Iklan Digital vs Iklan Konvensional herosoftmedia.co.id600 × 400Search by image

Iklan Digital vs Iklan Konvensional herosoftmedia.co.id600 × 400Search by image

Kertas adalah lembaran  tipis berserat yang dibuat dari pulp. Kertas pertama kali ditemukan oleh seorang kasim Cina. Tsai lun adalah seorang kasim di zaman dinasti Han. Tsai Lun membuat kertas dengan kulit kayu yang dipukul hingga serat-serat kayu menjadi longgar. Serat kayu kemudian dicampur dengan rami, kain bekasdan jala ikan. Penumbukkan dilanjutkan sampai campuran tersebut menjadi bubur. Bubur tersebut kemudian dipress hingga tipis dan dijemur hingga kering. Kertas akhirnya menjadi media tulis yang populer di China pada abad ketiga.  Media tulis sebelum hadirnya kertas adalah bambu dan kain sutra. Bambu sangat tidak efektif sebagai media tulis dan media penyimpanan data karena massa bambu sangatlah berat. Kain sutra memiliki massa yang ringan tapi harganya yang mahal jadi tidak efektif digunakan sebagai media tulis bagi masyarakat awam.

Kehadiran kertas membuat China mampu mengembangkan peradabannya dengan sangat pesat. Akhirnya masyarakat awam di China dapat mempelajari aksara Mandarin dengan murah. Kertas diekspor oleh China ke beberapa negara di benua Asia seperti Korea, Vietnam dan Jepang. Keunikan kertas sebagai media tulis membuat China merahasiakan proses pembuatannya dari negara lain.

Akan tetapi pada tahun 751 beberapa pembuat kertas di negara China ditangkap oleh beberapa orang Arab. Rahasia pembuatan kertas menyebar di negara Arab dan produksi kertas dibuka di negara Arab. Penyebaran proses pembuatan kertas berlanjut ke negara-negara Barat melalui perang salib.  Kertas menggantikan kedudukan papyrus dan kulit hewan sebagai media tulis.

Kertas memiliki harga yang lebih murah dibanding media tulis lainnya sehingga banyak digemari oleh seluruh penduduk di dunia. Pembuatan kertas secara konvensional dilaksanakan pertama kali di negara Eropa pada zaman revolusi industri. Kertas diproduksi secara masif dan mendorong manusia untuk menggunakan kertas. Kelahiran mesin cetak di Gutenberg turut mempengaruhi jumlah penggunaan kertas di dunia.

Penggunaan kertas pertama kali hanya sebatas sebagai media tulis. Selain itu kertas digunakan untuk menyimpan data perdagangan dan ilmu pengetahuan. Penggunaan kertas kemudian meluas ketika manusia mulai menciptakan buku guna menyebarluaskan ilmu-ilmu pengetahuan. Kertas digunakan sebagai media lukis seperti potret manusia dan peta ketika bangsa Eropa memulai penjelajahan ke benua-benua lainnya. Pada zaman industrialis, informasi dituntut untuk berpindah lebih cepat. Surat merupakan sarana komunikasi jarak jauh yang paling diminati saat itu. Koran dan majalah juga mulai bermunculan saat itu sehingga penggunaan kertas menjadi semakin luas.

Memasuki era digital, fungsi kertas banyak yang mulai tergantikan oleh perkembangan teknologi yang pesat. Penggunaan kertas mulai berkurang karena masyarakat dunia mulai menyadari asal usul bahan baku kertas. Semakin banyak kertas yang digunakan maka semakin banyak pohon yang ditebang untuk membuat pulp. Gundulnya hutan membuat suhu dipermukaan bumi meningkat. Hal ini membuat bumi semakin panas dan tidak nyaman untuk dihuni. Masyarakat dunia kini mulai mengakali jenis jenis alternatif baru untuk menggantikan fungsi kertas.

Postcomended   Kali Temi Kini Super Bersih Bagai Cheonggyecheon-nya Lumajang

Pengurangan kertas untuk mencetak buku dan dokumen yang paling menyita perhatian. Buku dan dokumen yang biasa dicetak dalam jumlah banyak kini sudah dapat dilampirkan dalam bentuk elektronik yang dapat disimpan dalam memori komputer, laptop atau smartphone. Biasanya kita dapat melihat mahasiswa membawa buku setinggi badannya keluar dari perpustakaan sebagai referensi belajarnya. Kini sudah jarang dijumpai peristiwa demikian. Dulunya di kantor dapat kita jumpai dengan mudah tumpukan kertas yang memenuhi rak arsip. Kini dokumen yang memenuhi rak tersebut sudah jauh berkurang jumlahnya. Duplikasi dokumen yang biasa menggunakan mesin fotokopi kini hanya dengan mengklik beberapa kali dan duplikat dokumen akan terbentuk dalam beberapa detik tergantung ukuran memori dokumen. Aplikasi seperti email dibuat untuk mempermudah penyebaran buku dan dokumen elektronik.

Kedua yaitu uang tunai yang terbuat dari kertas mulai tergantikan oleh e-money. Kehadiran e-money memudahkan para penggunanya dengan cukup mengambil selembar kartu, stiker yang ditempel dibelakang smatphone atau bahkan tinggal masuk dalam akun mereka melalui smartphone dan mereka dapat melakukan transaksi dalam jumlah besar tanpa harus mengambil uang tunai yang banyak. Contoh pengganti uang tunai dalam bentuk kartu yaitu kartu kredit, kartu debit, e-toll card, dan lain lain.

