Ekonomi

Masalah Populasi di Jepang Kian Pelik: Pada 2045 Hanya Tokyo yang Naik

Share the knowledge

Menlu Taro minta media perbaiki penulisan nama orang Jepang alinea.id Seharusnya nama keluarga ditaruh terlebih dahulu ketika menulis nama-nama Jepang.

Menlu Taro minta media perbaiki penulisan nama orang Jepang alinea.id Seharusnya nama keluarga ditaruh terlebih dahulu ketika menulis nama-nama Jepang.

Jepang begitu merindukan kelahiran anak-anak. Rumah-rumah sakit memberi kemudahan dan macam-macam bonus bagi kelahiran anak, bahkan terhadap anak-anak non Jepang. Kabar terbaru misalnya menyebutkan, populasi Jepang pada 2045 diperkirakan akan turun di mana-mana kecuali di Tokyo. Bahkan menurut perkiraan pemerintah, proyeksi pertumbuhan ibukota akan marjinal (naik tipis).

Perkiraan yang diproduksi oleh Institut Penelitian Kependudukan dan Jaminan Sosial Nasional Jepang ini, seperti dilaporkan Japan Today, menunjukkan populasi Negeri Matahari Terbit ini diperkirakan akan turun sekitar 20 juta dibanding data 2015, yakni hanya 106,42 juta pada 2045,

Pengumuman tersebut merupakan perkiraan prefektur-per-prefektur oleh institut tersebut, yang pada April lalu memperkirakan populasi Jepang akan turun di bawah 100 juta pada 2053, dan menyusut menjadi 88,08 juta pada 2065.

Postcomended   4 Destinasi Malang yang Sayang Terlewatkan!

Data terakhir menunjukkan persentase orang yang berusia 65 tahun atau lebih akan melebihi 30 persen di ke-47 prefekturnya, meskipun peningkatan terbaru dalam angka kelahiran telah memperlambat laju penurunan populasi.

Selama periode 30 tahun, penduduk Tokyo diperkirakan akan meningkat 0,7 persen marjinal, sementara Prefektur Akita menderita penurunan populasi terbesar 41,2 persen.

Pada 2045, Akita juga diproyeksikan akan menjadi rumah bagi persentase tertinggi orang berusia 65 atau lebih tua di 50,1 persen, dan persentase terkecil anak-anak hingga usia 14 tahun di 7,4 persen.

Postcomended   Ada Indomie di Balik Kesuksesan Program Imunisasi Polio di Nigeria

Populasi Jepang akan lebih terkonsentrasi di daerah metropolitan, dengan Tokyo menjadi 12,8 persen, diikuti oleh Prefektur Kanagawa di dekatnya pada 7,8 persen, dan Prefektur Osaka di 6,9 persen, menurut proyeksi. Itu berarti lebih dari satu di setiap empat penduduk Jepang akan tinggal di tiga prefektur tersebut.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top