Twitt Menggelitik Mahfud MD Soal Gedung DPR Miring, Bikin Ngakak ... Banjarmasin Post - Tribunnews.com700 × 393Search by image Twitt Menggelitik Mahfud MD Soal Gedung DPR Miring, Bikin Ngakak

Twitt Menggelitik Mahfud MD Soal Gedung DPR Miring, Bikin Ngakak … Banjarmasin Post – Tribunnews.com700 × 393Search by image Twitt Menggelitik Mahfud MD Soal Gedung DPR Miring, Bikin Ngakak

Anggota DPR kembali ugal-ugalan minta fasilitas. Tak cuma minta gedung baru untuk kantor, tapi juga apartemen untuk tempat tinggal mereka semua di area Kompleks Parlemen, Senayan. Nilai yang mereka minta mencapai Rp 5,7 triliun. Sekali lagi: TRILIUN! Alasan membangun gedung baru tersebut, karena gedung lama sudah miring. Mantan Ketua MK mengejek pedas: yang bilang miring lah yang “miring”.

Tentu saja rengekan para wakil rakyat ini mendapat tentangan dari banyak pihak, mulai Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Agama Lukman Hakim Syaigudin, dan pakar hukum yang juga mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD.

Mahfud MD cemas dana ini akan dipakai bancakan anggota DPR lagi seperti kasus korupsi e-KTP. Mahfud meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak gentar menolak rencana DPR ini. Tak perlu cemas dukungan parlemen akan melemah pada pemerintah, kata Mahfud.

“Nggak usah takut parlemen lah, rakyat dukung Pak Jokowi untuk menolak usulan tak berguna itu. Pak Jokowi kuat kok didukung rakyat,” ujar Mahfud.

Postcomended   Kampung Minang Nagari Sumpu ……

Dari pengalaman Mahfud berkantor di DPR, rencana membangun gedung baru itu berlebihan sekali karena gedung yang ada sudah sangat mewah. “Banyak gedung parlemen di luar negeri yang lebih jelek, punya kita itu sudah bagus,” ujar Mahfud.

Mahfud malah mengingatkan ihwal anggaran yang sudah telanjur keluar ketika DPR pada 2009  juga mengusulkan pembangunan gedung baru senilai Rp 1,7 triliun. Meski dibatalkan pemerintah karena desakan rakyat, namun kata Mahfud sudah ada uang negara yang keluar.

“Uang yang dulu keluar untuk perencanaan dan lain-lain itu selesakan dulu, kok malah mau usul lagi bangun Rp 5,7 triliun,” ujar Mahfud.

Melalui akun Twitter-nya, Mahfud bahkan mengritik pedas pimpinan DPR yang mengatakan gedung DPR sudah miring. Dalam kicauannya itu, Mahfud mengungkapkan bahwa hasil penelitian PU (Departeme Pekerjaan Umum), gedung DPR tidak miring.

Postcomended   Tour De Singkarak 2017

“Yang bilang miring itulah yang miring,” ejek Mahfud di Twitter, seraya menyebut mual atas tingkah anggota DPR.

Sebelumnya, pimpinan DPR RI menyebut bahwa kondisi gedung DPR perlu ada perbaikan karena bangunannya sudah miring. Alasannya, sudah 15 tahun sejak reformasi, gedung wakil rakyat itu belum pernah diperbaiki secara menyeluruh.

Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR, Anton Sihombing, Kamis (10/8/2017) membantah DPR meminta Rp 7,25 triliun untuk Tahun Anggaran (TA) 2018. DPR hanya mengajukan Rp 5,7 triliun untuk operasional di TA 2018. Angka tersebut dianggap Anton wajar karena besarannya hanya 0,35 persen dari APBN 2018.

Rinciannya, Rp 4.024.410.881.000 untuk satuan kerja dewan. Sedangkan sebesar Rp 1.703.897.329.000 untuk kesekretariatan DPR.

Angka Rp 7,25 triliun antara lain keluar dari mulut Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah. Fahri mengatakan, dana pembangunan apartemen untuk anggota dewan dan penataan kompleks parlemen itu, dimasukkan ke usulan anggaran dewan pada 2018.

Postcomended   Akhir 2017 Jamaah Haji Bisa Naik Kereta Peluru Haramain

Sejak April lalu, dewan telah mengusulkan anggaran Rp 7,25 triliun atau naik 70 persen dari anggaran tahun ini yang mencapai Rp 4,2 triliun. Namun menurut Fahri, pemerintah baru menyetujui Rp 5,7 triliun.**(ra)

Share the knowledge