MEIKARTA LIPPO CIKARANG: Lippo Bangun Kota Baru Meikarta Dengan ... meikarta cikarang183 × 200Search by image MEIKARTA CIKARANG

MEIKARTA LIPPO CIKARANG: Lippo Bangun Kota Baru Meikarta Dengan … meikarta cikarang183 × 200Search by image MEIKARTA CIKARANG

Seperti pesan yang disampaikan iklannya yang belakangan gencar diputar di televisi-televisi, Meikarta bagai solusi bagi siapapun yang sudah lelah dengan kondisi ala kota-kota “konvensional” di pulau Jawa yang berisik dan nyampah. Boss Lippo Group, penggagas Meikarta, mengatakan, 60 persen hunian di Meikarta akan diperuntukan bagi konsumen kelas menengah ke bawah. Benarkah? Mari kita telisik.

Megaproyek kota Meikarta resmi diluncurkan bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia ke-72, 17 Agustus 2017. Lokasinya, sesuai dengan identitas lokasi yang punya hajat; Lippo Group, berada di kawasan Cikarang, Bekasi.

Presiden Meikarta, Ketut Budi Wijaya, mengatakan, total lahan yang akan digunakan membangun kota terpadu ini mencapai 5.000 hektare. Berlokasi di antara industri-industri besar, dengan pola hunian apartemen, lengkap dengan tempat perbelanjaan, dan akses transportasi yang terintegrasi.

Di lokasi akan dibangun 100 gedung dengan ketinggian masing-masing sekitar 35-45 lantai. Ke-100 gedung itu untuk hunian sebanyak 250.000 unit, perkantoran strata title, 10 hotel bintang lima, pusat belanja, dan area komersial seluas 1,5 juta meter persegi.

Sebagai kota terpadu, tentu harus ada pusat kesehatan, pusat pendidikan berkelas nasional dan internasional, tempat ibadah, dll

Postcomended   Aktor Nicholas Saputra Menghadang Pemotor yang Naik ke Trotoar

Proyek ini diperkirakan akan menelan dana Rp 278 triliun. Dikerjakan bersama investor asal Korea Selatan, Cina, Taiwan, Singapura, Timur Tengah, dan Eropa.

Meskipun kata CEO Lippo Group, James Riyadi, saat menggelar jumpa pers 4 Mei lalu, sebagian besar dana berasal dari internal Lippo.

James mengklaim Meikarta merupakan proyek kota terbesar dan terpenting yang pernah dibangun Lippo sejak berdiri 67 tahun lalu. Desain kota ini, berikut infrastruktur dan kecanggihan teknologinya, berskala internasional.

Meikarta berlokasi di tengah-tengah koridor Jakarta-Bandung di mana 60 persen ekonomi nasional berada di kawasan Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Bandung. Koridor ini kata James, merupakan pusat industrialisasi di Indonesia, karena di sana banyak bermukim perusahaan-perusahaan nasional dan multinasional. Selain itu, Meikarta dikelilingi beberapa kota baru seperti Lippo Cikarang, Jababeka, dan MM2100.

Dalam dua dekade, James berharap Meikarta akan menjadi kota terpenting di seluruh Indonesia, atau semacam Shenzhen-nya Cina di Indonesia.

Shenzhen adalah kota besar di Provinsi Guangdong, berada di utara Hong Kong. Shenzhen merupakan satu dari lima kota terbesar dan terkaya di Cina. Pada 1980, Shenzhen ditetapkan sebagai Zona Ekonomi Khusus pertama di negeri Panda itu.

Postcomended   Awas, Kartu Kredit Jangan Digesek Dua Kali

Di tahap pertama, Lippo bakal membangun 400 ribu rumah yang ditargetkan rampung pada 2020. Sebelum itu, sekitar 50 gedung perkantoran dan apartemen direncanakan siap huni pada Desember 2018.

James menerangkan akan ada tujuh mal dengan total luas 1,5 juta meter persegi dibangun di Meikarta. Selain itu, juga akan didirikan sekitar seratus SD, 50 SMP dan SMA, tiga universitas, pusat riset, dan beberapa rumah sakit. Semua ini akan didukung sistem transportasi berlapis dan taman utama sebagai paru-paru kota.

James memastikan 60 persen hunian di Meikarta akan diperuntukan bagi konsumen kelas menengah ke bawah. Hal ini diperlihatkan dengan sejumlah kemudahan dalam memiliki rumah atau apartemen, yakni kredit berjangka 20-25 tahun dengan bunga mulai 8,25 persen, dan uang muka sepuluh persen.

Dengan booking fee Rp 2 juta, imbuh James, selanjutnya akan dikenakan uang muka hanya 10 persen. Dia juga menjelaskan, harga tanah di sekitar koridor Bekasi-Cikarang sebesar Rp 18-20 juta per meter persegi akan dipotong hingga 50 persen, menjadi di bawah Rp 12,5 juta per meter persegi.

“Kami berharap ini akan menjadi solusi bagi defisit 16 juta perumahan di Indonesia. Pasar Meikarta ini adalah seluruh Indonesia. Mereka mencari pekerjaan, di sanalah lapangan kerja diciptakan. Membangun keluarga baru, di sanalah tempatnya. Ini melebihi daripada kota-kota lain yang telah dibangun,” kata James.

Postcomended   Menjadi Mualaf Istiqomah

Dengan booking fee relatif terjangkau, saat peluncuran Meikarta 13 Mei lalu, tak heran jika dalam hitungan jam pengelola berhasil “menjual” sebanyak 16.800 unit apartemen.

Presiden Meikarta, Ketut Budi Widjaja, mengatakan, Lippo menargetkan, 50 gedung sudah siap huni pada Desember 2018.

Nah, dengan semua penawaran itu, apakah Meikarta bisa menjadi kota baru bagi anda? Silakang menimbang-nimbang.***(ra)

 

Share the knowledge