Event

Media Asing Berbahasa Inggris Sorot Kasus Setya Novanto

Share the knowledge

Ini Peran Setya Novanto dalam Kasus E-KTP Versi KPK - News ... Liputan6.com640 × 360Search by image Lizsa Egeham/Liputan6.com

Ini Peran Setya Novanto dalam Kasus E-KTP Versi KPK – News … Liputan6.com640 × 360Search by image Lizsa Egeham/Liputan6.com

Kasus Setya Novanto mendapat perhatian media berbahasa Inggris, termasuk media asal Inggris the Guardian. Dalam judul “Indonesian Politician who Disappeared in Corruption Scandal Found in Hospital”, media ini menulis, pencarian terhadap juru bicara rumah wakil rakyat Indonesia, Setya Novanto (SN), yang hilang setelah menjadi sasaran surat perintah penangkapan, sampai pada akhir yang dramatis, Kamis, ketika dia dilaporkan ditemukan tidak sadarkan diri di rumah sakit.

Media berbahasa Inggris lainnya yang memuat berita mengenai skandal SN terbaru antara lain adalah situs ABC (Australia), coconut.com (Thailand), straittimes.com (Singapura)dan theaustralian.com. Guardian melansir, politisi papan atas tersebut sedang dalam perjalanan untuk menemui penyidik ​​lembaga anti-korupsi (KPK) saat mobilnya bertabrakan dengan tiang listrik di selatan Jakarta, kata pengacaranya, Fredrich Yunadi.

Novanto, yang adalah juru bicara parlemen dan ketua partai Golkar yang berpengaruh, diduga memainkan peran sentral dalam skandal korupsi besar-besaran yang melibatkan proyek kartu identitas elektronik, sebut Guardian.

Dikatakan, dia termasuk di antara sekelompok legislator dan pengusaha yang menerima jutaan dolar dari proyek tersebut, dengan kerugian negara 170 juta dolar AS.

Postcomended   New York Times: Facebook Izinkan Bing Melihat Data Teman Para Penggunanya

Setelah berulang kali menghindari panggilan untuk diinterogasi oleh KPK, selembar surat perintah penangkapan dikeluarkan pada Rabu malam (15/11/2017). Namun dia menghilang sampai berita tentang kecelakaan mobil tersebut terjadi pada Kamis malam.

Pengguna media sosial Indonesia, tulis Guardian, sebagian besar tidak percaya akan perkembangan terakhir dalam kasus ini. Beberapa orang secara sinis “memuji” SN karena masih terus berupaya melarikan diri dari undang-undang.

Postcomended   Beijing Dituding Paling Produktif Gunakan LinkedIn untuk Merekrut Mata-mata #SURUHGOOGLEAJA

Novanto dirawat di rumah sakit bulan lalu karena masalah jantung, ginjal dan vertigo. Kondisinya ini juga bertepatan dengan seruan dari KPK untuk interogasi skandal korupsi tersebut.

Pada waktu itu, satu foto Novanto di tempat tidur rumah sakit yang menunjukkan dia terhubung ke mesin pemantau jantung tapi detak jantungnya tampak datar –indikasi untuk kondisi meninggal atau tidak terhubung dengan mesin tersebut– memicu ejekan dan meme online.

Sementara itu situs berita ABC asal Australia, mengungkit dan memuat foto ketika SN datang ke kampanye Donald Trump pada 2016. Trump waktu itu, demikian ABC, memuji SN sebagai “great man”.(***/Guardian/ABC)


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top