .

Aktris dan penyanyi Argentina Martina Stoessel juga berbagi foto lama melalui postingannya di Twitter yang mengatakan, “Betapa sedihnya melihat ini…” Foto itu diambil oleh fotografer Getty Images, Mario Toma, pada 2014. Cek link-nya di sini: https://perma.cc/3YLS-H8SG .

Pebalap F1, Lewis Hamilton dan kapten sepakbola Brasil Dani Alves juga memposting salah satu gambar menyesatkan yang paling banyak dibagikan; gambar yang diambil oleh fotografer McIntyre sebelum 2003. Cek postingan mereka di link ini: https://perma.cc/S5UF-GTTB, dan https://perma.cc/F67M-TTZU.

Sementara itu bintang tenis Novak Djokovic membagikan foto 1989 yang diposting oleh Smith. Cek di sini: https://perma.cc/SCS9-KPEW

Postcomended   15 Gedung Tertinggi Di Dunia

Bintang sepak bola Portugal, Cristiano Ronaldo, membunyikan alarm di Instagram-nya; memperingatkan 180 juta follower-nya bahwa, “Hutan Hujan Amazon menghasilkan lebih dari 20% oksigen dunia dan terbakar selama 3 minggu terakhir.” Tetapi foto yang menyertai pesannya diambil pada 29 Maret 2013 oleh Lauro Alves, dari agensi Brazil RBS, di negara bagian Rio Grande do Sul yang bukan Amazon. Cek postingan Ronaldo di sini: https://perma.cc/5H4H-GKTB .

Striker Barca, Luis Suarez, juga memposting foto yang diambil pada 2015 oleh jurnalis Nacho Doce. Link-nya sbb:  https://perma.cc/3TVF-4TSR .

Bintang pop Puerto Rico Ricky Martin dan penyanyi Kuba-Amerika Camila Cabello  juga membagikan foto McIntyre yang di-tweet oleh Macron, DiCaprio, dan Alves. Cek postingan Martin dan Cabello di sini: https://perma.cc/2L2Y-58KL , dan di sini: https://perma.cc/LVH8-CCW2 .

Superstar AS, Madonna, kedapatan memposting gambar jepretan 1989 yang sama dengan yang dibagikan oleh Smith dan Djokovic. Di Instagram-nya Madonna menulis: “Presiden Bolsonaro tolong ubah kebijakan Anda dan bantu bukan hanya negara Anda tetapi juga seluruh planet. Tidak ada pembangunan ekonomi yang lebih penting daripada melindungi tanah ini.” Menyertai postingannya di sini: https://perma.cc/SNZ2-3KV4, Madonna juga menulis: “Kita perlu BANGUN -UP!!”.

Bolsonaro: Asing Jangan Ikut Campur!

Kabar terbaru terkait kebakaran di Amazon, Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, menuntut pihak asing tak ikut campur. Seperti banyak diberitakan, kebakaran hutan Amazon bukan yang pertama, bahkan cukup sering. Namun kebakaran tahun ini, diketahui telah mencapai rekor terparah.

Kecaman itu diutarakan Bolsonaro menyusul pernyataan sejumlah negara seperti Perancis, Kolombia, Norwegia, Jerman, hingga PBB yang mengungkapkan keprihatinan mereka terhadap kebakaran hutan Amazon. Norwegia dan Jerman bahkan menyetop anggaran yang selama ini diberikan kepada Brasil untuk membantu menghentikan deforestasi.

“Negara-negara yang mengirimkan uang ini, sebenarnya mereka tidak memberikan (uang-uang) itu untuk amal. Mereka mengirimkan uang ini dengan tujuan mengganggu kedaulatan kami,” ucap Bolsonaro melalui video Facebook Live, Kamis (22/8/2019).

Postcomended   Merasa Bersalah Selamat dari Insiden Pembantaian, Sydney Aiello Bunuh Diri

Bolsonaro dikenal sebagai sosok yang pro agribisnis (pertanian). Dia bahkan sepanjang kampanye pemilu presiden tahun lalu, terang-terangan menyebutkan bahwa Amazon akan dibuat mendukung sektor pertanian dan pertambangan Brasil.

Namun di sisi lain Bolsonaro mengakui bahwa Brasil tak memiliki cukup sumber daya untuk menangani kebakaran hutan di Amazon. “Amazon lebih besar dari wilayah Eropa. Bagaimana Anda bisa menangani kebakaran di wilayah yang besar seperti itu? Kami tidak memiliki sumber daya untuk itu,” kata presiden yang dijuluki “Trump Tropis” ini.

Badan antariksa Brasil, INPE, telah merilis luasan lahan hutan di Amazon yang terbakar 2019 ini. INPE mendeteksi sekitar 73.000 titik api muncul di lahan dan hutan Brasil sepanjang tahun ini. Sebagian besar titik-titik itu terletak di lembah Amazon, hutan hujan tropis terbesar di dunia.

Data pemerintah Brasil menunjukkan titik api di Amazon meningkat 83 persen tahun ini jika dibandingkan tahun sebelumnya dengan periode yang sama.***

 


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top