Wisata

Maret 2019 Batam Bakal Gelar Festival Makanan Jalanan Terbaik Tiga Negara

Share the knowledge

 

Martabak mini khas Batam (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=HOrPkwrkLtw)

Makanan jalanan khas Batam (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=HOrPkwrkLtw)

Bingung mau piknik kemana Maret ini? Batam akan menjadi tuan rumah “The Best of Street Food”  pada Maret 2019 ini. Fetival kuliner ini akan menghadirkan berbagai masakan  khas dari tiga negara berbeda di Asia: Indonesia, Thailand, dan Malaysia.

Wakil Asisten Pemasaran Regional Kementerian Pariwisata, Dessy Ruhati, mengatakan Senin (25/2/2019), Batam adalah surga kuliner karena keberagaman etnis di sana memberikan rasa yang berbeda-beda pada masakan khas mereka.

“Kekayaan kuliner ini telah menyebabkan timbulnya ide untuk mengadakan acara ini; The Best of Street Food, Maret mendatang. Ini bertujuan untuk tidak hanya memperkenalkan berbagai jenis makanan tetapi juga untuk menarik pengunjung ke Batam,” ujar Dessy, seperti dilansir Antaranews.

Dijelaskan bahwa koki-koki dari tiga negara tersebut akan menyajikan beberapa masakan favorit lokal mereka, mulai Ayam Penyet, Martabak Manis, Gado-Gado, dan Ikan Bakar.

Sementara itu Malaysia akan fokus pada masakan dari Penang, yang merupakan negara bagian di pantai barat laut Semenanjung Malaysia. Karena Penang dihuni oleh orang Melayu, Cina, dan India, seni kulinernya didasarkan pada masing-masing komunitas etnis.

Postcomended   Tabuhan Island Banyuwangi Pro KiteBoarding 2015

Namun di festival ini, para koki Malaysia akan menyajikan Fried Kway Teow, Prawn Mee, dan Ais Kacang (Ice Kachang). Sedangkan koki-koki Thailand akan menyajikan beberapa makanan favorit Thailand, seperti Pandan Chicken; Thai Hor Fun, atau mie nasi yang dimasak dengan saus; dan Vietnam Roll.

Ketiga negara ini memiliki beberapa kesamaan dalam hal jenis makanan yang mereka tawarkan. Misalnya untuk Thai Hor Fun, Penang juga memiliki hidangan yang disebut Char Hor Fun. Di Indonesia, jenis hidangan ini disebut Kwetiau Siram, atau mie putih dalam saus. Setiap negara, masakan ini memiliki adaptasi sendiri yang dikatakan berasal dari Shahe, Guangzhou, Cina.

Postcomended   Kolaborasi si Burung Camar dengan Ikmal Tobing Hangatkan Gelaran Ijen Jazz 2017

Batam dipandang sebagai surga kuliner karena dihuni oleh etnis yang berbeda yang membawa berbagai masakan yang tidak dimiliki daerah lain. Festival ini juga terkenal dengan festival internasionalnya, termasuk Festival Mode dan Makanan Internasional Batam (BIFF) dan Karnaval Budaya Internasional Batam (BICC).

Kementerian Pariwisata Indonesia berupaya keras menarik pengunjung dari luar negeri serta orang Indonesia untuk mempromosikan dan memperkenalkan tidak hanya tujuan wisata di Batam tetapi juga masakannya.

“Semoga acara ini akan sukses besar, jadi bisa diadakan lagi tahun depan. Kami sepenuhnya mendukung jenis acara ini karena selalu menarik pengunjung baru,” kata Deputi Pemasaran Kementerian Pariwisata, Rizky Handayani.

Acara ini diharapkan menjadi spektakuler karena pengalaman kuliner yang beragam yang akan ditawarkan di Batam View, Batam, Kepulauan Riau, tepatnya pada 2 Maret mendatang.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top