Ketiga yaitu tiket pesawat dan kereta api yang sudah diganti dengan e-tiket. Tiket dari pelanggan akan dikirim ke email mereka. Pelanggan dapat menunjukkan tiket kepada petugas melalui smartphone mereka. Pelanggan yang ketinggalan tiket mereka dapat menunjukkan tiket mereka dengan hanya mengakses email mereka dan membuka kembali tiketnya. Yang menjadi poin penting dari tiket tersebut yaitu kode rahasia yang ada terdapat dalam tiket tersebut. Kode tersebut akan memberikan informasi mengenai penumpang yang akan dicocokan oleh petugas melalui tanda pengenal penumpang.

Postcomended   Pensiunan Pejabat Negara dan Polisi Diduga Terlibat Pemerkosaan dan Pembunuhan Bocah 8 Tahun

Yang terakhir dan yang paling mencolok yaitu sistem komunikasi. Dulu ketika kita ingin berkomunikasi dengan lawan komunikasi yang berjarak jauh maka surat merupakan alternatif yang paling baik saat itu. Penggunaan kertas sebagai tempat menulis dan amplop surat. Sekarang dengan hanya mengandalkan jaringan internet dan smartphone kita dapat berkomunikasi dengan orang yang kita mau dimana dan kapan ia berada.

Apakah tanda-tanda diatas menunujukkan bahwa kertas akan punah? Tentu saja kertas tidak akan punah dari dunia ini. Fitur-fitur dari teknologi digital tidak dapat sepenuhnya menggantikan fungsi kertas secara utuh.

Contoh pertama dimulai dari kasus anak batita yang berlatih menulis. Para ahli tidak menyarankan orang tua untuk menggunakan tab sebagai sarana berlatih menulis pada anak. Hal ini tentunya dapat merusak mata anak. Radiasi sinar biru dari tab membuat melemahnya kekuatan lensa pada mata anak. Anak –anak yang sering menggunakan tab cenderung akan mendapat minus mata yang lebih tinggi dibanding anak semumurannya yang jarang menggunakannya. Selain itu dengan menulis diatas kertas dapat melatih motorik halus pada anak. Selain anak-anak, para orang tua juga disarankan menulis diatas kertas karena dapat memperkuat daya ingat. Kelebihan kertas yang tidak dapat tergantikan yaitu akses data tanpa harus memperhatikan kehadiran listrik. Data diatas lembaran kertas juga tidak akan hilang karena virus komputer dan penyakit teknologi lainnya. Kelebihan kertas tersebut menjadi alasan utama mengapa dokumen penting seperti ijazah dan piagam masih dicetak diatas selembar kertas.

Cup yang terbuat dari kertas digunakan sebagai pengganti cup plastik dalam menghidangkan minuman panas. Cup plastik tidak disarankan untuk menghidangkan minuman panas karena zat kimia pada plastik dapat terlarut dengan mudah dengan minuman. Harga cup kertas yang murah dibanding cup kaca atau keramik sehingga cocok digunakan sebagai cup sekali pakai dan hal ini dapat menungurangi biaya penyajian. Penyajian kopi panas juga disertai dengan pegangannya yang memudahkan konsumen untuk menggenggam cup kopi yang panas. Pegangannya juga terbuat dari kertas yang tebal untuk mengurangi suhu cup panas yang bersentuhan dengan permukaan tangan.

Postcomended   Hari Ini dalam Sejarah: Angela Bowie Bongkar Hubungan Intim David Bowie dan Mick Jagger

Kertas tissue menjadi barang penting yang selalu ada di setiap tas wanita. Kertas tissue merupakan pembersih yang paling efisien dibanding sapu tangan atau kain. Pembersihan menggunakan kain atau sapu tangan membuat penggunannya harus menyucinya hingga bersih agar dapat digunakan untuk kedua kalinya. Jika bertemu dengan kotoran yang dapat meninggalkan noda bandel maka dapat merusak keindahan pada kain atau sapu tangan. Lain halnya dengan tissue yang hanya dapat digunakan sekali dan langsung dibuang. Penggunaan kedua kali cukup menarik tissue dari bungkusaannya. Selain mudah ternyata tissue juga memiliki harga yang murah.

Kertas juga dicetak bermotif dan berbentuk unik untuk memenuhi hobi manusia dalam membuat karya seni. Kertas warna-warni dapat dilipat agar membentuk berbagai macam hewan dan bunga. Putaran kertas quiling dapat membentuk wajah hewan, manusia dan motif lainnya. Kertas bermotif dapat direkatkan di dinding untuk memperindah ruangan dengan berbagai motif tanpa harus menghabiskan waktu pelukisan dan pengecatan yang repot dan hasil yang tidak menjanjikan. Berbagai bentuk lipatan origami dan kuiling kemudian dapat dirangkai menjadi sebuah karya seni yaitu pop up art. Pop up art merupakan karya seni tiga dimensi yang sedang naik daun. Bingkai foto dikolaborasikan dengan pop up art memebuat bingkai foto tersebut unik dan mempunyai ciri khas sendiri yang dapat menggambarkan suasana dalam foto tersebut.

Share the knowledge