Ekonomi

Masih Tersegel, Game Langka Mario Bros Terjual Ratusan Juta Rupiah

Share the knowledge

10 Game Langka Berharga Ratusan Juta, Gak Habis Pikir Deh Images may be subject to copyright. Find out more Related images

10 Game Langka Berharga Ratusan Juta, Gak Habis Pikir Deh Images may be subject to copyright. Find out more Related images

DKOldies, seller game berbasis di Pennsylvania, Amerika Serikat (AS) raup ratusan juta rupiah setelah menjual game langka Super Mario Bros di eBay. Padahal semula dia tak tahu bahwa game tersebut langka. Game tersebut, yang masih tersegel, terjual seharga 30 ribu dolar AS atau sekitar Rp 400 juta. Super Mario Bros memang tidak ada matinya, khususnya untuk generasi yang pernah muda di 1980-an akhir dan 1990-an, terlebih untuk para kolektornya.

Menurut CEO DKOldies, Drew Steimel, perusahaannya memutuskan untuk menaruh sebuah copy game Super Mario Bros yang dirilis pada 1985 di eBay pekan lalu. Dia tidak mengetahui game itu ternyata langka. Steimel membuka dengan harga sangat murah, 1 sen dolar AS.

Beberapa jam sebelum lelang ditutup, harganya sudah melonjak hingga 6.000 dolar AS atau sekitar Rp 80 juta. “Menit terakhir (harganya) mulai menanjak naik,” kata Steimel seperti dikutip Kompas dari Mashable.

Dan dalam 10 detik terakhir harganya sudah meningkat dari 6.000 dolar AS ke 30.000 dolar AS. Steimel mengungkapkan ini merupakan game termahal yang berhasil dilelang DKOldies.

Postcomended   5 November dalam Sejarah: Parker Bersaudara Mengeluarkan Permainan Monopoli

Diceritakan Steimel game Super Mario Bros langka tersebut –dan beberapa judul game NES (Nintendo Entertainment System) lainnya yang tampak baru dan belum dibuka bungkusnya– dibiarkan tergeletak begitu saja di kantornya.

Setelah didiamkan selama bertahun-tahun, ia akhirnya memutuskan melelangnya. Karena masih tersegel, Steimel tidak tahu apakah kondisi game tersebut masih bagus atau tidak.

Salah satu yang menyebabkan game Super Mario Bros ini bisa laku dengan harga sangat tinggi menurut anggota forum game NintendoAge karena game ini bukan paket bundling, melainkan penjualan terpisah. Inilah yang membuatnya menjadi super langka.

Game Super Mario Bros biasanya selalu dijual secara bundling dengan konsol NES.

“Copy game yang terjual (dalam lelang) ini berasal dari waktu sebelum Nintendo memutuskan untuk mem-bundle (konsol dan game). Nintendo hanya melakukannya sebentar,” lanjut anggota forum game NintendoAge tersebut.

Para peminat bisa mengetahui copy game ini super langka dari kotak penjualannya. Terdapat semacam gantungan di bagian belakang kotak. Artinya, copy game ini memang sengaja dibuat untuk dijual di rak-rak toko, tidak secara bundling dengan NES.

Postcomended   Kontroversi Fidget Spinner: Dari Bahaya Tersedak hingga Merusak Konsentrasi

Si Pencipta game Tukang Ledeng Bersaudara

Super Mario Bros adalah karakter game legendaris bikinan pria Jepang bernama Shigeru Miyamoto (62).

Di kala berumur 7 tahun, Shigeru senang bertualang di desa kelahirannya Sonobe, Kyoto, Jepang. Dia misalnya menemukan gua yang menjadi tempat bermainnya. Petualangannya semasa bocah itulah yang menjadi sumber inspirasi dia dalam membuat game-game legendarisnya. Game legendaris lainnya karya dia misalnya Donkey Kong.

Selulus dari Kanazawa Municipal College of Industrial Arts, dia sempat menyukai seni Manga, dan membuatnya ingin menjadi komikus saja. Tapi takdir berkata lain. Atas bantuan ayahnya yang kenal dengan presiden Nintendo waktu itu, Hiroshi Yamauchi, Shigeru berjodoh dengan Nintendo.

Nintendo awalnya hanya perusahaan Jepang yang relatif kecil, menjual mainan seperti kartu. Pada pertengahan 1960-an, barulah Nintendo merintis pembuatan game.

Karya pertama Shigeru di Nintendo, Sheriff dan Radar Scope (1980), meskipun cukup sukses di Jepang namun kurang laku di Amerika utara. Banyak kopi tak terjual. Nintendo hampir bangkrut, namun kemudian diselamatkan game Donkey Kong.

Postcomended   Dalam Kasus Jika Anda Tergoda Membeli Trio iPhone Terbaru

Setelah sukses Donkey Kong, barulah kemudian Shigeru menggarap game si tukang ledeng Mario Bros yang awalnya diberi nama Jump Man, hingga akhirnya berhasil masuk jajaran game terlaris sepanjang masa.

Sukses Mario Bros dengan Nintendonya membuat Shigeru disebut-sebut sebagai bapak video game modern. Majalah Time pernah menyebut Shigeru sebagai Stephen Spielberg-nya dunia game. Sedangkan media Inggris, Telegraph, menyebutnya sebagai desainer game paling berpengaruh sepanjang masa. ***(ra)


Share the knowledge
To Top