Foto Mesra Maia Estianty-Al Ghazali 'Pacaran' di Cosmopolitan - 5 infospesial.net500 × 500Search by image Foto Mesra Maia Estianty-Al Ghazali 'Pacaran' di Cosmopolitan

Foto Mesra Maia Estianty-Al Ghazali ‘Pacaran’ di Cosmopolitan – 5 infospesial.net500 × 500Search by image Foto Mesra Maia Estianty-Al Ghazali ‘Pacaran’ di Cosmopolitan

Siapa tak kenal Maia Estianty, ibu dari tiga remaja ngetop negeri ini, Al, El, dan Dul. Mantan istri musisi Ahmad Dhani ini juga jago menulis lagu dan bermain musik. Tapi pasti banyak yang baru mengetahui bahwa Maia adalah cucu dari istri pertama proklamator Indonesia, Soekarno. Ya, nenek Maia adalah Inggit Garnasih. Eh…bukan!

Melalui postingannya di akun Instagramnya pada Rabu (9/8/2017), Maia menyebutkan bahwa neneknya bernama Siti Oetari Tjokroaminoto, dan dia adalah istri pertama Sukarno. Seperti ini dia menulis:

My grandmother, Oetari Tjokroaminoto was the first wife of the first president of Indonesia, Soekarno… Nenek saya ini, Oetari Tjokroaminoto adalah istri pertama Presiden RI yang pertama, Soekarno”

Tulisan ini disertai posting foto mirror dia dan Oetari. Oetari sendiri adalah anak dari pahlawan pergerakan nasional Haji Omar Said (HOS) Tjokroaminoto, pendiri Sarikat Islam. Maia mendapatkan darah Oetari dari ayahnya. (http://m.bintang.com/celeb/read/3053356/maia-estianty-ungkap-neneknya-istri-pertama-presiden-soekarno?).

Postcomended   Uber Indonesia Terbelit Kasus Suap kepada Polisi

Oetari dalam buku “Penyambung Lidah Rakyat” karya Cindy Adams, disebut sebagai istri yang tidak pernah “disentuh” Sukarno. Setidaknya itu pengakuan Sukarno kepada Adams.

Seperti kita ketahui, Sukarno pernah ngekos di rumah Tjokroaminoto, hingga kemudian naksir anak Tjokroaminoto. Maklumlah, sang playboy lama tinggal di rumah Tjokroaminoto hingga mendapati anak sulung gurunya ini tumbuh menjadi gadis yang menarik.

Bagi Soekarno, Tjokroaminoto adalah guru yang dihormatinya. Dari Tjokro, Soekarno belajar banyak mengenai politik dan pergerakan.

H.O.S Tjokroaminoto adalah Ketua Sarikat Islam pertama, organisasi modern pertama di Indonesia. Ajaran dan didikannya terhadap muridnya selain membentuk seorang Bung Karno yang nasionalis, juga melahirkan beberapa tokoh nasional lain seperti Kartosuwiryo yang agamis; pendiri DI TII, serta Muso Alimin yang berhaluan sosialis komunis, yang dikenal dalam pemberontakan PKI Madiun. (https://m.merdeka.com/profil/indonesia/r/raden-hadji-oemar-said-tjokroaminoto/).

Singkat cerita, Oetari yang kala itu masih 16 tahun, menikah dengan Sukarno yang telah menjadi pemuda menarik berumur 20 tahun, di tahun 1921.

Postcomended   19, 20, 21 Agustus dalam Sejarah: Perbudakan di AS Dimulai

Namun rupanya ada insiden yang entah kenapa menjadi alasan Kusno, begitu nama kecil Sukarno dulu, menjadikan pernikahannya renggang. Saat menikah, pakaian Sukarno yang kebarat-baratan (mengenakan dasi) dikritik penghulu karena kurang islami.

Dikutip dari buku “Istri-istri Sukarno”, Sukarno tidak terima kritik itu, bahkan sempat mengancam membatalkan pernikahan. Saking emosi, Sukarno ingin menenangkan diri dengan merokok.

Namun saat menyalakan korek api, apinya malah membakar tangannya. Dia berdalih bahwa peristiwa itu merupakan firasat tidak baik dalam pernikahannya dengan Oetari.

Pernikahan tetap dilanjutkan, meskipun Sukarno kemudian mengaku tak pernah “menyentuh” Oetari. Alasan lain selain firasat tesebut, Oetari dianggap masih terlalu muda.

Kepada Cindy Adams, Soekarno mengatakan Siti Oetari tetap dijaganya dalam keadaan “suci”. Meskipun Sukarno mengatakan bahwa dia bukannya tak menyayangi Oetari.

Saat Oetari sakit, Sukarno mengaku seperti ini: “Berkali-kali aku mengelap tubuhnya yang panas dengan alkohol dari ujung kepala sampai ke ujung jari kakinya. Namun, tidak sekali pun aku menjamahnya.”

Postcomended   Raih 83,3% SMS, Nama "Gelora Bandung Lautan Api" Diresmikan (2)

“Kami tidur berdampingan di satu tempat tidur, tetapi secara jasmaniah kami kakak beradik,” ucap Soekarno.

Namun penulis buku biografi Soekarno, Lambert Giebels, merahukan ucapan Sukarno. Tidak mungkin kata Giebels, Oetari yang secara fisik menarik, didiamkan Soekarno. (http://nasional.kompas.com/read/2016/02/14/16182181/Siti.Oetari.Istri.Pertama.yang.Tidak.Pernah.Disentuh.Soekarno).***(ra)