Masih Ingat Kasus Marsinah? Kepergian Wanita Pejuang Hak Buruh ini ... Grid.ID700 × 393Search by image Masih Ingat Kasus Marsinah? Kepergian Wanita Pejuang Hak Buruh ini Masih Meninggalkan Misteri

Masih Ingat Kasus Marsinah? Kepergian Wanita Pejuang Hak Buruh ini … Grid.ID700 × 393Search by image Masih Ingat Kasus Marsinah? Kepergian Wanita Pejuang Hak Buruh ini Masih Meninggalkan Misteri

Wes yo rek, perjuangane awak dewe wes mari. Upahe awak dewe wes diundakno. Saiki, aku titip. Ayo kerjo sing temen, gawe masa depane awak dewe sesuk (Sudah iya, rek, perjuangan kita semua sudah selesai. Upah kita sudah dinaikan. Sekarang, saya titip. Ayo kerja yang benar, buat masa depan kita),” Begitu kata-kata Marsinah yang diingat Uus, rekan sepekerjaannya.

Tagar #MasihIngat #Marsinah yang di antaranya diserukan akun Twitter Kontras mengingatkan lagi Indonesia pada Marsinah. Tak lama setelah Indonesia memperingati Hari Buruh, sejumlah masyarakat—termasuk buruh dan mahasiswa—turun ke jalan memperingati wafatnya Marsinah.

Kemarin, Minggu (7/5/2017), sejumlah buruh berkumpul di Jalan Dipenogoro, Kota Bandung, Jawa Barat. Untuk mengenang Marsinah, lilin-lilin dinyalakan untuk memperkhidmat doa.

Marsinah adalah seorang buruh yang ditemukan tewas akibat penganiayaan pada 8 Mei 1993. Kepergiannya tak lama berselang setelah ia menyuarakan tuntutan kenaikan upah. Kasusnya menuai perhatian dunia.

Sementara itu, di Yogyakarta, sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Serikat Pembebasan Perempuan (Siempre) memakai topeng berwajah Marsinah di Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta, Senin (8/5/2017).

Kepada Kompas.com, Fitri Lestari, seorang anggota Siempre menyatakan,

4 Aktivis Ini Tewas Mengenaskan di Tengah Perjuangannya, Kisahnya ... Grid.ID700 × 700Search by image 4 Aktivis Ini Tewas Mengenaskan di Tengah Perjuangannya, Kisahnya Masih Jadi Misteri Sampai Kini

4 Aktivis Ini Tewas Mengenaskan di Tengah Perjuangannya, Kisahnya … Grid.ID700 × 700Search by image 4 Aktivis Ini Tewas Mengenaskan di Tengah Perjuangannya, Kisahnya Masih Jadi Misteri Sampai Kini

“Marsinah antikapitalisme, antiimperialisme, antipatriarkhi, antiseksisme, antifeodalisme, dan alntimiliterisme. Dan kita tahu, Marsinah mati karena ada campur tangan investor dan militer di dalamnya,” ujar Fitri. Itulah alasan Marsinah patut dikenang.

Simon Iskra (25), kordinator aksi Siempre mengatakan bahwa aksi menggunakan topeng bergambar Marsinah ini bertujuan untuk meneruskan perjuangannya dan menegaskan bahwa Marsinah-marsinah lain akan tumbuh lebih banyak lagi,” ujarnya.

Berbagai aksi yang dilakukan di berbagai daerah—termasuk tagar #Marsinah dan #IngatMarsinah di dunia maya—diharapkan dapat menjadi pengingat pemerintah Indonesia. Banyak kasus terkait Hak Asasi Manusia (HAM) yang luput dari perhatian pemerintah maupun publik.***

Marsinah, Misteri di Hutan Wilangan 24 Tahun Lalu - News Liputan6.com Liputan6.com673 × 373Search by image Mereka menuntut pemerintah untuk mengusut pelanggaran HAM terhadap Marsinah(Liputan6.com/Faizal Fanani)

Marsinah, Misteri di Hutan Wilangan 24 Tahun Lalu – News Liputan6.com Liputan6.com673 × 373Search by image Mereka menuntut pemerintah untuk mengusut pelanggaran HAM terhadap Marsinah(Liputan6.com/Faizal Fanani)

Share the knowledge