Wikimapia

Wikimapia

Paradigma baru pariwisata adalah milik rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.  DESA merupakan satuan terkecil wilayah dan masyarakat dari bangsa/negara yang menunjukkan keragaman Indonesia. Terbukti keragaman masyarakat sebagai kekuatan bagi tegak/eksistensi bangsa dan negara Republik Indonesia.

Wisata adalah kegiatan perjalanan/bepergian untuk bersenang-senang, menggunakan waktu luang untuk memulihkan kekuatan fisik dan spiritual, refreshing (penyegaran) dan kegiatan memperkaya, memperluas serta mengembangkan wawasan seseorang. Sebagai penggerak desa wisata adalah rakyat, rakyat sebagai penentu pokok. Rakyat yang mandiri dan berdikari tanpa investor. Rakyat harus berani tampil terdepan dan menghilangkan belenggu minder (rendah diri), malas, terbelakang dan berjiwa pelayan (budak).

Pada hakekatnya rakyat memiliki nilai-nilai budaya/tradisi yang luhur dan harta kekayaan yang tak ternilai yaitu : gotong royong, ramah, alam lingkungan yang indah, seni tradiri/budaya dll. Semua ini sebagai modal dan aset pariwisata.
Desa wisata adalah sebuah kawasan pedesaan yang memiliki beberapa karakteristik khusus untuk menjadi daerah tujuan wisata. Ada berbagai macam desa wisata, yakni bisa berupa desa wisata berbasis keindahan alam, kuliner maupun budaya. Memang, dalam membangun dan mengembangkan desa wisata bukan perkara mudah. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan.

Postcomended   Menikmati Indahnya Danau Toba dengan "Rumah Batak Terapung"

dalam Suatu Kesempatan yang sangat berbahagia saya Terjebak Hujan dan harus Nimbrung  berdiskusi dengan beberapa orang jamaah Masjid, Kemudian selang beberapa hari kemudian topic tersebut mengerucut menjadi sebuah usulan, yang akandiarahkan menjadi semacam rekomendasi MUSRENBANGDES. salah satu diantara potensinya adalah DAS (Daerah Aliran Sungai) bila kemarin sempat menjadi bencana Banjir kini akan kita rancang menjadi Celengan Infestasi wisata Masa depan,

Postcomended   Ingatkan Kepala Daerah, Presiden: Jangan Ada yang Main Uang Apalagi APBD

Mastur salah seorang pegiat dan aktifis sekaligus menjadi Anggota DPD desa Montong beter Menawarkan untuk mewujudkan DAS yang ada di Desa montong beter menjadi objek wisata dengan melihat topografi,letak geografis dan kondisi masyarakatnya, kuncinya adalah kekompakan, kesatuan visi membangun desa dan kesadaran Kolekktif dari para Pemuda sebagai Pelopor