Agustus 2009 | Haba Doenya Haba Doenya - blogger250 × 250Search by image Wikipedia Perketat Aturan Mengedit Artikel

Agustus 2009 | Haba Doenya Haba Doenya – blogger250 × 250Search by image Wikipedia Perketat Aturan Mengedit Artikel

Ketika Wikipedia diluncurkan pada 2001 oleh Jimmy Wales, tujuannya adalah untuk “mengumpulkan semua pengetahuan manusia” dan membuatnya tersedia gratis untuk dunia. Enam belas tahun kemudian, ensiklopedia bebas dan situs paling populer kelima di dunia ini tengah dalam perjalanan menuju tujuan tersebut. Saat ini, Wikipedia adalah rumah bagi 43 juta artikel dalam 285 bahasa dan semua artikel ini ditulis dan diedit oleh sekelompok sukarelawan internasional.

Daniel Oberhaus dari situs Vice menulis, meskipun Yayasan Wikimedia dengan tekun melacak bagaimana editor dan pengguna berinteraksi dengan situs ini, sampai saat ini belum jelas bagaimana produksi konten di Wikipedia didistribusikan di antara para editor.

Menurut sebuah penelitian baru-baru ini yang mengamati 250 juta suntingan yang dibuat di Wikipedia pada sepuluh tahun pertama, mayoritas atau 77 persen konten di situs tersebut dihasilkan oleh hanya 1 persen editornya.

 

“Wikipedia adalah organisasi dan gerakan sosial,” ujar Sorin Matei, direktur Jaringan Pengambilan Data Universitas Purdue dan penulis utama studi tersebut, mengatakan kepada penulis via telepon.

wayangk | sekedar catatan... sekedar catatan...479 × 333Search by image wayangk | sekedar catatan.

wayangk | sekedar catatan… sekedar catatan…479 × 333Search by image wayangk | sekedar catatan.

“Asumsinya adalah bahwa ini adalah hasil kreasi keroyokan, tapi tidak bisa jauh dari kebenaran. Wikipedia tidak akan mungkin terjadi tanpa kepemimpinan yang berdedikasi.”

Saat ini ada sekitar 132 ribu editor terdaftar yang aktif di Wikipedia (ada juga sejumlah Wikipedians yang tidak terdaftar yang berkontribusi ke situs ini). Jadi secara statistik, hanya ada sekitar 1.300 orang yang menciptakan lebih dari tiga perempat dari 600 artikel baru yang diposkan ke Wikipedia setiap hari. Tentu saja angka “1 persen” ini telah berubah selama satu setengah dekade terakhir.

Menurut Matei, sekitar 40 persen dari 1 persen editor teratas berkontribusi setiap lima minggu. Pada hari-hari awal, ketika hanya ada beberapa ratus ribu orang berkolaborasi di Wikipedia, Matei mengatakan bahwa produksi konten secara signifikan lebih adil.

sekedar catatan... sekedar catatan...400 × 267Search by image sekedar catatan.

sekedar catatan… sekedar catatan…400 × 267Search by image sekedar catatan.

Tapi seiring berkembangnya ensiklopedia online ini, dan jumlah kolaborator berkembang seiring dengan itu, kader editor die-hard muncul yang telah memperhitungkan sebagian besar pertumbuhan Wikipedia sejak saat it

Matei dan rekannya Brian Britt, asisten profesor jurnalisme di South Dakota State University, menggunakan algoritma pembelajaran mesin untuk merayapi seperempat miliar log edit yang tersedia untuk umum sejak satu dekade pertama Wikipedia.

Hasil penelitian ini, yang diterbitkan sebagai buku pada September 2017, menunjukkan bahwa untuk semua pretensi Wikipedia untuk menjadi sebuah situs yang diproduksi oleh sebuah jaringan yang secara bebas berkolaborasi dengan rekan-rekan sebayanya, “beberapa teman sebaya lebih setara dari yang lain,” menurut Matei.

Matei dan Britt berpendapat bahwa alih-alih menjadi organisasi yang terdesentralisasi dan berkembang secara spontan, Wikipedia lebih tepat digambarkan sebagai “adhocracy” –sebuah struktur kekuatan hierarkis yang stabil yang memungkinkan adanya mobilitas individu dalam tingkat tinggi dalam hirarki tersebut.

Matei mengatakan kepada penulis, Wikipedia tak ubahnya seperti organisasi lain. Para pemimpinnya kata Matei, sangat “memprihatinkan”; mereka menginvestasikan begitu banyak waktu mereka dan mengutamakan proses kolaborasi.” Dalam hal ini, Wikipedia tidak jauh berbeda dengan perusahaan media sosial komersial.

10 Perilaku Unik dan Buruk Hewan di Dunia | sekedar catatan... sekedar catatan...950 × 1206Search by image 10 Perilaku Unik dan Buruk Hewan di Dunia | sekedar catatan.

10 Perilaku Unik dan Buruk Hewan di Dunia | sekedar catatan… sekedar catatan…950 × 1206Search by image 10 Perilaku Unik dan Buruk Hewan di Dunia | sekedar catatan.

Dan seperti perusahaan-perusahaan ini, kepemimpinannya telah menciptakan bagian permasalahannya sendiri. Dalam satu audit yang dipublikasikan pada 2011, Yayasan Wikimedia menemukan bahwa mayoritas-91 persen-editornya adalah laki-laki.

Yayasan lalu menetapkan tujuan untuk memperkuat representasi perempuan di antara para editor menjadi 25 persen. Pada 2013, editor laki-lagi hanya 84 persen editor.

Jumlah editor aktif pada umumnya juga telah mengalami penurunan sejak 2006. Pada 2011, Yayasan Wikimedia menetapkan sendiri 200.000 editor aktif pada 2015, dan saat ini masih ada 70.000 editor yang kekurangan tanda aktif tersebut.

Seperti dirinci dalam fitur 2013 dalam kahian teknologi Masachusset Institute of Technology (MIT), penurunan jumlah editor aktif dengan lebih dari 10 suntingan di bawah batas mereka dikaitkan dengan sifat proses pengeditan yang semakin birokratis. Proses pengeditan semi otomatik dan ketat, pada awalnya diluncurkan sebagai cara untuk memerangi vandalisme di halaman Wikipedia.

Meskipun protokol baru menghasilkan penurunan praktik vandalisme, namun juga menghasilkan penurunan tajam editor baru yang bertahan 2 bulan setelah penyuntingan pertama mereka.

Penyusutan jumlah editor dan kurangnya keragaman di antara editor Wikipedia, cukup mengganggu. Tidak hanya melemahkan informasi yang tersedia, namun juga dapat muncul dalam peningkatan jumlah ‘kecerdasan buatan” yang menggunakan Wikipedia sebagai data pelatihan mereka.(***/vice)