Melahap Siput Kebun yang Terinfeksi Cacing, Pemuda Ini Lumpuh lalu Meninggal

Keluarga
Share the knowledge

Sam Ballard saat masih sehat dan setelah lumpuh akibat makan siput kebun (sumber gambar: elespanol.com)
Sam Ballard saat masih sehat dan setelah lumpuh akibat makan siput kebun (sumber gambar: elespanol.com)

Sam Ballard, 28, mengucapkan salam perpisahan pada ibu yang mengurusnya dalam kelumpuhan selama delapan tahun, akibat memakan siput kebun. “Aku Mencintaimu!” kata Sam. Siput itu tidak beracun, melainkan telah terinfeksi cacing paru-paru tikus alias “rat lungworm”; cacing yang umum berada di arteri paru-paru tikus. Bagimana Sam sampai memakan siput kebun?

Pemain rugby ini, seperti remaja pada umumnya, bertindak ceroboh dengan menantang melahap siput di satu pesta ulang tahum. Sehabis menelan siput itu, Sam, seperti dilaporkan laman The Sun, sempat mengalami kontraksi dan lalu koma selama 420 hari karena menderita infeksi berat pada otaknya. Belakangan diketahui, siput yang dia makan telah terinfeksi cacing paru tikus (rat lungworm).

Dia menghabiskan tiga tahun di rumah sakit, untuk akhirnya meninggal pada Jumat (2/11/2018) setelah bertahun-tahun mengalami komplikasi medis. Tuan rumah The Sunday Project, Lisa Wilkinson, membenarkan berita tragis itu dan mengatakan bahwa Ballard dikelilingi keluarga dan teman-temannya ketika dia meninggal.

Postcomended   Jangan Menikah hanya Karena ini Jika Tak Mau Menyesal Seumur Hidup!

Sam menderita kejang, tidak dapat mengontrol suhu tubuhnya dan harus diberi makan melalui tabung, Daily Telegraph melaporkan. Awal tahun ini, temannya, Jimmy, mengenang malam pesta tahun 2010. Dia mengatakan kepada The Project, pada satu malam dalam sebuah pesta ulang tahun, mereka merayakannya dengan anggur merah dan mencoba bertindak sebagai orang dewasa ketika seekor siput merayap mendekat.

“Percakapan muncul, ‘haruskah saya memakannya?’ Sam pergi, dan Bang!! Begitulah yang terjadi,” kata Jimmy. Setelah menelan siput itu, Sam dengan cepat jatuh sakit dan dibawa ke rumah sakit untuk kemudian diketahui dia  terinfeksi cacing paru tikus.

Cacing ini ditemukan pada hewan pengerat, tetapi siput dapat terinfeksi karena memakan kotoran tikus. Kebanyakan orang sebenarnya tidak mengembangkan gejala sama sekali, dan sangat jarang menyebabkan infeksi otak.

Postcomended   Hentikan Menyiksa Hati, Ayo Konsumsi Probiotik

Ibu Sam, Katie Ballard, mengatakan, dia tidak menyalahkan anak-anak itu karena keberanian konyol mereka, atau menyalahkan putranya karena mengambil siput itu. Mereka, kata Katie, hanya berperan sebagai teman pada malam yang menentukan itu, dan dia tidak bisa menahan mereka karena kesalahan seperti itu.

Namun bagaimanapun Katie mengaku penyakit Sam telah memukul keluarganya. “Sangat hancur, mengubah hidupnya selamanya, mengubah hidup saya selamanya. Dampaknya sangat besar.” Ketika Sam dibebaskan dari rumah sakit Sydney di kursi roda bermotor tiga tahun setelah jatuh sakit, teman-temannya berkumpul di sekelilingnya.

Mereka mengumpulkan uang untuk perawatan 24/7 yang dia butuhkan. Namun yang diperoleh tidak akan pernah cukup untuk kondisi seperti Sam. Katie lalu mendaftar ke Skema Asuransi Kecacatan Nasional (NDIS) ketika Sam memenuhi syarat untuk paket £ 300.000 pada tahun 2016.***


Share the knowledge

Leave a Reply

Specify Instagram App ID and Instagram App Secret in Super Socializer > Social Login section in admin panel for Instagram Login to work