Loading...
Ekonomi

Maskapai Saudi Batalkan Beli Jet 737 Max Senilai 6 Miliar Dolar, Pukulan Terbaru Boeing

Share the knowledge

Maskapai Arab Saudi mengalihkan pemesanan Boeing 737 Max-nya ke Airbus, termasuk opsi ke A320Neo, jet yang sekelas dengan Max (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=KEzFw2S8Ne8)

Maskapai Arab Saudi mengalihkan pemesanan Boeing 737 Max-nya ke Airbus, termasuk opsi ke A320Neo, jet yang sekelas dengan Max (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=KEzFw2S8Ne8)

Satu maskapai berbiaya rendah Saudi telah berpindah memesan 30 pesawat Airbus. Kesepakatan dengan pembuat jet Eropa ini menggantikan perjanjian 6 miliar dollar AS dengan Boeing untuk 737 Max jet-nya yang bermasalah setelah dua kecelakaannya mematikan.

Ini adalah pukulan terbaru bagi Boeing yang sedang berjuang untuk mendapatkan kembali kepercayaan publik setelah 346 orang tewas dalam dua kecelakaan yang melibatkan jet Max-nya: kecelakaan terhadap Lion Air dan Ethiopian Airlines.

Hampir 400 jet Max di seluruh dunia digudangkan (grounded) sejak pertengahan Maret. Maskapai pemiliknya tidak dapat mengoperasikan pesawat tersebut sampai regulator menyatakan bahwa mereka aman untuk terbang lagi.

Flyadeal, anak perusahaan Saudi Arabian Airlines Corp, mengatakan, Senin (8/7/2019), dengan pesanan kepada Airbus ini berarti armadanya hanya terdiri dari Airbus A320. Dikatakan kesepakatan dengan pembuat pesawat Eropa ini termasuk opsi untuk 20 pesawat A320 Neo lebih lanjut. Pesawat A320 Neo adalah jet dengan spesifikasi berhadap-hadapan langsung dengan Max.

Postcomended   Siswa “Night Owl” Rentan Mengalami “Jet-lag Sosial”

Pernyataan itu tidak menyebutkan nama Boeing dan tidak mengungkapkan rincian biayanya, melainkan hanya mengatakan bahwa itu mengikuti perjanjian yang ditandatangani selama Paris Air Show bulan lalu antara Airbus dan perusahaan induk flyadeal.

Sementara itu, Boeing sedang sibuk menghadapi puluhan tuntutan hukum atas kecelakaan 737 Max-nya. Investigasi awal menunjukkan peran yang dimainkan oleh perangkat lunak baru yang mendorong hidung pesawat menukik ke bawah.

Perusahaan yang berbasis di Chicago, Amerika Serikat (AS), ini, mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada The Associated Press, Senin, mereka tidak mengomentari apa yang dilakukan pelanggan. Sebaliknya, Boeing mengatakan bangga atas kemitraannya yang panjang dengan industri penerbangan Arab Saudi, dan mendoakan operasional Flyadeal berjalan lancar.

“Tim kami terus fokus untuk mengembalikan 737 Max dengan aman dan melanjutkan pengiriman pesawat Max.”
Pada Desember 2018, Boeing telah mencapai kesepakatan dengan flayadeal untuk memesan 30 unit 737 jet Max dengan opsi untuk membeli 20 lebih dalam kesepakatan senilai hingga 5,9 miliar dollar AS.

Postcomended   Orang Uyghur yang Melarikan Diri ke Barat Dibombardir Pesan Teks Mengancam

Pada saat itu, Boeing mengatakan flyadeal telah melakukan evaluasi untuk 50 pesawat berbadan sempit dan telah memilih 737 Max untuk masa depan bisnisnya.

Jet 737 Max, yang menjanjikan lebih banyak kursi dan biaya operasi lebih rendah daripada pesaing Airbusnya, adalah pesawat Boeing yang paling cepat terjual, yang telah mengumpulkan lebih dari 4.800 pesanan darii seluruh dunia. Pada April 2019, Boeing melaporkan biaya 1 miliar dollar AS terhadap pendapatan karena biaya produksi yang lebih tinggi untuk Max.

Analis mengharapkan lebih banyak biaya akan mengikuti, termasuk kompensasi untuk keluarga dan untuk maskapai yang telah kehilangan penggunaan pesawatnya sampai regulator membersihkan mereka untuk dapat terbang lagi.

Boeing telah meminta maaf atas hilangnya nyawa dan baru-baru ini mengumumkan “investasi awal” sebesar 100 juta dollar AS (sekitar 1,4 triliun lebih) selama beberapa tahun untuk membantu keluarga dan masyarakat yang terkena dampak dari kecelakaan itu.

Postcomended   Jack Ma Ingin Terapkan Pola Jam Kerja "996" yang Cukup Kejam

Pengacara yang menuntut Boeing atas nama keluarga penumpang mengatakan, 100 juta dollar AS tidak akan menghentikan mereka dari menuntut Boeing memberikan rincian tentang bagaimana pesawat dan perangkat lunak pengontrol penerbangan dikembangkan.***

Loading...


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Loading...
To Top